Aplikasi Dempul Kayu Jati Yang Tepat

dempul kayu jatiDempul kayu jati berfungsi untuk menutupi pori-pori atau cacat pada kayu. Gunakan dempul yang aman dan ramah lingkungan.

Banyak kita temui bahwa furniture sering menggunakan kayu jati sebagai bahan baku utamanya. Seratnya yang unik, rapi dan ketahanannya yang kuat menjadi faktor kayu jati sebagai furniture. Tidak jarang, sebelum melakukan finishing terdapat beberapa bagian kayu yang cacat. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya aplikator menggunakan dempul kayu jati untuk menyamarkan cacat tersebut. selain untuk menutupi cacat pada kayu, kadangkala dempul juga digunakan untuk menutupi pori-pori kayu.

Baca Juga : cara mendempul triplek

Tujuan dari dempul sendiri adalah untuk meratakan, dan menghaluskan bidang untuk memudahkan saat finishing. Aplikasikan dempul dengan sempurna, apabila tidak ketika diaplikasikan cat akan nampak pori-pori atau terlihat seperti bergelombang. Gunakan dempul kayu jati dengan tepat dan benar.

Dempul Kayu Jati Aman

BioColours Wood Filler
BioColours Wood Filler

Banyak ditemui di pasaran berbagai merk dempul kayu memiliki kandungan yang berbahaya. Untuk menghindari bahaya tersebut alangkah baiknya gunakan dempul yang aman dan ramah lingkungan misalnya dempul dengan bahan dasar air. Salah satu yang dapat Anda gunakan di Indonesia adalah BioColours Wood Filler. Dempul tersebut menggunakan bahan dasar water based acrylic modifier yang aman dan ramah lingkungan. Bahan yang digunakan sesuai dengan standarisasi keamanan dan keamanan bahan kimia dari Uni Eropa ECHA Reach Regulation Compliance dan kandungan VOC jauh di bawah ambang batas yang ditetapkan oleh US-Enviromental Protection  Agency (EPA). Sehingga dipastikan aman penggunaannya dan tidak menimbulkan pencemaran lingkungan serta gangguan kesehatan.

Baca Juga : cara dempul triplek dengan benar

Untuk mengaplikasikan dempul kayu jati water based ini cukup mudah, berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan. Sebelum mengaplikasikan dempul kayu jati alangkah baiknya bersihkan permukaan kayu dengan ampelas.

  1. Pastikan permukaan media kayu telah kering benar (MC < 15%) dan bebas dari debu, kotoran atau bekas minyak
  2. Aplikasikan dengan cara skrape mengunakan pisau palet searah serat.
  3. Tunggu sampai kering benar kurang lebih 20 menit. Lalu amplas dengan kertas amplas jenis alumunium oxide no 240. Searah serat sampai halus dan serat kayu terlihat.
  4. Ulangi lagi dengan prosedur aplikasi ini, sampai lubang cacat tekstur permukaan dan pori-pori benar-benar tertutup sempurna, halus dan rata.

Apabila sudah diaplikasikan dempul kayu jati, Anda dapat langsung mengaplikasikan cat transparan. Pastikan cat yang Anda gunakan adalah cat aman dan ramah lingkungan. Untuk warna transparan agar serat-serat kayu tetap terlihat, gunakan cat water based BioColours Biovarnish. Seperti halnya dempul Wood Filler, Biovarnish juga telah sesuai dengan standar keamanan dan kesehatan dari Uni Eropa ECHA Reach Regulation Compliance dan kandungan VOC jauh di bawah ambang batas yang ditetapkan oleh US-Enviromental Protection  Agency (EPA). Memiliki daya rekat film yang bagus, tahan air, warna transparan dan tajam, serta mudah diaplikasikan.

Jika menginginkan warna lebih tajam, Anda dapat menggunakan main coat untuk melapisi warna dasar pada permukaan furniture kayu jati sebelum diaplikasikan Biovarnish.

Cat-cat yang dijelaskan di atas merupakan cat water based dari Bio Industries. Bio Industries merupakan perusahaan yang khusus mengembangkan cat water based di Indonesia. Untuk pemesanan atau informasi lebih lanjut silahkan hubungi Customer Service via telp ke no 082220265056 atau WA ke no. 087839346433. Apabila Anda berada di area Yogyakarta dan sekitarnya, silahkan kunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No.94, Yogyakarta.

Semoga dengan ulasan di atas akan memudahkan Anda dalam finishing furniture kayu jati. Penggunaan dempul kayu jati sangat diperlukan untuk menghaluskan dan meratakan permukaan kayu agar mudah diaplikasikan cat. Pastikan penggunaan bahan yang aman dan ramah lingkungan untuk melindungi orang sekitar dari bahaya racun kimia yang terkandung dalam cat atau dempul pada umumnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X