Ini Dia Cara Memilih Warna Memanfaatkan Roda Warna

Ini Dia Cara Memilih Warna Memanfaatkan Roda Warna

Dengan warna Anda dapat mengatur suasana hati, menarik perhatian, atau membuat pernyataan. Anda dapat menggunakan warna untuk memberi energi, atau untuk mendinginkan. Dengan memilih skema warna yang tepat, Anda dapat menciptakan suasana elegan, kehangatan, atau ketenangan, atau Anda dapat menyampaikan citra kemudaan yang menyenangkan. Warna dapat menjadi elemen desain Anda yang paling kuat jika Anda belajar menggunakannya secara efektif.

Warna memengaruhi kita dalam berbagai cara, baik secara mental maupun fisik. Warna merah yang kuat telah terbukti meningkatkan tekanan darah, sementara warna biru memiliki efek menenangkan.

Mampu menggunakan warna secara sadar dan harmonis dapat membantu Anda menciptakan hasil yang spektakuler.

Roda warna atau lingkaran warna adalah alat dasar untuk menggabungkan warna. Diagram warna lingkaran pertama dirancang oleh Sir Isaac Newton pada tahun 1666.

Roda warna dirancang sehingga hampir semua warna yang Anda pilih akan terlihat cocok. Selama bertahun-tahun, banyak variasi desain dasar telah dibuat, tetapi versi yang paling umum adalah roda 12 warna berdasarkan model warna RYB (atau artistik).

Secara tradisional, ada sejumlah kombinasi warna yang dianggap sangat menyenangkan. Ini disebut harmoni warna atau akord warna dan mereka terdiri dari dua atau lebih warna dengan relasi tetap pada roda warna.

Dalam model warna RYB (atau subtraktif), warna utama adalah merah, kuning dan biru. Tiga warna sekunder (hijau, oranye dan ungu) dibuat dengan mencampur dua warna utama. Enam warna tersier lainnya diciptakan dengan mencampur warna primer dan sekunder.

Roda warna menawarkan cara termudah untuk memvisualisasikan bagaimana warna saling berhubungan satu sama lain. Secara tradisional, para seniman telah mendefinisikan merah, kuning, dan biru sebagai tiga warna utama dari mana semua yang lain di roda dapat dicampur.

Meskipun ini secara teknis benar, seorang seniman tidak dapat benar-benar memperoleh hijau murni atau ungu karena intensitas warna campuran tidak akan sama dengan yang lainnya.

Untuk keputusan warna cat kusen kayu Anda hanya perlu menyadari bahwa warna ungu berhubungan dengan merah dan biru dan warna hijau itu berasal dari kuning dan biru. Hubungan itu berarti warna akan selaras satu sama lain.

Membaca Roda: Roda warna umumnya menunjukkan warna murni warna: merah, biru, dan hijau. Namun dalam dekorasi, Anda lebih cenderung menggunakan tints (nilai lebih terang) dan nada (juga dikenal sebagai shades) yang memiliki nilai warna yang lebih gelap. Misalnya, Anda tidak boleh menggunakan warna hijau intens di ruangan; Anda lebih cenderung pergi dengan seorang bijak lembut atau seorang pemburu hijau yang mendalam sebagai gantinya.

Warna yang saling berhadapan di roda bersifat komplementer; ketika dipasangkan, masing-masing membuat yang lain tampak lebih jelas.

Warna yang terletak di samping satu sama lain adalah analog; mereka selalu terlihat serasi karena mereka berbagi rona yang sama.

Triad adalah tiga warna yang sama-sama berjarak pada roda. Ini menghasilkan kombinasi yang hidup namun seimbang, tetapi skema ini mungkin terasa sedikit menggelegar kecuali Anda membiarkan satu warna mendominasi dan menggunakan dua warna lainnya dalam jumlah yang lebih sedikit atau sebagai aksen.

Memilih warna dari roda warna tentu saja tidak hanya bisa Anda gunakan pada kusen jendela, namun untuk keselarasan dalam ruangan gunakan pilihan warna lain sebagai warna furniture, warna dinding, pintu, atap bahkan jendela.

Ini Dia Cara Memilih Warna Memanfaatkan Roda Warna
gambhar roda warna.

Warna jendela dan kusen tidak harus selalu sama selama Anda bisa mendapatkan warna yang selaras atau komplementer. Memilih warna cat bisa menjadi pengalaman yang membingungkan, membuat Anda terhanyut dengan kebingungan saat Anda membaca sekilas dari perusahaan cat yang bermaksud menciptakan kembali semua dari 7 juta warna yang dapat dibedakan dengan mata manusia. Membiasakan diri dengan roda warna dapat membantu Anda memahami cara terbaik mencampur dan mencocokkan warna yang sejuk dengan yang hangat, untuk ruangan yang seimbang secara alami.

Mewujudkan Kombinasi Warna Hangat

Roda warna juga membantu Anda mengidentifikasi warna yang hangat dan sejuk. Setengah dari roda warna, dari merah ke kuning-hijau, dianggap hangat, merangsang, dan maju. Deskripsi semacam itu mencerminkan hubungan emosional (matahari tampak kuning, dan api berwarna oranye dan merah, misalnya), tetapi memiliki dasar dalam fisiologi: Mata tidak dapat membawa ujung merah dan ungu dari spektrum menjadi fokus pada saat yang sama sehingga merasakan merah menjadi lebih dekat atau maju.

Setengah roda lainnya digambarkan sebagai warna-warna ini umumnya tampak surut. Dengan demikian ruangan kecil dapat mengambil manfaat dari visual membuka dinding dengan warna cat yang dingin, atau surut, seperti biru, hijau, atau ungu.

Berikut ini beberapa tips pemilihan warna untuk ruangan yang hangat:

  • Skema warna hangat membutuhkan sedikit warna dingin untuk merasa bulat sempurna dan lengkap, pikirkan tanaman hijau di kamar berwarna kuning. Roda warna juga membantu Anda mengidentifikasi warna yang hangat dan sejuk.
  • Skema warna hangat membutuhkan sedikit warna dingin untuk merasa bulat sempurna dan lengkap; pikirkan tanaman hijau di kamar kuning.
  • Skema dingin membutuhkan sentakan kehangatan untuk menghidupkannya; jadi suntikan warna merah akan membuat ruangan menjadi biru dan putih.
  • Hijau dan ungu mungkin tampak maju atau menurun, tergantung pada konteksnya; untuk alasan itu, beberapa desainer interior menganggap mereka netral yang bisa menggunakan dengan warna apa saja.

Memberikan Keseimbangan, Nilai dan juga Intensitas Warna

Anda mungkin tertarik pada warna tidak hanya untuk rona khusus mereka  merah, biru-hijau, oranye  tetapi juga untuk nilai-nilai tertentu dari warna tersebut, seperti pink, teal, atau terakota, misalnya.

Nilai mengacu pada terang atau kegelapan warna. Nilai rona menjadi lebih terang dengan penambahan warna putih; hitam atau banyak (coklat kehitaman) menggelapkan nilainya. Biru langit dan biru telur robin adalah nilai-nilai cahaya biru, sementara warna angkatan laut dan kobalt adalah nilai-nilai gelap.

Ini Dia Cara Memilih Warna Memanfaatkan Roda Warna
Ruang keluarga yang colorful dengan perpaduan tiga warna.

Warna dengan Keseimbangan. Nilai-nilai ringan dan medium hidup paling nyaman satu sama lain, tetapi untuk menjaga skema nilai cahaya menjadi membosankan, termasuk aksen nilai yang lebih gelap. Di sebuah ruangan yang didekorasi dengan warna biru muda dan kuning muda, misalnya, sentuhan biru laut atau biru kobalt akan membumi skema dan memberinya kedalaman.

Aspek lain dari warna apa pun adalah intensitas atau saturasinya. Warna murni mewakili ekspresi warna yang paling intens atau paling jenuh. Menambahkan pelengkap hue akan abu-abu atau berlumpur warna sehingga lebih lembut, lebih diredam, dan kurang intens.

Warna dengan intensitas lebih rendah umumnya menciptakan suasana tenang, terkendali yang halus dan tenang.

Warna berintensitas tinggi (lebih jenuh) menghasilkan lebih banyak energi dan dapat terasa dinamis atau sangat elegan, tergantung pada warna tertentu dan gaya perabotan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X