Hati-Hati! Harga Pernis Murah Mengandung Formalin Tinggi

Sering menggunakan bahan finishing? Hati-hati harga penris yang murah tanda-tanda mengandung formalin yang tinggi!

Anda sering menggunakan produk finishing seperti  pernis kayu harga murah? Padahal kualitas dari produk dengan harga murah belum tentu bisa dijanjikan baik dari segi ketahanan, segi penampilan bahkan segi kesehatan Anda dan juga keramahan lingkungan. Jika Anda hanya mengutamakan keuntungan semata bisa jadi Anda akan merasakan efek buruk di kemudian hari atau di masa depan. Hal ini yang perlu diwaspadai sekarang oleh karena itu Anda harus memahami salah satu kandungan tinggi pada pernis yang berbahaya yaitu formalin. Pada banyak kasus harga pernis kayu murah merupakan salah satu ciri tingginya kadar formalin. Lalu apa sebenaranya formalin? Mungkin bagi sebagian besar Anda sudah sering mendengar kata formalin bahkan sudah banyak berita-bertia tentang kasus formalin. Formalin sebenarnya adalah senyawa organic yang terdiri dari bahan hidrogen, oksigen, karbon dengan struktur CH2O dan HCHO. Di dalam kandungan larutan formalin terdapat 37% formaldhyde. Bentuk dari formalin yang cair ini sangat mudah menguap daripada bahan senyawa organik yang lainnya.

Kandungan formalin bisa ada di aman-aman, bahkan dalam tubuh manusia, hewan dan tanaman terdapat kandungan senyawa ini yang berfungsi sebagai proses metabolisme. Kadar senyawa dalam tubuh ini biasanya hanya 1 ppm atau 2 ppm saja. Sedangkan formalin di dalam bidang industri sangat berperan penting seperti digunakan untuk pembersih lantai kapal, gudang serta pakaian karena mampu memberikan anti baketeri. Dalam industri fotografi, formalin sangat berfungsi sebagai pengeras gelatin dan kertas. Fungsi formalin yang lainnya juga digunakan pada kosmetik dan sumur minyak karena mampu mencegah korosi. Jika digunakan dalam industri kayu maka formalin digunakan sebagai bahan perekat kayu (plywood) karena mampu mengeras dengan cepat dan menyatukan kayu dengan baik. Sayangnya karena efek mengeras yang sangat baik ini formalin sering disalah gunakan penggunaanya. Jika terdapat standar tertentu maka formalin digunakan secara berlebihan yang akibatnya akan mencemari lingkungan. Hal ini juga terdapat dalam pernis kayu yang murah menandakan kandungan formalinnya cukup tinggi. Maka jangan sampai Anda tergiur dengan harga pernis yang murah karena bisa saja kandungan formalin sangat tinggi sehingga membahayakan kesehatan dan lingkungan Anda.

Cermati Bahaya Formalin Pada Tubuh

bahaya-formalinBagiamana penyebaran formalin ke dalam tubuh manusia? Ada dua cara formalin dapat masuk ke dalam tubuh manusia dan menyebar sehingga menimbulkan banyak pengaruh buruk. Cara pertama adalah melalui konsumsi langsung. Mungkin Anda tidak sadar bahwa makanan yang ada di jual di pasaran mengandung formalin. Karena ingin mengejar keuntungan yang tinggi banyak pedagang yang menggunakan formalin untuk pengawet makanan. Bisa juga pada mainan anak-anak. Bayi yang suka menggigit mainan bisa saja memakan cat dengan kandungan formalin. Bisa saja pedagang memanfaatkan harga pernis yang murah untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi padahal berakibat fatal bagi anak Anda. Maka Anda harus waspada terhadap mainan anak-anak yang telah dilapisi cat. Penyebaran kedua adalah melalui udara, hal ini yang sering terjadi di dalam rumah. jangan karena Anda mendapatkan furniture dengan warna yang sesuai kemudian Anda membelinya padahal kandungan formalin pada cat yang digunakan sangat tinggi. Formalin akan menyebar di dalam ruangan dalam bentuk gas yang tidak memiliki warna dan mudah terbakar. Tanda udara yang sudah tercemar oleh formalin adalah berbau menyengat. Jika Anda menemukan ruangan Anda bau menyengat karena furniture yang baru saja dibeli maka segera buka seluruh jendela agar terjadi sirkulasi udara yang baik. Terlebih jika hal ini terjadi di dalam kamar Anda.

Sebelum Anda tercemar lebih jauh mari kenali bahaya formalin yang bisa Anda alami dalam jangka pendek dan jangka panjang:

  1. Air mata, ketika ruangan Anda dipenuhi oleh gas formalin maka secara tidak langsung air mata akan keluar. Jika ini terjadi terus menerus maka Anda bisa mengalami iritasi mata.
  2. Pusing, ketika Anda menghirup formalin secara berlebihan maka rasa pusing akan segera dialami. Jika Anda merasakan pusing terus menerus sebaiknya segera periksakan ke dokter.
  3. Tenggorokan terbakar, udara yang dihirup akan disalurkan ke paru-paru melalui tenggorokan. Selama proses ini, formalin dalam udara akan memberikan iritasi pada tenggorokan dan tenggorokan Anda akan terasa seperti terbakar.
  4. Iritasi kulit, gas bukan hanya terasa dan menyakiti bagian dalam seperti tenggorokan tetapi juga bisa melukai kulit. Seperti kulit kepala yang sangat sensitif bisa saja terasa seperti terbakar dan timbul iritasi karena terkena udara yang mengandung formalin tinggi.
  5. Pemicu bibit kanker, kandungan karsinogenik di dalam tubuh cukup tinggi sehingga Anda bisa saja terkena kanker. Berapapun jumlah formalin yang ada di dalam bahan kimia atau udara akan memicu timbulnya sel kanker.

Penyakit kanker inilah yang sangat ditakuti sehingga banyak organisasi kesehatan di dunia yang menentukan batas penggunaan formalin di dalam bahan kimia seperti cat. Seperti WHO (World Health Organization) menentukan formalin hanya 0.1 ppm, European E1 Standar formalin di bawah 0.1 ppm, dan menurut Green Guard® Enviromental Institute Certification kandungan formalin harus di bawah 0.05 ppm. Bahkan ada juga standar regulasi yang melarang penggunaan formalin seperti ECHA (European Chemical Agency). Melihat harga pernis yang murah banyak diperjual belikan di Indonesia sangat banyak membuat Anda harus lebih waspada terhadap kandungan formalin yang ada di dalamnya.

Alasan Harga Pernis Murah Mengandung Formalin Tinggi

Fungsi formalin yang penting dalam industri kayu membuat formalin tidak bisa digeser kedudukannya. Belum lagi harga formalin yang murah juga mengurangi biaya produksi. Hal inilah yang membuat harga pernis menjadi murah. Formalin sangat berfungsi untuk membuat cat lebih cepat kering terlebih dengan bahan pelarutnya thinner. Di dalam thinner juga terdapat kandungan formalin yang akan menguap. Hal ini menandakan jika Anda menggunakan pernis berpelarut kandungan formalin yang akan dihirup menjadi dua kali lipat lebih banyak. Pernis solvet dengan harga murah menjadi salah satu penyebab pencemaran formalin dapat terjadi di lingkungan rumah Anda.

cat-kayu-untuk-furniture-natural

Harga pernis kayu yang tinggi biasanya terdapat pada jenis pernis yang tidak memanfaatkan formalin. Formalin yang dicampur dengan resin dan solvent ini berbeda dengan pernis dengan teknologi baru yang lebih aman yaitu water based. Produk water based membutuhkan teknologi terbaru yang mampu menyatukan antara resin dan air. Teknologi ini yang harga pernis menjadi lebih mahal. Tetapi apa salahnya jika Anda membeli pernis mahal tetapi tidak akan menimbulkan efek penyakit kanker di kemudian hari? Belum lagi bagi Anda pelaku di bidang industri kayu atau furniture? Bukankah jika Anda menggunakan pernis yang lebih mahal tetapi aman konsumen Anda juga akan terhindar dari penyakit kanker. Bahkan di luar negeri pun telah memberlakukan penggunaan bahan cat yang bebas formalin. Artinya di luar negeri masalah kesehatan dari bahan kimia berbahaya seperti formalin sudah menjadi sorotan yang penting. Maka seharusny Anda bisa lebih bijak dalam mengani produk pernis yang lebih aman dan ramah lingkungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X