cat kayu besi Orchid

Teknik Finishing Cat Enamel untuk Mendapatkan Warna Tajam

Cat enamel merupakan cat kayu besi yang sangat praktis untuk digunakan. Anda tidak perlu repot menggunakan cat duco dengan banyak lapisan. Bahkan cat ini praktis dapat digunakan untuk dua material sekaligus. Bagi pemula, cat enamel merupakan salah satu alternatif bahan cat yang bisa digunakan. 

Cat ini paling banyak digunakan untuk melapisi pagar kayu dan juga besi. Perlindungannya terhadap perubahan cuaca sangat bagus. Sehingga paling banyak dipilih dibandingkan jenis cat lainnya. Namun satu hal yang seringkali menjadi masalah adalah bagaimana cara untuk mendapatkan warna tajam dari cat ini. 

Kebanyakan orang hanya akan mengaplikasikan cat enamel asal sesuai warna dan menarik. Namun dibalik itu, Anda harus menerapkan beberapa teknik mengecat sehingga hasilnya akan lebih menarik dan tajam. 

Warna tajam ini bisa Anda dapatkan jika produk yang digunakan memiliki kualitas baik. Salah satu produk yang terbaik untuk digunakan adalah cat Orchid. Produk ini adalah cat enamel water based yang dijamin akan memberikan warna tajam pada material kayu atau besi. 

Cara Mengecat Kayu dengan Cat Enamel

Bagaimana menghasilkan warna yang tajam pada material kayu? Jika Anda memiliki struktur bangunan kayu yang membutuhkan warna solid maka bisa dilapisi dengan cat Orchid. Cat ini sangat bagus untuk melapisi kayu yang diolah menjadi furniture atau struktur bangunan. 

Jangan gunakan cat ini pada mainan atau dan kerajinan kayu karena kurang cocok untuk benda yang sering digunakan. Hasil finishing dari cat Orchid adalah semi gloss dan Anda bisa memilih 24 warna yang telah tersedia. 

Apabila sudah memilih jenis warna, Anda bisa melanjutkannya dengan proses aplikasi berikut ini. 

  1. Amplas permukaan kayu hingga halus dan bersihkan semua kotoran yang menempel. 
  2. Campurkan Bioduco primer dengan air perbandingan 2:1. Aduk merata dan kuaskan ke permukaan kayu searah. Pastikan hasilnya membuat warna dan serat kayu tertutup. Tunggu kering dan amplas ambang. 
  3. Campurkan cat Orchid dengan air perbandingan 3:1. Aduk merata dan kuaskan ke arah satu saja sama seperti primer. Tunggu lapisan pertama ini kering selama 60 menit kemudian amplas ambang. 
  4. Aplikasikan cat Orchid dengan langkah, kuas, tunggu kering dan amplas hingga 3 atau 4 kali. Lapisan terakhir dapat ditunggu kering selama 24 jam. 
Baca Juga:  Harga Cat Dasar Kayu Tahan Air Biocolours

Tips Mengecat Kayu yang Berhasil

Pertama kali mengecat kayu dengan cat enamel? Jika hasilnya tidak memuaskan maka sangatlah wajar. Namun setidaknya Anda harus bekerja untuk menghindari kesalahan saat mengecat. Sehingga walaupun Anda mengaplikasikan pertama kali hasilnya tetap sempurna. 

Menghindari berbagai kesalahan pada saat menggunakan cat enamel, Anda bisa mengikuti tips berikut ini. 

  • Jangan lupakan primer

Jangan pernah lupakan untuk menggunakan cat primer. Fungsi dari primer adalah untuk menutup warna asli dari kayu dan seratnya. Tanpa mengaplikasikan primer biasanya serat kayu akan terlihat. Sehingga warna dari cat Orchid tidak akan tajam. 

  • Aplikasikan cat tipis saja

Baik primer dan juga cat Orchid harus diaplikasikan tipsi saja. Jangan terlalu tebal sehingga proses pengeringan bisa lebih cepat. Selain itu untuk mendapatkan warna tajam, Anda harus mengaplikasikan beberapa kali lapisan saja. 

  • Pastikan kayu memiliki kelembaban yang tepat

Kayu yang hendak di finishing harus sudah kering dengan tingkat kelembaban 12 hingga 15% sesuai jenis kayunya. Tingkat kelembaban ini dibutuhkan agar kayu tidak mudah retak ketika terkena panas atau perubahan cuaca. Kayu yang terlalu basah akan menimbulkan masalah jamur setelah cat mengering. 

Cara Mengecat Besi dengan Cat Enamel

Apakah finishing antara besi dan kayu berbeda menggunakan cat enamel? Caranya tidak jauh berbeda dan masih menggunakan air sebagai bahan pelarutnya. Banyak yang mempertanyakan apakah cat berbasis air memiliki kemampuan untuk menahan karat pada besi?

Cat Orchid telah dilengkapi dengan bahan zincalume yang akan menahan munculnya karat pada permukaan besi. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dan bisa mengaplikasikan dengan cara biasa. Pertama siapkan besi yang akan di finishing dan pilih warna sesuai kebutuhan. 

Baca Juga:  Jagonya Pemutih Kayu Ramah Lingkungan WA 250

Jika persiapan sudah selesai, Anda bisa mengikuti langkah aplikasinya berikut ini. 

  1. Campurkan cat Orchid dengan air perbandingan 3 bahan : 1 air. Aduk hingga merata.
  2. Kuaskan cat searah saja dan pastikan finishingnya halus. Diamkan besi hingga cat mengering tanpa dijemur. 
  3. Cat akan mengering setelah 60 menit dan Anda bisa melanjutkan proses pengamplasan dengan amplas nomor 400. 
  4. Besi telah kering, Anda hanya perlu mengulangi dua langkah di atas hingga membentuk lapisan 4 coating. Cat harus mengering dan lapisan terakhir didiamkan selama 24 jam. 

Tips Mengecat Besi dengan Orchid hingga Berhasil

Pada saat mengecat besi Anda juga tidak boleh melakukan sembarangan. Demi menghindari karat dan mendapatkan warna yang tajam, sebaiknya ikuti dengan benar aturan pemakaian pada kemasan cat Orchid. 

Setelah itu untuk hasil yang lebih sempurna Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini. 

  • Hilangkan semua karat

Anda mungkin akan mengecat besi lama dengan banyak karat. Demi mengatasi kemunculan karat, besi harus dibersihkan terlebih dahulu. Bahkan dari permukaan yang sudah berkarat walaupun jumlahnya masih sedikit. Menghilangkan karat akan menghindari kemunculan karat di atas permukaan coating. 

  • Tidak perlu menggunakan primer

Khusus untuk besi, Anda tidak perlu mengaplikasikan primer. Warna besi masih bisa ditutup dengan cat enamel saja karena tidak memiliki bentuk serat. Hanya saja jika terdapat lapisan coating pada besi yang lama harus dihilangkan terlebih dahulu. Jika tidak lapisan coating yang baru tidak akan menempel. 

  • Pastikan permukaan besi kering

Tidak hanya bersih saja, besi yang akan di finishing juga harus kering. Jika permukaannya basah juga akan memicu munculnya karat setelah cat mengering. Keringkan besi dengan kain atau bisa juga dijemur untuk memastikannya benar-benar kering. 

Baca Juga:  Bagaimana Finishing Furniture Kayu Bergaya Victorian?

Aplikasi Bioduco Top Coat untuk Lapisan Perlindungan Akhir

Baik itu material kayu atau besi, Anda tetap membutuhkan aplikasi top coat. Fungsi dari top coat di sini adalah untuk memberikan perlindungan tambahan. Selain itu jika Anda ingin mendapatkan hasil yang sangat gloss atau matte, top coat adalah kuncinya. 

Di sini Anda harus menggunakan Bioduco top coat yang juga terbuat dari air seperti cat Orchid. Ada dua tampilan yang bisa dipilih yaitu top coat gloss atau matte sesuai kebutuhan. Proses aplikasinya juga sangat mudah karena masih menggunakan kuas. Pastikan saja Anda menggunakan kuas yang berkualitas. 

Jika produk dan alat sudah disiapkan maka ikuti langkah aplikasi top coat yang mudah berikut ini. 

  1. Amplas permukaan kayu atau besi yang sudah kering. Amplas ambang dengan kertas amplas 400 dan bersihkan debu amplasnya. 
  2. Campurkan Bioduco top coat dengan air kemudian aduk hingga merata. 
  3. Kuaskan top coat hingga merata dengan arah yang sama seperti aplikasi cat Orchid. 
  4. Biarkan cat mengering selama 24 jam dan baru Anda bisa menggunakan material tersebut. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X