cara cat duco dengan benar

7 Hal Cara Cat Duco Kayu yang Tak Dijelaskan di Kemasan Kaleng

Setiap kaleng cat duco pasti tersedia langkah-langkah penggunaan produk tersebut. Hanya saja cara cat duco kayu yang lengkap untuk mendapatkan finishing lengkap tidak dijelaskan secara terperinci. Anda mungkin saja tidak mendapatkan hasil langsung mulus. 

Bagi para pemula penting rasanya untuk mendapatkan trik khusus dari DIY atau profesional bagaimana cara mengecat dengan benar. Oleh karena itu perlu diperhatikan apa saja produk yang harus digunakan dan langkah mengecat dengan detail. 

Beberapa kondisi saat mengecat pun harus diketahui karena mulai dari persiapan hingga pengeringan lapisan coating juga masuk dalam finishing. Anda mungkin akan sedikit kaget ketika menguaskan cat duco pada permukaan kayu hasilnya tidak langsung merata.

Ada beberapa alasan khusus mengapa hasilnya tidak sempurna. Apa saja yang harus Anda perhatikan agar hasil finishing cat duco merata dan tidak boleh dilewatkan? Berikut ini ulasn lengkapnya. 

Hal-Hal Penting yang Terlewatkan Saat Mengecat

perhatikan cara cat duco kayu yang benar

Melewatkan hal penting saat mengecat akan mempengaruhi tampilan furnitur. Misalnya saja Anda akan mengecat warna putih, hasilnya bisa saja warna kayu masih terlihat. Bahkan setelah menggunakan cat duco yang kualitasnya terbaik sekalipun. 

Artinya ada yang salah dalam langkah mengecat di mana lapisan coating tidak memiliki daya tutup yang baik. Menghindari kesalahan-kesalahan tersebut Anda bisa mengetahui hal penting apa saja yang perlu diperhatikan berikut ini. 

1. Ada Begitu Banyak Debu

Jangan kira bahwa mengecat selalu menciptakan ruangan tetap bersih hanya ada Anda dan furnitur yang dicat. Hal itu sangat salah karena mengecat juga melibatkan begitu banyak debu. Ada debu di sana dan di sini yang harus Anda hadapi karena mengamplas adalah bagian dari tahapan finishing. 

Apalagi bagi Anda yang menggunakan orbital sander, di mana produksi debu pada kayu akan sangat banyak. Ditambah lagi jika Anda bekerja di garasi yang terbuka. Angin akan membawa debu ke seluruh ruangan. 

Baca Juga:  Pabrik cat kayu warna gloss BioVarnish

Menghindari debu kayu masuk ke pernapasan Anda harus memperhatikan penggunaan masker. Penting sekali menggunakan masker pada saat Anda bekerja dari awal hingga akhir. Sehingga debu kayu tidak masuk ke paru-paru. 

2. Mengecat Bukan Kegiatan dalam Ruang Sempit

 Jika Anda bisa lakukanlah proses mengecat di luar ruangan mulai dari mengamplas hingga mengaplikasikan cat. Sayangnya proses ini akan terganggu dengan cuaca baik itu terlalu berangin atau hujan. 

Alasannya adalah karena kegiatan mengecat tidak bisa dilakukan di dalam ruangan yang sempit. Anda tidak bisa mengecat sebuah kabinet di dalam kamar yang sempit. Karena sangat mudah menginjak cat yang basah dan banyak debu mengenai perabotan lainnya. 

Bekerja di ruangan kecil dengan bahan finishing duco kayu hanya akan membuat proses jadi lebih lama. Sebaiknya siapkan ruangan yang lebih leluasa dan lakukan persiapan dalam mengamplas di luar ruangan. 

Jadi pada saat mengaplikasikan  cara cat duco kayu  Anda bisa melakukannya di dalam ruangan. Dengan begitu akan lebih mudah proses pengecatannya. 

3. Ada Banyak Tetesan Cat

Bagi pemula pasti membayangkan bahwa kegiatan mengecat selalu bersih dan hanya satu atau dua tetes cat saja yang jatuh. Pada kenyataannya tetesan cat lebih banyak jatuh sehingga Anda harus bersiap dengan lap kain. 

Anda tidak bisa mendambakan proses finishing yang bersih. Debu dan tetesan cat akan bercampur menjadi satu. Membuat Anda harus bersiap dengan alas plastik atau terpal sehingga cat tidak mengotori lantai. 

Apalagi jika menggunakan spray gun, akan lebih baik bekerja di ruangan yang bebas perangkat atau peralatan. Lalu bagaimana cara cat duco kusen kayu? Triknya adalah dengan kuas dan alasi lantai serat berikan isolasi kertas pada bagian yang tidak ingin dicat. 

Baca Juga:  Wood Filler Biovarnish Water Based Aman dan Ramah Lingkungan

4. Penting untuk Bongkar Pasang Furnitur

Ketika Anda berencana untuk mengecat kabinet atau rak dengan banyak laci, akan lebih baik untuk melepas setiap lacinya. Anda mungkin tidak akan mengecat bagian dalam laci tapi akan lebih mudah jika melepasnya. 

Sama halnya dengan ornamen dari bahan metal sebaiknya dilepas. Mengecat pada permukaan yang datar memang lebih mudah tapi tidak semua furnitur memiliki permukaan yang sama. 

Lepaskan semua perangkat keras dan juga bagian-bagian furnitur seperti laci. Anda bisa memasangnya kembali setelah cat mengering nanti. 

5. Lapisan Primer yang Sempurna Itu Harus!

Alasan mengapa sebuah furnitur tidak memiliki tampilan cat yang merata adalah karena coating yang tidak menutup sempurna. Anda harus menggunakan primer untuk hasil cat duco kayu yang menutup warna asli kayu dengan baik. 

Selain itu primer yang digunakan juga harus diaplikasikan dengan benar. Kesuksesan warna cat duco tergantung dengan daya tutup primer. Jika serat kayu masih tampak dan Anda langsung melapisi dengan cat duco maka hasil warna tidak merata.

Pastikan Anda menggunakan primer sebelum aplikasi cat duco dan sesuaikan warna primer dengan hasil akhirnya. Jika warna cenderung terang pilihlah primer dengan warna putih. Kemudian Anda bisa melanjutkan  cara cat duco kayu seperti anjuran pada kaleng. 

6. Banyak Cat yang Tersisa

Tidak sedikit pemula yang akhirnya harus berurusan dengan cat sisa setelah aplikasi. Sulit untuk memperkirakan berapa jumlah cat yang harus Anda gunakan jika ini adalah pertama kalinya. Apalagi kebanyakan cat menjual dalam ukuran 1 liter atau 1 kg. 

Jika Anda hendak mengecat satu kursi saja maka sudah pasti satu kaleng cat tidak akan langsung habis. Anda harus menyimpan sisa cat. Jadi akan lebih baik jika Anda tidak mencampurkan cat langsung dalam kaleng. 

Baca Juga:  Cat Kayu Interior Anti Rayap Yang Cocok Untuk Kitchen Set

Pindahkan cat untuk dilarutkan ke wadah berbeda sedikit demi sedikit. Tujuannya untuk menjaga kaleng cat masih aman dan bisa digunakan untuk tempat penyimpanan. Namun akan lebih baik lagi jika Anda membeli cat duco terbaik yang ukurannya lebih kecil. 

7. Teknik Mengecat Itu Penting!

Teknik mengaplikasikan cat tanpa disadari itu sangat penting. Anda yang pertama kali mengecat harus belajar dan melihat langsung bagaimana cara memegang kuas atau menyemprotkan cat agar tidak sagging atau muncul brush mark. 

Sekali mengaplikasikan cat duco dengan kuas Anda akan dilihat brush mark di mana-mana dan cat tampak tidak merata. Itu hal yang wajar, tapi cara cat duco kayu yang tidak merata nanti bisa diatasi dengan mengamplas. 

Produk Cat Duco yang Memudahkan Pengecatan

cat duco kayu terbaik

Apakah Anda ingin mendapatkan merk cat duco kayu terbaik yang teknik aplikasinya tidak sulit? Atau Anda ingin cat yang merata dengan baik tanpa takut tidak kering karena mengecat di musim penghujan? 

Jawabannya adalah dengan menggunakan cat kayu Bioduco. Produk ini adalah jenis cat duco kayu yang proses aplikasinya dengan kuas dan cepat kering. Cat yang basah tidak perlu dijemur karena akan kering dengan sendirinya pada ruangan kering. 

Bagi Anda yang ingin mendapatkan produk cat duco yang tidak ribet aplikasinya ini, bisa langsung mengunjungi link berikut ini. 

  1. https://www.tokopedia.com/bioindustries 
  2. https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries 
  3. https://www.tokopedia.com/bioindustries 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X