Aplikasi Mudah Cat Duco untuk Refinishing Kitchen Set Kayu Berwarna

Ingin mengganti warna kitchen set di rumah dengan yang baru? Gampang, Anda pun tidak perlu memanggil tukang dan membayar mahal. Saat ini banyak sekali ibu rumah tangga yang mencoba mengecat perabotan sendiri di rumah. Selain murah, proses aplikasinya juga mudah. 

Anda hanya perlu membeli cat duco di toko bangunan, melakukan persiapan, menguaskan cat dan menunggu kering. Hasilnya pun sudah dipastikan sesuai dengan keinginan Anda. Pekerjaan juga jadi lebih sempurna karena Anda pasti ingin mendapatkan hasil yang terbaik. 

Mengecat kitchen set sendiri di rumah juga bisa menjadi kegiatan yang menarik di akhir pekan. Apalagi dengan adanya produk Bioduco chalk paint yang proses aplikasinya mudah hanya dengan kuas akan membantu Anda menyelesaikan pengecatan dengan cepat. 

Tidak perlu proses sulit seperti menggunakan spray gun atau roller. Cukup dengan kuas berbulu nilon yang baru dan halus hasilnya sudah sempurna. Daya tutup cat yang tinggi karena juga berfungsi sebagai primer ini akan membuat Anda cukup mengaplikasikan dua hingga tiga lapisan saja. 

Tips Memilih Warna Cat Duco untuk Kitchen Set

Ketika hendak melakukan pengecatan ulang pada perabotan di rumah seperti kitchen set, hal yang paling menyenangkan adalah memilih warna. Anda mungkin hanya akan mengganti warna yang baru, tapi ada begitu banyak pilihan warna dari satu produk Bioduco chalk paint. 

Supaya tidak kesulitan dalam memilih warna, Anda bisa mengikuti beberapa tips pemilihannya berikut ini:

Tips 1. Pilih warna sesuai dengan ukuran kitchen set dan pencahayaan

Ukuran dari dapur menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Jika Anda memilih dapur yang kecil biasanya pencahayaan pun tidak terlalu terang. Jika tidak memiliki pencahayaan yang bagus dan ruangan tampak sempit hindari memilih warna gelap. Justru warna terang dari pilihan warna pastel chalk paint akan membuat ruangan tampak luas dan sedikit terbuka. 

Baca Juga:  Furniture Kayu Palet Jati Belanda

Tips 2. Sesuaikan dengan warna dinding dapur

Ketika memilih warna untuk kitchen set, Anda juga harus mempertimbangkan warna dinding pada dapur. Jika Anda tidak berencana untuk mengganti warna dinding, maka sebaiknya pilih warna komplemen dari warna dinding. Namun jika ternyata Anda berencana untuk remodel dapur secara keseluruhan dan bingung dalam memadukan warnanya, mulailah untuk memperhatikan gaya kitchen set. 

Tips 3. Kesan seperti apakah yang ingin Anda ciptakan? 

Kesan atau mood bisa menjadi bahan pertimbangan. Kitchen set mayoritas akan memberikan kesan visual yang tinggi, Anda bisa memilih warna yang sesuai dengan gaya diri sendiri atau interior rumah secara keseluruhan. Sekali Anda memutuskan warna pada kitchen set maka akan lebih mudah untuk menentukan warna pada bagian dapur lainnya. 

Tips 4. Menciptakan kontras pada ruangan

Kontras juga menjadi alternatif lainnya dalam menentukan warna kitchen set. Jika dapur Anda secara keseluruhan memiliki warna terang, maka kontras warna yang bisa diterapkan adalah gelap. Warna gelap dari Bioduco chalk paint yang bisa jadi pilihan seperti black, expresso atau terakota. 

Tips 5. Pilih warna sesuai trend

Jika Anda adalah orang yang mudah bosan dan ingin sering mengganti warna kitchen kabinet bahkan sebelum warna yang lama usang, maka ikuti warna-warna yang sedang trend. Anda bisa menerapkan desain kontemporer yang memperlihatkan tampilan sedang trend. 

Tahapan Mengecat Kitchen Set dengan Cat Duco

Tahapan dalam mengecat yang paling penting adalah persiapannya. Soal mengecat dan bagaimana hasilnya bisa didapatkan dengan mudah. Mengingat Bioduco chalk paint adalah bahan finishing utama yang berbeda dengan cat duco pada umumnya. Cat yang juga berfungsi sebagai primer coat ini tidak membutuhkan cat warna solid di atasnya. 

Baca Juga:  Bioduco Chalk Paint : Tanpa Amplas Mengecat jadi Lebih Mudah

Karena produk yang digunakan tidak terlalu banyak maka proses finishing bisa lebih cepat diselesaikan. Ditambah lagi Anda tak perlu melepaskan kitchen set dan mengecat di ruangan lainnya. Bioduco adalah cat water based yang tidak berbau karena kandungan logam beratnya yang rendah. 

Anda tidak akan terganggu pada proses pengecatan dengan bau menyengat. Walaupun diaplikasikan di dalam ruangan, cat tetap cepat mengering hanya dalam waktu satu jam saja. Untuk produk yang harus digunakan adalah Biovarnish wood putty sebagai dempul, Bioduco chalk paint dan juga Bioduco top coat. 

Tahapan 1. Persiapan Pengecatan Kitchen Set

Anda bisa memulainya dengan membersihkan semua isi dari kitchen set. Pindahkan peralatan masak dan makanan yang disimpan ke ruangan lainnya. Kemudian siapkan kain yang sudah dibasahi untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel. Pastikan kotoran yang lengket di lap hingga bersih. 

Kenakan masker dan juga sarung tangan untuk mencegah bersentuhan langsung dengan bahan kimia pembersih cat. Tuangkan bahan kimia tersebut ke permukaan kitchen set mulailah dari bagian dalam. Tunggu hingga muncul gelembung dan cat mengelupas. 

Bersihkan cat tersebut dengan scrape hingga jatuh. Lakukan tahapan ini ke seluruh permukaan kitchen set. Buang serpihan cat dan amplas permukaan kayu dengan amplas 180 dan 220 secara bergantian. Bersihkan debu amplas dengan kain lap yang dibasahi hingga debu halus terangkat. 

Tahapan 2. Menutup Kerusakan dengan Dempul

Setelah membersihkan lapisan coating yang lama, Anda akan melihat beberapa kerusakan pada permukaan kayu. Kerusakan ini bisa saja lubang karena rayap atau bekas paku. Untuk mengatasi permasalahan tersebut sudah saatnya bagi Anda menggunakan Bioduco wood putty. 

Cara memperbaikinya adalah sebagai berikut:

  1. Isi setiap kerusakan yang terdapat pada kitchen set. 
  2. Ratakan dempul dengan menggunakan scrape ke permukaan kayu. 
  3. Tunggulah dempul mengering selama 20 menit dan lanjutkan dengan pengamplasan. 
  4. Amplas permukaan dempul dengan amplas nomor 240 secara merata, baru bersihkan debu amplas. 
Baca Juga:  Produsen Cat Kayu Tahan Air BioVarnish Aman

Tahapan 3. Mengaplikasikan Bioduco Chalk Paint

Untuk proses aplikasi chalk paint, bahan yang dibutuhkan hanya Bioduco chalk paint dengan warna yang sudah Anda pilih. Sedangkan alatnya adalah kuas bulu nilon dan juga wadah untuk melarutkan cat. 

Jika bahan dan alat sudah disiapkan, Anda bisa mengikuti langkah aplikasinya berikut ini:

  1. Larutkan Bioduco chalk paint dengan air perbandingan 2:1. Aduk hingga merata.
  2. Kuaskan chalk paint ke permukaan kitchen set dari bagian dalam kemudian luar. Buat satu arah penguasan supaya rapi. 
  3. Tunggu kering selama 60 menit baru di amplas ambang. Gunakan amplas nomor 400 dan bersihkan debu amplas. 
  4. Ulangi aplikasi chalk paint hingga warna menutup permukaan kayu. 

Tahapan 4. Aplikasi Top Coat

Bioduco top coat adalah lapisan akhir yang diberikan untuk melindungi warn chalk paint dan kitchen set. Cara aplikasinya adalah sebagai berikut;

  1. Campurkan top coat dengan air perbandingan 2:1 dan aduk hingga merata.
  2. Kuaskan top coat dengan arah yang sama ketika Anda menguaskan chalk paint. 
  3. Setelah merata diamkan kitchen set supaya mengering selama semalaman.
  4. Keesokan harinya setelah kitchen kering Anda bisa langsung menggunakannya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X