Menjaga Pagar Kayu Jati Tetap Tahan Lama

Menjaga Pagar Kayu Jati Tetap Tahan Lama

Kayu jati adalah kayu artistik yang berasal dari Indonesia. Kayu jati seringkali digunakan sebagai material furniture dan juga pembangunan rumah. Tidak lupa kayu jati banyak digunakan sebagai pagar rumah. Bagi Anda yang  ingin menggunakan kayu jati sebaiknya siapkan sejumlah uang yang banyak karena kayu ini memiliki harga yang sangat mahal.

Menggunakan kayu jati sebagai pagar tidak ada salahnya, jika Anda memiliki banyak uang Anda bisa membangun pagar kayu jati yang tinggi. Kayu jati digunakan sebagai pagar karena ketahanan dan kekuatannya yang sangat tinggi. Daya kembang susutnya dari perubahan cuaca tidak terlalu tinggi sehingga tidak akan mempengaruhi konstruksi pagar dan bangunan.

Selain itu juga kayu jati terkenal dengan kandungan resin khusus yang digunakan untuk mengusir rayap. Rayap adalah hama perusak kayu yang paling ditakuti. Sebuah rumah kayu yang sudah terkena rayap bisa membuat bangunan roboh. Apabila tidak menggunakan kayu jati maka resiko kerusakan akibat rayap sangat tinggi.

Menjaga Pagar Kayu Jati Tetap Tahan Lama
Pagar yang belum difinishing

Bagi Anda yang menggunakan kayu jati juga bisa menggunakan obat anti rayap untuk menambah kekuatan yang dimiliki oleh pagar kayu jati. Kekuatan ketahanan yang diberikan ini tentu saja akan membuat kayu menjadi lebih tahan lama lagi.

Ada berbagai macam jenis kayu jati, mulai kayu jati tua hingga yang mudah. Harga tertinggi biasanya terdapat pada kayu jati tua. Masa tebang yang sangat lama membuat harganya sangat mahal. Sebagai alternatif Anda bisa menggunakan kayu jati muda walaupun tidak sekuat kayu jati tua.

Jika Anda ingin menggunakan kayu jati muda sebagai pagar kayu tambahkan obat anti rayap sebelum proses finishing pagar dimulai. Aplikasi obat ini akan membuat pagar menjadi tahan lama dan melindungi dari dalam kayu.

Baca Juga:  Pabrik Pemutih Kayu Aman WA 250 Yang Baik Untuk Kayu Meranti

Cara kerja dari obat ini adalah dengan memberikan perlindungan dari dalam, setelah obat meresap maka kayu akan terlindungi oleh rayap dalam jangka waktu yang sangat lama. Setelah aplikasi obat anti rayap barulah Anda menggunakan cat untuk memberikan perlindungan pagar kayu dari luar.

Cara Aplikasi Obat Anti Rayap Pada Kayu Jati

Kini saatnya masuk pada cara aplikasi. Ada banyak obat anti rayap yang digunakan untuk perawatan kayu jati. Namun jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya gunakan BioCide Insecticide. Bahan pelarut obat anti rayap ini adalah air jadi baik proses aplikasi dan pengeringannya sangat cepat.

BioCide Insecticide diaplikasikan pada pagar kayu jati yang masih asli dan pori kayu belum tersumbat. Apabila Anda memiliki kayu yang belum pernah di finishing maka cukup lakukan pengamplasan dengan amplas 220. Jika pagar kayu sudah pernah di finishing jangan lupa untuk menghilangkan lapisan cat yang lama. Anda bisa menggunakan bahan kimia penghilang lapisan cat khusus kemudian baru mengamplas.

Permukaan pagar kayu yang sudah terlihat warna kayu, serat kayu dan pori kayu maka sudah siap diaplikasikan obat anti rayap. Campurkan BioCide Insecticide dengan air ke dalam sebuah wadah bersih kemudian aduk rata. Siapkan kuas untuk proses aplikasi.

Celupkan kuas hingga setengah bulu kuas kemudian kumasukkan secara merata ke seluruh permukaan kayu jati. Jangan lupa bagian manapun harus terkena dengan obat khususnya bagian siku. Setelahnya diamkan pagar kayu agar obat meresap. Lakukan seluruh proses ini pada kondisi cuaca yang baik dan tidak hujan.

Apabila obat sudah meresap maka sudah meresap kedalam pori kayu. Tandanya adalah tampilan kayu sudah tidak basah dan ketika diraba sudah tidak lengket. Kayu juga sudah tidak berbau obat anti rayap.  Kini pagar kayu jati sudah siap untuk dilapisi cat.

Baca Juga:  Rak Kayu Unik Bergaya Minimalis dengan Warna Natural

Cara Mengecat Pagar Kayu Jati

Apakah bahan cat untuk pagar sudah Anda siapkan? Jika Anda memiliki target hasil warna natural apakah Anda membeli pernis? Pernis saja tidak cukup digunakan untuk finishing. Anda memerlukan bahan lain seperti wood filler dan juga wood stain. Masing-masing dari produk ini akan memberikan tampilan yang menarik dan hasil perlindungan terbaik.

Menjaga Pagar Kayu Jati Tetap Tahan Lama
aplikasi cat pada pagar

Produk yang ditawarkan untuk digunakan adalah Biovarnish. Produk Biovarnish sangat mudah diaplikasikan yakni menggunakan kuas. Ada tiga produk yang diperlukan pada proses ini yaitu wood filler, wood stain dan juga clear coat.

Ketiga produk tersebut tergabung dalam Biovarnish series. Jangan lupa Anda juga bisa memilih warna wood stain yang tersedia pada 20 pilihan warna. Hasil finishing pagar terbaik adalah menggunakan Biovarnish clear coat gloss.

Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum mengecat pagar dimulai. Pertama adalah alat, siapkan alat kuas busa dan nilon ukuran besar sesuai ukuran lebar pagar, amplas 220, 240 dan 400, lap kain bersih, air dan wadah untuk mencampurkan cat.

Persiapan kedua berlanjut pada wilayah kerja, jika bawah pagar harus bersih gunakan kertas koran sebagai alas pagar. Lakukan proses pengecatan pagar di cuaca yang cerah. Jangan lupa siapkan Biovarnish yang cukup, satu kilo dan kaleng cat dapat digunakan untuk pagar dengan luas 8-10 m2.

Kini jika persiapan sudah matang dan lengkap Anda bisa mulai melakukan pengecatan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Pengamplasan awal

Pengamplasan sebelum proses finishing dilakukan untuk menghilangkan debu dan kotoran dan menghaluskan permukaan kayu. Gunakan amplas 220 untuk menghaluskan dan hilangkan debu dan kotoran dengan kain lap setelah pengamplasan selesai. Pengemplasan dilakukan satu jam sebelum finishing dan pada saat akan finishing.

  • Aplikasi wood filler
Baca Juga:  Peralatan Makan Awet Dengan Aplikasi Beeswax Kayu

Cara aplikasi Biovarnish wood filler jati paling mudah, Anda bisa mencampurkannya dengan sedikit air kemudian aduk. Siapkan kain katun dan ambil sedikit bahan, usapkan secara merata sambil ditekan ke seluruh permukaan pagar. Lakukan seperti ketika Anda sedang memoles kayu. Wood filler akan mengering setelah 20 menit, lanjutkan dengan pengamplasan dengan amplas 240. Anda bisa menggunakan hand sander, amplas hingga warna dan serat kayu jati terlihat.

  • Aplikasi wood stain

Cara aplikasi Biovarnish wood stain adalah campurkan bahan dengan air gunakan perbandingan 4 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata. Ambil kuas dan celukan ⅓ bagikan saja baru diaplikasikan tipis serah serat kayu pada bagar. Lakukan hingga permukaan terlapisi dengan cat. Lapisan akan kering setelah 60 menit. Amplas secara ambang dengan amplas 400. Lanjutkan dengan aplikasi ulang, Anda bisa mengaplikasikan ulang hingga warna sudah sesuai.

  • Aplikasi clear coat

Lapisan clear coat adalah yang terakhir, Anda bisa mencampurkannya dengan air terlebih dahulu. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk. Lanjutkan dengan penguasan, gunakan kuas ⅓ bagian ujung. Mulai kuaskan searah serat kayu. Lapisan clear coat akan kering setelah 24 jam. Setelah kering Anda akan melihat hasil finishing yang rata dan juga halus dengan tampilan glossy. Finishing dengan kuas adalah cara tercepat dan paling mudah yang bisa dilakukan siapa saja.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X