cat kursi panjang kayu besi

Mau Cat Warna Menarik untuk Kursi Panjang Kayu Besi di Rumah Industrial? Intip Pilihannya Disini

Material besi kini tak kalah menariknya dibandingkan dengan kayu. Kekuatan dan ketahanan besi membuat banyak orang lebih memilih material ini karena perawatannya yang mudah. Bisa juga memadukan besi dan juga kayu untuk memenuhi gaya ruangan yang diinginkan. Apakah Anda salah satunya yang ingin mewujudkan kursi kayu besi di rumah lebih menarik? 

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan untuk finishing kursi kayu besi. Pertama adalah pemilihan bahan finishingnya, kedua adalah memilih warna yang tepat. Anda bisa memberikan warna yang sama-sama solid atau bisa juga memilih menggabungkan dua warna berbeda baik itu solid dan juga natural pada kayu. 

Pada gaya-gaya tertentu seperti industrial, material besi dan juga kayu sering dipadu-padankan sebagai kursi. Hanya saja warna natural kayu tetap dipertahankan dan warna besi biasanya dipilih warna-warna yang gelap. Jika Anda menyukai gaya industrial dan masih bingung memilih warna pada kursi-kursi di rumah, sekarang berada di tempat yang tepat. 

Mulai dari pemilihan bahan finishing hingga warna yang sebaiknya dipilih akan dijelaskan secara terperinci di artikel ini. Mau tahu apa saja bahan finishing yang dibutuhkan dan warna apa saja yang tepat? Yuk kenali pilihannya.

Produk Cat untuk Kursi Panjang Kayu Gaya Industrial

Mempertahankan warna natural pada kayu dan memberikan warna solid pada besi membutuhkan waktu yang lebih lama. Anda harus mengaplikasikan satu per satu dengan teliti supaya hasilnya lebih bersih. Pemilihan produk cat yang tepat akan memudahkan aplikasi sehingga menjadi lebih praktis. 

Ada dua produk cat water based yang bisa Anda gunakan untuk mengecat kursi panjang kayu besi di rumah sebagai berikut. 

  • Biovarnish

Biovarnish adalah cat akrilik pengganti pernis konvensional berpelarut solvent. Cat ini akan memberikan pilihan warna-warna natural pada bagian kayu pada kursi. Apapun jenis kayu yang akan digunakan, Biovarnish sudah diformulasikan kompatibel dengan aplikasi mudah yaitu dengan kuas. Anda bisa mengaplikasikan tanpa kesulitan karena sapuan kuas yang sangat ringan. 

Baca Juga:  Hati-Hati! Harga Pernis Murah Mengandung Formalin Tinggi

Perlindungan yang diberikan Biovarnish juga menghindarkan kayu dari rayap, jamur, kelembaban dan perubahan warna akibat sinar uv. Cat juga tidak mudah menguning dengan rendahnya kandungan formalin. Kandungan logam berat yang rendah membuat cat menimbulkan bau yang menyengat. 

  • Orchid

Cat kayu besi Orchid bisa Anda aplikasikan pada bagian besi di kursi. Warna solidnya akan menutup permukaan besi secara sempurna. Cat Orchid juga merupakan cat enamel water based sehingga Anda hanya membutuhkan air sebagai pelarutnya. Disamping itu cat ini sama-sama diaplikasikan dengan kuas, Anda tak membutuhkan spray gun untuk mendapatkan hasil finishing sempurna. 

Cat Orchid memiliki bahan perlindungan maksimal pada besi sama seperti Biovarnish pada kayu. Besi tidak akan mudah berkarat walaupun sering terpapar sinar uv dan kelembaban. Warna yang dihasilkan semi gloss, tapi jika Anda ingin menampilkan matte bisa menambahkannya dengan Bioduco top coat matte. 

Kombinasi Menarik Warna Cat Biovarnish dan Orchid

Setelah mendapatkan produk cat yang terbaik saatnya untuk Anda memilih warnanya. Biovarnish menyediakan 20 warna natural, sedangkan cat Orchid tersedia 24 warna solid. Tidak semua warna tersebut cocok dikombinasikan untuk kursi panjang dengan gaya industrial. 

Memudahkan Anda untuk memilih warna yang tepat, berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa digunakan:

  • Warna mahogany dan warna hitam

Gaya industrial yang tercipta setelah masa revolusi industri membuat kayu-kayu mahoni yang tersisa sering digunakan. Untuk itu warna dari Biovarnish untuk kayu yang bisa Anda pilih adalah warna mahogani yang kemerahan. Sedangkan untuk bagian besi Anda bisa menggunakan warna black. 

  • Warna gardena teak dan warna hitam

Selain kayu mahoni, kayu jati juga banyak digunakan. Warna yang cocok dari Biovarnish adalah gardena teak yang menyerupai warna kayu jati asli. Kesan keemasan dari jati bisa diperlihatkan dari warna ini. Warna Orchid yang dipilih adalah black untuk memberikan kesan kontras yang lebih kuat. 

  • Warna salak brown dan Abu-abu
Baca Juga:  Bioduco Chalk Paint : Tanpa Amplas Mengecat jadi Lebih Mudah

Jika Anda ingin memperlihatkan warna gelap dari kayu, maka pilihlah warna salak brown dari Biovarnish. Warna salak brown akan memberikan kesan gelap yang cukup elegan. Sedangkan untuk warna dari Orchid Anda bisa memilih grey, tidak perlu takut tampak pucat. Grey akan meningkatkan warna lebih terang. 

  • Warna walnut dan cooper

Walnut juga merupakan jenis kayu yang paling banyak digunakan pada kursi-kursi gaya industrial. Mengikuti jenis kayunya Anda bisa menggunakan warna walnut brown dari Biovarnish. Paduan terbaik warna walnut ini dari cat Orchid adalah dengan warna cooper. Warna tembaga juga banyak digunakan pada furniture gaya industrial selain hitam. 

Cara Mengaplikasikan Biovarnish dan Orchid pada Kursi

Saatnya untuk mengaplikasikan, Anda tidak bisa melakukannya bersamaan dan harus bergantian. Caranya adalah dimulai dari aplikasi bagian kayu terlebih dahulu supaya jika besi terkena cat Anda tetap bisa mendapatkan hasil yang rapi. Hindari mengecat dari warna solid pada besi karena akan sulit dihilangkan pada bagian kayu. 

Untuk memulainya, tutup bagian besi pada kursi dengan kertas koran dan isolasi kertas bukan plastik. Kemudian amplas bagian kayu dengan amplas aluminium oxide nomor 220. Selesai mengamplas bersihkan debunya. Baru tahapan mengecat bisa dimulai, jangan lupa siapkan produk cat sesuai dengan warna yang Anda inginkan. 

Tahapan Aplikasi Biovarnish

Ada tahapan singkat yang bisa Anda lakukan yaitu dari wood filler, wood stain hingga clear coat. Masing-masing membutuhkan air dengan pH kurang lebih 7 dan wadah untuk melarutkan. Berikut ini langkah aplikasinya:

  1. Larutkan Biovarnish wood filler dengan sedikit air, kemudian aplikasikan dengan kain memutar di permukaan kayu. Tunggu filler mengering 20 menit dan amplas dengan kertas amplas 240. Bersihkan debu amplasnya. 
  2. Larutkan Biovarnish wood stain dengan air, perbandingannya 2:1. Aduk merata dan kuaskan ke permukaan kayu. Anda bisa menguas searah serat dan diamkan 60 menit supaya mengering. 
  3. Amplas ambang stain yang sudah kering dengan amplas 400. Ulangi pengecatannya hingga warna menjadi tajam. 
  4. Larutkan Biovarnish clear coat dengan air perbandingan 2:1. Kuaskan ke arah serat kayu dan diamkan kering selama semalaman. 
Baca Juga:  Cara Finishing Kursi Besi dengan Cat Water Based

Tahapan Aplikasi Cat Orchid

Hasil terbaik akan didapatkan jika bagian kayu sudah benar-benar kering. Jadi lebih baik jika Anda mengaplikasikan cat Orchid di hari berikutnya. Lepaskan bagian besi yang sudah ditutup dengan kertas koran. Kemudian tutup dengan isolasi kertas pada bagian kayu yang dekat dengan bagian besi. 

Apabila bagian kayu sudah tertutup, Anda bisa melanjutkannya dengan langkah berikut ini:

  1. Larutkan cat kayu besi Orchid dengan air perbandingan 3:1. 
  2. Kuaskan bagian besi tipis saja harus searah supaya hasilnya rapi. 
  3. Tunggu kering 60 menit kemudian gunakan amplas 400 untuk mengamplas ambang. 
  4. Ulangi langkah yang sama yaitu menguas, mengeringkan dan mengamplas hingga warna dari cat Orchid menjadi lebih pekat dan menutup. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X