Apakah Cara Merawat Furniture Outdoor Agar Awet yang Tepat?

Apakah Cara Merawat Furniture Outdoor Agar Awet ?

Ingin furniture outdoor menjadi lebih awet? Jawabannya adalah sudahkah Anda menggunakan produk-produk yang dibutuhkan furniture dengan tepat? Jika belum maka Anda harus mempelajarinya dari sekarang. Mari kupas akibatnya jika Anda menggunakan bahan-bahan yang salah.

Pertama Anda menggunakan sembarang cat yang belum tentu cocok digunakan pada furniture outdoor. Harga cat yang murah menjadi acuan Anda membelinya padahal Anda tidak mengenal apa saja bahan-bahan yang terdapat di dalamnya. Cat kiloan menjadi pilihan utama para pengrajin rumahan.

Namun akibatnya pada saat finishing berlangsung cat lama mengering, proses aplikasi terhambat karena cat yang sering mengendap dan perlu pengadukan sebelum aplikasi. Efek ini sangat buruk jika Anda menggunakan alat semprot. Belum lagi hasil finishing tidak rata, cat retak dan warna finishing berubah kekuningan beberapa hari kemudian.

Akhirnya Anda harus memberikan lapisan cat ulang pada furniture outdoor di rumah. Padahal Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan finishing sendiri. Jika Anda memberikan pekerjaan pada profesional hasil akhir belum tentu sesuai keinginan Anda dan harganya sangat mahal.

Solusi yang perlu Anda pahami adalah memilih bahan cat yang tepat untuk mempermudah proses aplikasi. Selain itu bahan cat juga harus cocok digunakan pada furniture outdoor. Perlakukan furniture outdoor agar awet berbeda dengan furniture indoor. Anda juga perlu melakukan perawatan pertama kali yakni memberikan bahan pengawet.

Apabila Anda menjalankan kedua langkah tersebut maka furniture outdoor akan awet bahkan apabila muncul perubahan cuaca tidak akan merusak substrat kayu secara signifikan.

Memberikan Bahan Pengawet Kayu yang Tepat

Seperti yang telah dijelaskan, pengawetan kayu diperlukan untuk menciptakan furniture yang terlindungi. Tujuan akhir pada finishing furniture outdoor adalah untuk memberikan perlindungan luar dalam. Pengawetan adalah pemberian perlindungan furniture pada bagian dalam furniture.

Baca Juga:  Manufaktur Zat Pemutih Kayu WA 250 Pada Furniture Kayu Akasia

Maka sebelum permukaan kayu tertutup oleh lapisan coating maka pemberian obat pengawetan sangat diperlukan. Ada dua jenis obat yang dibutuhkan, pertama adalah obat anti rayap dan kedua obat anti jamur. Kedua obat ini bisa langsung diaplikasikan dengan mudah jika Anda menggunakan produk BioCide.

Produk BioCide Insecticide dan BioCide wood fungicide akan menjaga kayu dari serangan jamur dan juga rayap. Jika Anda meletakan furniture tidak dibawah atap maka serangan rayap dan jamur yang sangat cepat akibat perubahan cuaca akan tertahan dari obat yang telah meresap.

Apakah Cara Merawat Furniture Outdoor Agar Awet yang Tepat?
Aplikasi obat anti rayap dengan kuas

Proses aplikasi perlu dilakukan di ruangan terbuka dan cuaca sedang panas. Anda juga harus menggunakan masker dan sarung tangan karet agar tidak terkena bahan yang cukup keras ini. Alat yang perlu dipersiapkan adalah wadah untuk mencampur bahan dan juga kuas.

Cara aplikasinya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan furniture outdoor, amplas seluruh permukaannya hingga halus, bersihkan debu amplas dengan segera.
  • Lanjutkan dengan pencampuran obat. Campurkan BioCide Insecticide dan wood fungicide ke dalam wadah ditambah dengan air. Perhatikan perbandingannya pada petunjuk pada kemasan. Aduk rata dengan pengaduk.
  • Kumasukkan larutan obat ke seluruh permukaan furniture outdoor baik itu kayu, bambu maupun rotan dan juga serat alam yang lainnya.
  • Lanjutkan dengan tahap pengeringan. Jemur furniture pada panas matahari hingga menjadi kering. Obat akan menyerap ke dalam melalui pori-pori material.

Apabila selesai proses pengawetan Anda bisa mengaplikasikan bahan finishing. Karena proses pengeringan sering memakan waktu yang lama maka disarankan untuk melakukan proses ini satu hari sebelum finishing.

Aplikasi Bahan Cat yang Tepat

Membuat furniture lebih aman terlindungi tidak hanya dari dalam saja. Anda juga harus memperhatikan aspek lapisan coating yang berada di luar furniture. Sangat penting untuk menggunakan bahan cat yang aman dan ramah lingkungan terbuat dari air. Proses aplikasi mudah dan perlindungan yang maksimal akan didapatkan oleh furniture outdoor di rumah.

Baca Juga:  Produsen  Cat Kayu Tahan Air BioVarnish Di Indonesia

Ada bahan cat yang bisa Anda gunakan terbuat dari water based yakni BioColours. Empat produk BioColours mulai dari wood filler, sanding sealer, wood stain dan top coat wajib digunakan secara berurutan. Hasilnya adalah finishing close pore dan Anda bisa memilih warna kayu sesuai dengan kesukaan.

Mengapa cat BioColours adalah cat yang tepat? Cat water based sangat disarankan untuk digunakan modern ini. Bahan air sangat aman digunakan di lingkungan makhluk hidup karena tidak mengeluarkan zat organik beracun seperti cat solvent.

Apakah Cara Merawat Furniture Outdoor Agar Awet yang Tepat?
aplikasi cat dengan spray gun

Tidak hanya melindungi makhluk hidup, cat water based BioColours juga memberikan perlindungan yang tepat pada furniture outdoor. Khususnya perlindungan pada perubahan cuaca panas dan hujan. Cat sangat lentur sehingga dapat mengikuti perubahan bentuk dari kayu yang berubah akibat cuaca.

Cara aplikasi sangat mudah dan cepat. Jika pengawetan furniture dilakukan pada hari sebelumnya, maka di hari kedua dalam beberapa jam Anda sudah bisa menyelesaikan finishing BioColours. Tidak tergantung panas matahari, cat BioColours akan mengering dengan sirkulasi udara yang baik dalam ruangan.

Berikut ini panduan untuk cara aplikasi cat BioColours yang tepat:

  1. Amplas ulang furniture outdoor yang sudah diberi lapisan pengawet kayu. Amplas hingga permukaan benar-benar halus, pastikan dengan merabanya. Hilangkan debu amplas dengan kain lap.
  2. Lapisan pertama adalah BioColours wood filler. Campurkan wood filler dengan air kemudian usapkan menggunakan kain bersih dan kering pada permukaan kayu. Lakukan sambil ditekan dan tunggu kering, setelah 20 menit mengering Anda bisa melanjutkan dengan pengamplasan. Amplas 240 adalah amplas yang digunakan, lakukan hingga warna kayu dan seratnya terlihat.
  3. Lapisan kedua adalah BioColours sanding sealer. Campurkan sanding sealer dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Campurkan dalam wadah berbeda dan bersih. Aduk rata baru tuangkan ⅓ bagian tabung spray gun. Semprot ke seluruh permukaan furniture outdoor. Diamkan furniture hingga kering dan amplas ambang dengan amplas 400.
  4. Lapisan ketiga adalah BioColours wood stain. Jangan lupa untuk memilih warna yang sesuai. Campurkan wood stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk rata. Lakukan penyemprotan ke seluruh permukaan furniture kayu. Diamkan dan jika sudah kering amplas dengan amplas 400. Apabila warna kurang tajam dan gelap lakukan aplikasi sekali lagi.
  5. Lapisan akhir adalah BioColours top coat. Anda bisa menggunakan hasil finishing gloss agar furniture outdoor awet. Campurkan top coat dengan air perbandingan 2 bahan dan 1 air. Tuangkan larutan top coat ke dalam tabung spray dan mulai untuk semprotkan ke seluruh permukaan kayu. Tunggu furniture kering selama 24 jam.
Baca Juga:  Butuh Pemutih Kayu Ramah Lingkungan WA 250 di Tangerang?

Hasilnya furniture outdoor akan memiliki penampilan mengkilap yang tahan lama. Furniture outdoor akan dijamin awet karena perlindungan dari dalam dan dari luar sudah diciptakan. Apabila Anda menggunakan jenis kayu yang mahal seperti jati dan sonokeling maka sangat baik menggunakan BioColours.

Hasil finishing transparan akan bertahan lama dan tidak akan muncul efek menguning seperti yang dihasilkan oleh cat solvent.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X