Orchid Enamel untuk Refinishing Teralis Jendela Minimalis 2020

Gaya minimalis selalu menjadi tren yang tidak lekang oleh waktu. Apalagi kini begitu banyak rumah yang berukuran kecil, membuat pemilik rumah harus pandai dalam mengaturnya. Salah satu bagian yang tak luput dari perhatian adalah teralis jendela. Bagian ini akan memberikan keamanan ruangan. 

Teralis jendela memiliki fungsi yang sangat penting, baik itu soal keamanan sekaligus bagian dari dekorasi. Desain teralis jendela yang minimalis memiliki ciri khas memanfaatkan bentuk garis vertikal atau horizontal. Untuk memperlihatkan teralis, maka Anda bisa menggunakan warna yang berbeda dari bagian jendela dan kusen. 

Tampilan dari teralis juga harus tetap terjaga baik itu dari material kayu atau besi. Keduanya memiliki resiko warna yang cepat pudar dan usang karena sering terkena sinar UV. Warna yang berubah pada teralis tentunya harus segera diperbaiki. Jika Anda berencana mengecat teralis baru juga harus mempertimbangkan menggunakan produk terbaik. 

Selain pemilihan produk, warna yang digunakan juga harus diperhatikan. Anda tentu harus menyesuaikan warna-warna yang sesuai dengan gaya minimalis. Untungnya pemilihan warna gaya minimalis tidak terlalu sulit. Produk apa yang sebaiknya digunakan dan warna apakah yang dipilih? Anda bisa menyimaknya pada artikel ini. 

Mengapa Menggunakan Orchid Enamel?

Apabila Anda ingin mendapatkan tampilan teralis jendela yang menawan, maka manfaatkan cat Orchid enamel yang mudah digunakan ini. Ada begitu banyak pilihan warna yang tentunya tidak mengecewakan. Uniknya lagi, cat ini bisa digunakan baik itu teralis dari kayu atau besi. Jadi Anda tidak perlu memilih cat terlalu sulit. 

Selain keuntungan dari segi warna, perlindungan yang diberikan tentu menjadi perhitungan yang utama. Cat enamel Orchid sebagai bahan finishing akan memberikan perlindungan sebagai berikut ini:

  1. Memberikan warna cerah sepanjang tahun yang tidak mudah luntur walaupun sering terkena sinar uv. 
  2. Memberikan tampilan semi gloss yang mampu menyamarkan goresan pada teralis sehingga tampilannya selalu sempurna. 
  3. Memiliki kandungan zincalume sehingga ketika diaplikasikan pada teralis besi akan melindunginya dari serangan karat. 
  4. Memiliki daya tutup maksimal sehingga memungkinkan Anda tidak selalu memanfaatkan primer coat. 
  5. Ketahanan tinggi terhadap serangan kelembaban, rayap dan jamur jika Anda menggunakan teralis dari kayu. 
Baca Juga:  Cat Wash Terbaik untuk Menciptakan Furniture Antik Makin Menarik

Soal aplikasi Anda tak perlu khawatir, cat Orchid enamel ini dirancang khusus supaya bisa diaplikasikan dengan kuas. Jadi siapapun bisa mengaplikasikannya tanpa bergantung dengan alat semprot. 

Pilihan Warna Orchid Enamel untuk Teralis Jendela Minimalis

Sebelum mengecat, Anda perlu mempertimbangkan warna apa saja yang sebaiknya digunakan. Cat enamel water based ini memiliki 24 pilihan warna solid yang bisa dipilih. Di antara 24 warna tersebut manakah yang paling cocok untuk teralis jendela minimalis? 

Untuk memudahkan Anda untuk memilih warna, berikut ini beberapa pilihan warna yang disarankan untuk desain-desain minimalis. 

Hitam

Hitam selalu menjadi pilihan utama yang paling mudah jika Anda tidak ingin berlama-lama memilih. Hitam akan memberikan kesan yang hangat dalam ruangan selain itu memperlihatkan kesan elegan dari teralis jendela minimalis. Selain itu warna hitam juga tidak mudah kotor untuk teralis yang sering berdebu. Warna hitam dari cat Orchid yang bisa Anda pilih adalah black. 

Putih 

Putih adalah pilihan warna netral yang bisa Anda pilih. Kebanyakan rumah dengan desain minimalis didominasi dengan pilihan warna ini. Anda bisa mengkombinasikan warna teralis putih dengan jendela warna natural kayu, hitam atau warna netral lainnya. Karena teralis berwarna putih lebih sering terlihat debunya, maka Anda juga harus rajin membersihkannya. Cat Orchid memiliki koleksi warna putih seperti  white atau milk cream. 

Coklat

Coklat juga bisa menjadi pilihan warna yang menarik. Sama seperti warna hitam, coklat akan memberikan kesan hangat pada ruangan yang juga cocok pada gaya minimalis. Warna ini juga mudah dikombinasikan dengan warna lainnya. Anda bisa menggunakan jendela kayu warna natural kayu atau putih dengan teralis coklat. Warna coklat dari cat Orchid yang bisa dipilih antara lain liver brown, cooper, tile red, atau honey wood. 

Baca Juga:  Apa Finishing yang Bagus untuk Meja Ukiran Kayu Jepara?

Tahapan Aplikasi Orchid untuk Teralis Jendela Kayu

Proses pengecatan antara teralis jendela dari kayu dan besi berbeda. Pada artikel ini akan dijelaskan cara aplikasi pada kedua material tersebut secara sempurna. Anda tidak akan kesulitan untuk melakukannya karena prosesnya hanya membutuhkan kuas dan air. 

Khusus untuk kayu, sangat disarankan untuk menambahkan Bioduco primer warna putih sebelum aplikasi Orchid. Untuk tahapan aplikasinya adalah sebagai berikut ini:

  1. Bersihkan teralis kayu dengan kain kering, kemudian amplas permukaannya. Anda bisa menggunakan amplas nomor 220. Selesai mengamplas bersihkan debunya. 
  2. Campurkan Bioduco primer coat dengan air perbandingan 2:1 dan aduk hingga merata. Kuaskan larutan primer ke permukaan teralis. 
  3. Diamkan primer kering selama 60 menit baru amplas ambang dengan kertas nomor 400. 
  4. Larutkan Orchid enamel sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Gunakan perbandingan 3:1 air dan aduk merata.
  5. Kuaskan ke permukaan teralis kayu dan diamkan selama 60 menit setelah dikuas merata. Amplas permukaannya dengan amplas 400 dan bersihkan debunya. 

Lapisan pertama Orchid biasanya memiliki warna yang belum merata karena tipis. Oleh karena itu selesai di amplas Anda bisa melapisinya ulang. Buat beberapa lapisan supaya warna Orchid lebih tajam dan menutup permukaan teralis kayu sempurna. 

Tahapan Aplikasi Orchid untuk Teralis Jendela Besi

Aplikasi untuk teralis jendela dari besi lebih mudah daripada kayu. Karena Anda hanya perlu melapisinya langsung dengan Orchid tanpa primer. Orchid enamel akan langsung menempel dan merekat secara sempurna jika Anda melakukan persiapan dengan tepat. 

Berikut ini langkah mudah aplikasi cat Orchid pada permukaan teralis jendela yang berbahan besi. 

  1. Amplas permukaan besi teralis dengan amplas 220. Bersihkan debunya dengan kain kering. Pastikan kembali permukaan bebas dari karat dan kering. 
  2. Larutkan cat Orchid dengan air dengan perbandingan sama yaitu 3:1 air dan aduk merata. 
  3. Kuaskan cat Orchid ke satu arah saja pada teralis dan pastikan semua bagian terlapisi merata.
  4. Diamkan cat Orchid mengering selama 60 menit dan amplas ambang dengan kertas amplas nomor 400. 
  5. Aplikasikan ulang cat Orchid hingga warna besi teralis tertutup rapi. 
Baca Juga:  Harga Bahan Pemutih Kayu WA 250 Terjangkau

Baik itu teralis kayu atau besi, selesai mengaplikasikan cat Orchid sangat disarankan untuk menambahkan Bioduco top coat. Cat ini akan memberikan perlindungan tambahan pada teralis jendela minimalis di rumah. Cara mengaplikasikannya adalah sebagai berikut ini:

  1. Larutkan Bioduco top coat dengan air perbandingan 2:1 kemudian aduk hingga merata.
  2. Kuaskan top coat ke permukaan teralis ke satu arah, sesuaikan dengan arah mengecat Orchid. 
  3. Biarkan top coat mengering pada teralis selama semalaman penuh baru teralis kering benar dan bisa disentuh. 

Selama proses aplikasi, pastikan alat yang digunakan adalah kuas baru dengan bulu nilon. Hindari menggunakan kuas bekas apalagi yang bulunya sudah mulai rontok. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X