gaya ruangan bohemian

Mengenal Interior Rumah Gaya Bohemian yang Lagi Tren

Unsur natural pada rumah gaya bohemian menjadi unsur penting, dengan nomaden dan alami.

Konsep bohemian punya hubungan erat dengan gaya penduduk gipsy pada tahun 1800-an. Sifatnya yang nomaden dan menggunakan material dari alam membuat konsep ini terkesan etnik. Kini, gaya bohemian menjadi sebuah trend baru.

Konsep rumah gaya bohemian juga tidak kalah menarik untuk digunakan. Seperti apakah konsep rumah gaya bohemian?

Konsep Rumah Gaya Bohemian, Bebas tapi Tetap Estetik

Konsep bohemian menggambarkan kesan bebas, gipsi, hippies namun tetap estetik. Apalagi jika digunakan untuk konsep pada suatu ruangan.

Untuk mendesain interior ruangan khas gaya bohemian, gunakan material serat alam seperti rotan. Selain itu buatlah berwarna-warni sehingga menggambarkan khas warna natural dari alam. Berikut cara mendesain ruangan interior rumah gaya bohemian yang bisa Anda contoh.

1. Terapkan Furniture Antik

Anda dapat menerapkan furniture antik atau vintage. Selain itu, Anda dapat menggunakan selimat berwarna-warni untuk menambah kesan unik. Dapat juga menggunakan karpet dengan motif etnik.

Kesan etnik dan warna yang nabrak justru menjadi ciri khas dari bohemian. Meskipun demikian, ini membuat ruangan terkesan elegan.

2. Berikan Tanaman

Untuk menambah kesan natural, Anda dapat menempatkan beberapa tanaman di sudut ruangan. Sebaiknya gunakan tanaman berdaun saja dan hindari tanaman yang tidak berbunga atau berbuah.

Letakkan di beberapa sudut ruangan sehingga ruangan lebih segar. Anda dapat melapisi pot tanaman dengan rotan untuk menambah khas gaya dari bohemian.

3. Full Colour

Ciri khas dari bohemian adalah warna yang beraneka ragam. Dengan memainkan warna lebih berani, akan menunjukkan kesan ruang estetik yang istimewa dan khas. Bagi Anda yang memiliki jiwa bebas, pasti akan suka dengan konsep ruangan warna warni semacam ini.

Baca Juga:  Plitur Kayu Serbaguna dalam Segala Kebutuhan Finishing

Gunakan meja kabinet dengan warna biru toska, kemudian kursi berwarna merah dan sejenisnya. Meskipun warnanya terlihat tidak senada, justru memberikan kesan yang beda.

4. Gunakan Aksesoris Pernak Pernik

Satu lagi yang akan menambah kesan bohemian sangat kuat yakni penggunaam aksesoris pernak pernik. Misalkan hiasan yang terbuat dari rotan dengan warna alami seperti merah atau Anda juga dapat menggunakan hiasan seperti dream catcher.

Aksesoris dari serat alam ini sangat estetik sehingga membuat ruangan tampil lebih istimewa. Selain itu, Anda bisa menambahkan hiasan ruangan dengan piring-piring kuno, tulang binatang seperti patung tanduk rusa, lampu hias, karpet bulu hewan atau bahan lainnya.

5. Gunakan Bantal Bermotif

Untuk beberapa sofa dan kursi biasanya membutuhkan bantal untuk kenyamanan. Selain digunakan sesuai fungsinya, bantal juga memiliki tujuan estetik pada ruangan. Guna menunjang kesan bohemian, gunakan sarung bantal yang memiliki motif berpola atau etnik.

6. Gunakan Lampu yang Pas

Kesan natural dari bohemian juga harus didukung dengan pencahayaan. Oleh karena konsep bohemian merupakan konsep yang melekat dengan alam, natural dan liar. Untuk menciptakan nuansa ini maka gunakan bolam lampu dengan warna yang redup alias remang-remang. Gunakan lampu lentera atau lampu lilin.

Menciptakan Warna Natural untuk Aksesoris Serat Alam Bohemian

Agar lebih dekat dengan konsep natural, gunakan cat yang ramah lingkungan. Umumnya, orang yang menyukai konsep bohemian adalah orang-orang yang peduli dan mencintai alam. Oleh karena itu, cat ramah lingkungan adalah cat cocok untuk menghias aksesoris yang membutuhkan lapisan cat.

Aksesoris yang menggunakan serat alam cenderung rawan rusak seiring waktu. Untuk menjaga aksesoris seperti yang terbuat dari rotan, dibutuhkan lapisan cat. Ya, selain digunakan untuk memperindah aksesoris tersebut, cat juga bertujuan melindungi dari kerusakan.

Baca Juga:  Tips FInishing Mudah Kusen Warna Solid Dengan Cat Orchid

Cat kayu yang ramah lingkungan dan cocok untuk finishing pada aksesoris bohemian adalah Biovarnish. Untuk melapisi aksesoris tersebut, Anda cukup menggunakan Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarnish Clear Coat.

Jika Anda menginginkan tampilan warna berbeda dari warna asli serat maka bisa menambahkan wood stain untuk memberikan warna pada aksesoris tersebut. Selain itu, aplikasi cat ini dapat dilakukan oleh siapa pun bahkan oleh anak-anak. Oleh karenanya, cat ini juga bagus untuk finishing mainan anak-anak.

Berikut teknik finishing untuk aksesoris natural rumah gaya bohemian menggunakan Biovarnish

  1. Lap terlebih dahulu permukaannya atau Anda bisa ampelas halus terlebih dahulu permukaannya agar mudah untuk dicat.
  2. Larutkan Biovarnish Sanding Sealer dengan air dan aduk hingga larutan tercampur merata. Aplikasikan dengan metode semprot atau kuas ke seluruh permukaan aksesoris.
  3. Diamkan kurang lebih selama 60 menit. Apabila sudah kering sentuh, ampelas ambang menggunakan kertas ampelas No. 400
  4. Larutkan Biovarnish Clear Coat dengan air lalu aduk lalu aplikasikan ke seluruh permukaan aksesoris serat alam, lalu tunggu kering setelah semalaman. Setelah kering, aksesoris siap dipasang.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X