Tiga Langkah Mudah Mengecat Ulang Bangku Teras

Tiga Langkah Mudah Mengecat Ulang Bangku Teras

Furnitur outdoor dari kayu sering terkena unsur-unsur perusak termasuk hujan, sinar matahari dan panas yang ekstrim, seperti bangu kayu pada teras rumah Anda memerlukan perawatan, pemeliharaan, dan perawatan yang sangat spesifik setidaknya pada dasar semi-reguler.

Bagi banyak orang, menyempurnakan furnitur kayu outdoor seperti bangku teras terlihat tugas yang berat bahkan memakn banyak waktu. Daripada membeli perabotan baru atau membayar tukang cat profesional dan tukang reparasi, Anda dapat dengan mudah mengecat ulang bangku teras dari kayu dengan mengikuti beberapa tips dasar yang mudah berikut ini.

  • Menghilangkap Lapisan Cat Lama

Satu-satunya kemudahan dan manfaat furnitur bangku teras dari kayu yang terkena unsur perusak tadi adalah fakta bahwa cat lama telah rusak dan mengelupas atau bahkan hilang. Sangat memungkinkan untuk penghapusan yang relatif mudah tanpa kesulitan.

Tiga Langkah Mudah Mengecat Ulang Bangku Teras
Menghilangkan kotoran dengan air bertekanan tinggi.

Apakah Anda mencoba untuk menghilangkan wood stai atau cat, langkah pertama yang paling mudah untuk menghilangkan cat adalah dengan menggunakan selang bertekanan tinggi. Menyemprotkan furnitur dengan selang bertekanan tinggi tidak hanya menghilangkan kotoran dan serpihan, tetapi juga sering menghilangkan serpihan berlebih dari lapisan cat lama.

Setelah item benar-benar kering, pengamplasan biasanya diperlukan untuk menghilangkan sisa yang tersisa dan memastikan permukaan yang halus dan rata. Anda bisa memulai dengan mengamplas grit kasar yaitu 150.

  • Mengecat Ulang Bangku

Ketika saatnya datang untuk memperbaiki sebagian besar furnitur, metode aplikasi sering dipertanyakan. Beberapa orang pemula lebih suka bahkan disarankan untuk menggunakan kuas tradisional, sikat busa atau sponge adalah alternatif yang sangat baik.

Sama seperti kuas tradisional, sikat busa tersedia dalam berbagai ukuran, memungkinkan penggunaan di celah dan celah terkecil. Manfaat sikat busa yang tidak ditawarkan kuas tradisional termasuk tekstur yang rata dan lembut. Kemampuan adalah untuk merendam cat atau wood stain berlebih, dan penggunaan yang hampir halus.

Baca Juga:  Grosir Cat Kayu Transparan Aman Biovarnish

Anda bisa mengaplikasikan secara langsung searah serat kayu baik itu menggunakan wood stain atau hanya menggunakan cat. Karena mengikuti arah serat akan memberikan hasil halus dan Anda akan melihat bahwa furnitur tidak terluhat bekas sapuan kuas.

  • Diamkan Bangku Hingga Cat Mengering

Jumlah waktu yang diperlukan untuk cat atau wood stain untuk mengering secara menyeluruh biasanya tergantung pada produk dan pabrik. Penting untuk mempelajari kemasan produk untuk memastikan Anda memahami jumlah waktu yang diperlukan untuk pengeringan yang lengkap.

Apabila Anda menggunakan wood stain atau cat dari solvent maka Anda membutuhkan panas matahari dan waktu yang lama untuk pelarut menguap dengan benar. Sedangkan jika Anda menggunakan cat atau wood stain berbasis air maka Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit  saja dalam ruangan yang berventilasi baik.

Banyak orang membuat kesalahan dengan meninggalkan furnitur bangku teras yang masih basah dan diletakan di luar sambil dikeringkan. Cara ini sering menghasilkan kotoran pada permukaan bangku menempel karena kotoran yang terbawa angin. Untuk mencegah kotoran yang tidak diinginkan melekat pada pemukaan bangku maka sebaiknya Anda menunggu kering di dalam ruangan (seperti gudang atau garasi) semalaman hingga permukaan benar-benar mengering.

Karakteristik Jenis Kayu yang Membutuhkan Refinishing

Jika Anda menggunakan bangku teras warisan maka Anda akan bekerja dengan jenis kayu mahal seperti jati. Untuk menangani jenis kayu tersebut maka pelajari jenis finishing apa yang terbaik untuk digunakan.

Berikut ini beberapa jenis kayu yang banyak digunakan dan saran untuk memberikan warna finishing yang tepat.

  • Cherry adalah kayu yang sangat halus dengan pori lembut yang bisa dicat dengan berbagai warna. Namun karakter kayu cherry yang telah berumur lebihd ari 100 tahun akan menimbulkan warna yang gelap, Anda akan mendapatkan bangku dengan wood stain gelap seperti warna dark teak.
  • Walnut memiliki pori kayu yang lebih besar dari pada kayu cherry atau maple. Kayu walnut memiliki pori kayu yang tepat dan banyak dicari orang warna kayu walnut yang sudah berumur puluhan tahun tidak banyak berubah sangat memungkinkan Anda untuk memilih warna asli walnut.
  • Mahoni adalah kayu yang memiliki ciri warna kemerahan. Warna kayu mahoni tua akan menjadi merah gelap atau merah tua kecokelatan. Jika Anda memiliki kayu mahoni tidak ada warna lain yang bisa digunakan selain merah.
  • Pinus adalah jenis kayu yang memiliki warna muda. Seberapa tua usia kayu pins warnanya akan tetap sama maka Anda sebaiknya menggunakan warna cokelat madu yang lebih gelap.
  • Potongan maple yang dibuat dari tahun 1890-an hingga tahun 1920-an seringkali merupakan maple yang sangat indah dan memiliki nada kuning yang kuat jika Anda mempolitur ulang. Maple Polos dari tahun 1960-an, yang sering diwarnai warna oranye, dapat dicat ulang dan dibuat lebih modern dengan noda coklat muda.
  • Oak yang dibuat furnitur bergaya Victoria. Jika Anda memiliki kayu ini sebagai bangku rumah maka Anda bisa memilih kayu warna cokelat keemasan.
Baca Juga:  Fungsi Sanding Sealer Pada Material MDF

Peralatan Penting Yang Perlu Diperhatikan

Ketika Anda akan memulai proses pengecatan ulang maka Anda membutuhkan peralatan yang mendukung. Dukungan dari peralatan ini harus Anda pahami untuk mendapatkan hasil yang sempurna karena peralatan buruk akan memperburuk hasil finishing Anda.

Tiga Langkah Mudah Mengecat Ulang Bangku Teras
Pengamplasan bangku kayu dengan hand sander.

Berikut ini beberapa peralatan yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan proses pengecatan ulang.

  • Amplas, penggunaan amplas yang bagus dan berkualitas tinggi akan menghasilkan permukaan kayu yang halus. Selain teknik mengamplas bahan amplas yang tepat akan mempengaruhi. Apakah Anda akan menggunakan jenis alumunium oxide atau bukan. Perhatikan juga grit amplas yang tepat saat Anda akan mengamplas permukaan bangku yang telah terlapisi cat atau belum. Penggunaan balok kayu untuk mengamplas juga akan membantu permukaan yang lebih halus bahkan lebih cepat tanpa Anda harus menyakiti jari tangan Anda.
  • Kekuatan sander. Setelah pengelupasan cat lama, Anda harus menghaluskan permukaan dengan mengamplasnya. Untuk pekerjaan besar, seorang sander dengan daya dapat mengurangi tingkat kebosanan. Anda dapat mengampelas dengan tangan pada sekitar 100 hingga 200 kali per menit, tetapi alat listrik atau hand sander dapat menghaluskan 6000 hingga 8000 goresan dalam rentang waktu yang sama. Simpan cakram ampelas di tangan dalam berbagai ukuran pasir dari 80 hingga 220.
  • Penggunaan bahan cat. Anda bisa menentukan apakah Anda akan menggunakan cat warna atau wood stain. Namun pada dasarnya tergantung dengan bahan pelarut yang akan digunakan. Menggunakan produk BioColours yang merupakan produk berbasis air adalah hal yang sangat bijak khususnya untuk pemula. Anda akan mendapatkan permukaan bangku cepat kering sehingga tidak perlu menunggu lama untuk finishing. Bahkan jika Anda ingin melakukan proses finishing dengan wood stain tersedia pilihan warna natural yang beragam. Anda bisa menggunakan cat warna duco dengan pilihan warna solid yang beragam juga.
Baca Juga:  Jenis Cat Kayu Terbaik Yang Di Indonesia Yang Perlu Diketahui

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X