Mengenal Gaya Oriental Jepang Untuk Kamar Tidur

Mengenal Gaya Oriental Jepang Untuk Kamar Tidur

Tema Jepang minimalis kini mendapatkan popularitas dan banyak digunakan pada kamar tidur. Anda pasti bertanya-tanya mengapa? Nah, gaya Jepang sangat canggih dan sederhana. Gaya ini berfokus pada “kurang lebih” memungkinkan seseorang untuk mengubah kamar tidurnya menjadi tampilan yang mewah.

Cara yang tepat untuk mendesain kamar tidur adalah mulai dengan lantai dan perlahan-lahan beralih  ke atas. Untuk menutupi lantai, pertimbangkan tikar tatami. Tatami mat adalah bahan tradisional yang digunakan di rumah Jepang untuk menutupi lantai. Tikar tatami tradisional terbuat dari jerami padi, dan sangat nyaman untuk kaki. Selain itu, jika Anda menggunakannya menutupi seluruh lantai maka tempatkan tikar tatami di atas lantai. Tempatkan tikar besar di depan tempat tidur atau di area tempat duduk.

Mengenal Gaya Oriental Jepang  Untuk  Kamar Tidur
kamar tidur dengan lukisan terbatas dan memiliki penerangan yang lembut.

Kedua, putuskan skema warna untuk ruangan. Secara tradisional, dekorasi Jepang menampilkan nada warna netral. Warna yang bisa Anda pertimbangkan adalah krem, coklat, krem dan hitam. Pilih salah satu dari warna-warna ini untuk mendandani dinding kamar tidur Anda. Hadirkan percikan warna dengan menggunakan warna-warna alam yang cerah melalui potongan-potongan aksen. Oranye, biru, hijau dan merah adalah warna aksen umum yang dapat dimasukkan melalui lukisan, linen dan aksesoris dekoratif.

Ketiga, Anda perlu melengkapi ruangan. Penggunaan furnitur yang digunakan dalam budaya Jepang berada dekat dengan lantai dan dengan demikian menanamkan perasaan yang terpusat. Tempat tidur yang Anda pilih untuk kamar bertema Jepang Anda harus serendah mungkin. Anda juga dapat menempatkan kasur futon langsung di lantai. Melengkapi tempat tidur dengan bambu atau lemari berpernis. Perlu diingat bahwa penggunaan furnitur yang memenuhi kebutuhan fungsional hanya diperkenankan di kamar tidur.

Terakhir, Anda perlu menghias ruangan. Cobalah untuk memilih elemen dekoratif dalam bahan alami seperti bambu, rotan, atau kayu. Sempurnakan tempat tidur atau bangku, kursi di ruangan dengan bantal dan bantal sutra. Anda bisa menggantung tirai sutra di jendela. Lentera terbuat dari kertas yang digantung dari langit-langit juga terlihat bagus. Untuk dinding, gantungkan satu atau dua lukisan seni Jepang seperti bunga sakura atau alam lain yang terinspirasi dari karya seni sederhana.

Baca Juga:  Agen Cat Kayu Biovarnish untuk finishing

Ada hal-hal yang bisa Anda pinjam dari desain interior Asia saat mendekorasi setiap ruangan di rumah Anda. Dalam kasus kamar tidur, elemen-elemen ini mengambil bentuk beberapa bagian tertentu dari furnitur, aksesori, bahan dan sentuhan akhir dan kami akan menjelajahi beberapa opsi yang paling populer dan langsung ke depan.

  • Tempat tidur rendah

Furnitur Jepang biasanya berukuran rendah ke tanah. Dalam kasus kamar tidur, pilihan dengan ukuran rendah akan menjadi tempat tidur Jepang atau yang memiliki desain yang sesuai. Tempat tidur platform yang sering digunakan dalam desain interior kontemporer juga sangat baik. Jadi Anda bisa menggunakan desain kontemporer berukuran rendah yang tentu saja akan menjadi gaya Jepang yang natural.

  • Keseimbangan tekstur.

Keseimbangan sangat penting dalam dekorasi interior Asia. Semuanya harus dipilih dengan hati-hati. Tekstur harus bekerja dengan baik bersama-sama dan dekorasi sehingga dapat disorot dengan pencahayaan aksen atau menggunakan warna yang tepat dan kombinasi warna. Tekstur akan semakin terlihat dengan pencahayaan yang tepat.

  • Suasana alam dalam ruangan
Mengenal Gaya Oriental Jepang Untuk Kamar Tidur
Kamar tidur gaya Jepang yang dikombinasikan dengan tanaman sehingga terlihat lebih alami.

Ciri khas lain dari desain interior Asia adalah hubungan indah antara ruang interior dan eksterior dan alam pada khususnya. Bawalah beberapa kesegaran dan keindahan alami di dalam kamar tidur. Misalnya seperti pohon bonsai akan menjadi apa yang dibutuhkan ruangan.

  • Ruang terbuka dan cahaya alami

Menjaga kamar tidur tetap terbuka dan lapang. Cara ini akan membantu jika ruangan itu memiliki jendela besar atau dinding kaca. Cahaya alami seharusnya membanjiri ruangan, membuatnya terlihat segar, bersemangat dan ramah. Untuk menekankan keterbukaan ruang, sederhanakan semua furnitur sebanyak mungkin.

  • Warna alami

Warna yang sangat tebal atau neon bukan sesuatu yang Anda lihat di interior yang terinspirasi Asia atau di kamar tidur pada umumnya. Jadi fokus pada warna alami, terinspirasi oleh bahan organik atau oleh elemen lain yang ditemukan di alam seperti batu, kayu, atau tumbuh-tumbuhan. Bahkan pilih dinding kamar Anda yang terbuat dari bahan alami hanya dengan pernis saja.

  • Pintu geser atau layar
Baca Juga:  Tips Mendesain Kamar Tidur untuk Anak

Layar Shoji sangat populer di interior Jepang tetapi itu bukan satu-satunya pilihan yang Anda miliki saat mendesain kamar tidur yang terinspirasi Asia. Ada juga jenis pintu geser atau layar lain yang dapat Anda gunakan. Penutup jendela ini memberi kamar tidur tampilan yang kaya dan otentik.

  • Seni dinding buatan tangan

Ada beberapa pilihan ketika mendekorasi dinding kamar tidur yang terinspirasi Asia. Salah satunya adalah menggunakan sesuatu yang mirip dengan layar sutra lukisan tangan. Sederhana namun sangat indah, dengan tema yang menyoroti gaya yang dipilih untuk ruangan.

Aturan Dekorasi Yang Dibutuhkan Kamar Gaya Jepang

Jika Anda pernah melihat “Memoar Of A Gheisha”, maka Anda pasti sudah tahu bagaimana kamar tidur Jepang terlihat. Ini adalah tren umum saat ini, di kalangan remaja dan bahkan dewasa, untuk mendekorasi kamar tidur mereka dalam gaya Jepang. Meskipun mereka belum cukup mempelajarinya, dalam banyak kasus orang sengaja atau tidak justru membuat ruangan merea berantakan. Untuk menghias kamar tidur Jepang, beberapa prinsip dekorasi Jepang harus dihormati.

Pertama-tama, dinding harus dicat dengan warna yang solid. Oleh karena itu tidak ada poster atau gambar aneh yang diizinkan. Namun, foto-foto keluarga membuat pengecualian, tetapi ada juga aturan untuk mereka: maksimal 3 gambar di seluruh kamar tidur.

Prinsip kedua terkait dengan furnitur. Orang Jepang biasanya memusatkan furnitur mereka di tengah ruangan. Bahkan jika orang Eropa dan juga orang-orang lain terbiasa menempatkan kamar tidur di dekat tembok, orang Jepang menempatkannya di tengah ruangan. Selain itu, tempat tidur tidak memiliki platform tinggi, dan inilah mengapa sebagian besar orang berpikir bahwa orang Jepang tidur di kasur.

Mengenal Gaya Oriental Jepang Untuk Kamar Tidur
Kasur dengan tempat tidur dari tatami sehingga berukuran rendah.

Jika memungkinkan, coba tambahkan tirai sutra ke tempat tidur. Sebagian besar orang Jepang jatuh cinta pada sutra dan karenanya, jika Anda menginginkan kamar tidur Jepang, Anda mungkin harus melakukan hal yang sama.

Baca Juga:  Ini Fungsi Silica Gel Jika Digabungkan Dengan Cat Kayu Anti Air

Selain itu, coba tambahkan kontras di ruangan tanpa menggunakan warna tebal. Selain itu, perabotan yang akan Anda hiasi di kamar tidur dengan tinggi yang rendah seperti dalam budaya Jepang, diyakini bahwa kamar tidur tidak lebih dari tempat untuk beristirahat, dan tidak menyimpan segala macam barang. Namun, furnitur kecil tidak akan merusak aspek dalam kamar.

Terakhir, tetapi tidak sedikit, sebagian besar kamar tidur Jepang memiliki lukisan bingkai dengan kata Jepang tinta hitam, kata yang seharusnya berarti sesuatu yang bermanfaat bagi mereka yang beristirahat di kamar itu. Kata itu harus dilukis secara manual dengan warna hitam pada sehelai sutra atau kertas putih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X