Keuntungan dan Kerugian Tekstur Kayu Pada Lantai

Keuntungan dan Kerugian Tekstur Kayu Pada Lantai

Memasang lantai kayu di rumah Anda adalah keputusan yang bijaksana, baik untuk ketahanan dan penampilan berbeda yang ditambahkan ke ruang. Namun, seringkali Anda pasti tidak terlalu memikirkan bagaimana lantai akan difinishing denga cat dan pernis. Menyesuaikan lantai dengan tekstur adalah teknik yang tumbuh dari metode lama. Untuk membantu Anda memutuskan apakah hasil finishing yang bertekstur tepat untuk Anda, kami telah mengumpulkan beberapa kiat bermanfaat.

Apa Itu Tekstur Pada Lantai Kayu?

Tekstur adalah visual dan, terutama, kualitas sentuhan permukaan. Itulah bagaimana permukaan terasa ketika Anda menyentuhnya. Tekstur juga menambahkan elemen visual dengan menciptakan kedalaman dan minat. Ada berbagai macam permukaan yang bisa Anda gunakan di rumah Anda untuk menciptakan kesan sensoris. Pikirkan tentang tekstur yang menarik bagi Anda:

  • Apakah Anda lebih suka sesuatu yang halus atau kasar untuk disentuh?
  • Apakah permukaan datar lebih menarik bagi Anda, atau Anda lebih tertarik pada sesuatu dengan keragaman dalam bentuknya?
  • Apakah Anda menyukai kayu untuk memiliki butiran yang terlihat atau apakah Anda lebih suka tampilan yang lebih halus dan konsisten?

Penampilan dan kualitas sentuhan yang berbeda menciptakan penampilan unik yang dapat meningkatkan gaya rumah apa pun, baik klasik, modern, atau kasar.

Tekstur bahan finishing telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir karena penampilan otentik dan nuansa finishing. Namun, ada lebih banyak yang perlu dipikirkan daripada terlihat sendiri dan dalam artikel ini kita akan membahas pro dan kontra dari finishing yang bertekstur seperti disikat dan diminyaki.

Ketika lantai kayu disikat, ia memberi sentuhan bertekstur ke permukaan kayu dan kedalaman tekstur dapat bervariasi dari menyikat ringan hingga berat. Cahaya berarti hanya ada sedikit tekstur dan makna berat bahwa tekstur lebih dalam dan lebih jelas.

Baca Juga:  Wujudkan Desain Rumah Pedesaan dengan Kayu Natural

Selesai bush yang dihasilkan dengan memiliki sikat kawat berputar di atas permukaan papan, ini menghilangkan butiran halus dan meninggalkan permukaan atas dengan finishing bertekstur.

Keuntungan Lantai Kayu Bertekstur

Beberapa orang sangat menyukai tampilan otentik, distress dan kasar ini karena menghasilkan lantai yang khas dan berpotensi memberi rumah Anda penampilan yang lebih tradisional. Banyak orang juga ditunda oleh plastik, nuansa mengkilap untuk beberapa sentuhan yang dipernis dan melihat sapuan kuas yang diminyaki sebagai cara untuk menghindari hal ini.

Namun Anda tidak harus menggunakan kuas yang disikat untuk menghindari lantai yang tampak mengkilap. Sebuah papan yang diampelas halus yang dirawat dengan top coat matte  akan terlihat otentik, hanya tanpa finishing yang bertekstur.

Keuntungan dan Kerugian Tekstur Kayu Pada LantaiDapat dikatakan bahwa karena cara di mana lantai yang disikat memiliki tekstur, goresan dan kerusakan pada lantai dapat kurang jelas karena mereka lebih menyatu dengan bagian yang sudah kasar.

Memiliki papan dengan sedikit sentuhan cat yang bertekstur juga dapat menambah cengkeraman di permukaan. Namun, secara umum, bagaimana lantai yang licin dapat ditentukan oleh produk yang diperlakukan dengan itu.

Kerugian Lantai Kayu Bertekstur

Setiap sentuhan bertekstur selalu akan lebih sulit untuk tetap bersih. Pori-pori yang bertekstur dapat mengumpulkan kotoran dan tidak akan pernah semudah membersihkannya seperti Anda bisa membuat papan yang memiliki hasil akhir yang lebih halus. Mengingat; ketika kita mengatakan kelancaran, kita tidak selalu berarti pengilap yang tampak mengkilap dan plastik.

Kendala lain yang mungkin Anda temui dengan jenis papan ini adalah aspek pengamplasan. Ini karena jika Anda ingin mengampelas ruangan / bagian lantai Anda, Anda mungkin ingin mengamplas lantai dengan halus. Berarti Anda akan memiliki inkonsistensi tekstur di seluruh lantai / properti Anda yang mungkin terlihat tidak enak dilihat.

Baca Juga:  Dempul Kayu Water Based untuk Finishing Lebih Baik

Selain itu, jika lantai membutuhkan pengamplasan, Anda mungkin ingin mengambil papan kembali ke keadaan alaminya yang tidak dirawat dengan baik yang berarti pengamplasan lebih banyak lagi dari kayu ek sampai Anda mendapatkan hasil akhir yang halus.

Oleh karena itu, berpotensi lapisan keausan pada papan rekayasa tidak akan bertahan lama karena Anda melepas lebih banyak oak pada pengamplasan awal. Dikatakan bahwa ini dapat dikatakan bahwa papan oak yang dikeringkan akan sangat jarang, jika perlu, perlu pengamplasan karena dirancang untuk terlihat kasar dan dipukuli.

Beberapa pertanda dan tanda di lantai hanya akan berbaur dan bahkan mungkin menambah karakternya. Juga Anda mungkin tidak ingin mengamplas papan kembali. Mungkin Anda baru saja membuka lapisan atas dan menyelesaikan kembali kebutuhan Anda. Itu semua tergantung pada apa yang ingin Anda capai.

Meskipun mencoba untuk mencapai tampilan keaslian, hasil akhir ini adalah ‘buatan manusia’ dan jika dilakukan secara salah dapat terlihat sangat tidak alami. Perlu diingat bahwa sampel kecil dari produk alami, seperti kayu, hanya dapat digunakan sebagai panduan. Bahkan bisa lebih sulit untuk menilai lantai berdasarkan sampel kecil jika papan diberikan dengan sentuhan akhir yang lebih unik.

Jika Anda tidak yakin Sebaiknya Anda selalu melihat bagian besar dari kayu atau melihat gambar asli dari papan sebelum melakukan pesanan Anda karena beberapa papan yang disikat / di tangan dapat sangat tidak konsisten dengan tingkat tekstur dan sampel kecil tidak selalu yang terbaik dalam mendemonstrasikan secara akurat tampilan dan nuansa keseluruhan dari lantai.

Memilih Finishing untuk Lantai Kayu

Tekstur yang berbeda menciptakan penampilan yang berbeda, memberi Anda banyak pilihan untuk membuat lantai Anda unik. Secara umum, finishing bertekstur di lantai jatuh ke dalam tiga kategori: halus, sikat kawat dan pisau scrape. Aplikasi pisau scrape dapat dilakukan pada permukaan atau ujung-ujungnya kayu. Setiap aplikasi menawarkan tampilan selesai yang berbeda, tergantung pada preferensi Anda atau gaya rumah Anda.

  • Finishing halus
Baca Juga:  Supplier cat kayu kuas BioVarnish Cocok Untuk Furniture Ukiran

Keuntungan dan Kerugian Tekstur Kayu Pada LantaiUntuk keanggunan yang luar biasa, tidak ada yang bisa dibandingkan dengan lantai kayu yang telah dipoles hingga berkilauan, kesempurnaan berkilauan. Kayu yang telah jadi halus adalah gaya abadi yang tidak akan pernah ketinggalan zaman dan menyatu dengan dekorasi apapun. Sama seperti di rumah di rumah modern, tradisional, atau rumahan, perawatannya juga rendah. Lantai kayu yang dipoles mudah dibersihkan dan dapat diampelas dan diperhalus ketika mulai terlihat usang.

  • Sikat Kawat

Sikat kawat (rustic) menambah tekstur halus ke lantai sementara tetap mempertahankan penampilan yang halus. Ini menarik pori-pori kayu lunak dari lingkaran tahun, meninggalkan empulur yang terpapar ke permukaan. Teknik ini membantu menciptakan lantai yang lebih tahan lama yang dapat menutupi keausan dari penggunaan sehari-hari.

  • Pisau Scrape

Pada hari-hari sebelum pengamplasan mesin, tukang menggunakan pisau scrape untuk meratakan gundukan, gumpalan, dan penyimpangan di papan kayu. Hari ini, pisau scrape digunakan untuk memberi kesan muram pada kayu. Kayu yang dikerok dengan pisau scrape baik untuk menyembunyikan goresan dan bantingan ke lantai Anda, menjadikannya pilihan yang baik untuk rumah dengan anak-anak atau hewan peliharaan.

Pisau scrape mengikis permukaan adalah ketika wajah papan dikikis secara individual untuk menciptakan tekstur kasar atau didefinisikan ulang. Proses pengikisan mengungkapkan ciri-ciri unik dan karakter alami dari masing-masing spesies kayu yang berbeda.

Tepi-tepi yang digores tangan dibuat ketika tepi setiap papan dikikis dengan tangan secara lembut. Tampilan ini menambahkan sentuhan klasik pada papan, membuat setiap papan benar-benar unik.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X