Kenali Dempul Kayu Warna Putih Cepat Kering Ini

Mengenal Dempul Kayu Warna Putih yang Cepat Kering

Dempul atau dalam dunia finishing kayu lebih dikenal dengan wood putty adalah produk yang digunakan untuk mengisi ketidaksempurnaan kayu seperti bekas lubang akibat rayap atau akibat paku.

Wood putty terbuat dari bahan campuran antara debu kayu dengan binder yang kering dan dapat dilarutkan dengan thinner. Jika Anda mengenal wood putty, seharusnya Anda juga akan mengenal produk wood filler. Produk ini juga sama-sama digunakan untuk memperbaiki cacat pada kayu.

Dempul kayu warna putih dan wood putty digunakan untuk finishing hasil akhir warna solid. Jika Anda ingin melakukan finishing pada furniture dengan warna merah, biru, hijau muda namun warna kayu aslinya gelap misalnya seperti warna kayu trembesi maka wood putty sangat diperlukan.

Menggunakan hanya lapisan primer saja untuk menutup warna dan serat kayu tidak akan cukup. Wood putty memberikan peranan penting dalam menutup warna kayu dan tampilan serat kayu. Tanpa menggunakan wood putty hasil finishing tentu akan terlihat samar-samar serta kayu yang bergaris. Jika hal tersebut terlihat maka akan merugikan Anda. konsumen Anda mungkin saja akan mengembalikan barang yang sudah dibeli dari Anda atau meminta Anda untuk melakukan finishing ulang.

Jenis kayu apapun membutuhkan wood putty terutama kayu yang memiliki banyak cacat seperti kayu lunak. Kayu lunak adalah jenis kayu yang paling mudah tergores karena permukaannya yang lunak. Pada posisi ini, wood putty akan berfungsi menutup lubang kayu, baik itu yang berukuran kecil maupun yang berukuran besar. Apabila terdapat lubang akibat rayap, agar menjadi padat Anda perlu mencampurkan wood putty dengan bubuk kayu yang lembut.

Kenali Dempul Kayu Warna Putih Cepat Kering Ini
Aplikasi wood putty penekanan dengan jari

Teknik aplikasi wood putty berbeda-beda tergantung dengan kerusakan yang terjadi pada kayu. Namun juga tidak menutup kemungkinan untuk diaplikasikan pada permukaan kayu yang datar dan merata. Wood putty dijual di pasaran dalam bentuk can, jika belum pernah dilihat sebelumnya bentuk yang benar adalah padat dan akan mengering setelah diaplikasikan.

Beberapa produk wood putty membutuhkan hardener sebelum diaplikasikan. Biasanya produk tersebut terbuat dari bahan solvent. Di dalam wood putty terdapat natural fiber yang akan menyesuaikan dengan berbagai jenis kayu. Inilah alasan wood putty dapat digunakan pada jenis kayu apapun.

Jika Anda tidak ingin repot dengan wood putty yang harus dicampur dengan hardener sebaiknya gunakan wood putty water based. Tidak perlu thinner dan juga hardener, Anda hanya perlu mencampurkan dengan air jika ingin menggunakannya lebih encer.

Produk Dempul Kayu Warna Putih

Ada banyak macam dempul kayu warna putih di pasaran. Anda bisa menggunakan Bioduco Wood Putty dengan warna putih yang akan menutup warna kayu dengan sempurna. Hasil finishing cepat selesai karena kecepatan kering dempul yang menakjubkan. Tanpa harus menunggu lama Anda bisa langsung melakukan pengamplasan.

Bioduco Wood Putty adalah produk water based sehingga tepat digunakan untuk berbagai jenis kayu apapun. Ketika diaplikasikan, bahan akan cepat mengering dan mengeras sehingga mengisi lubang dan cacat pada kayu dengan sempurna.

Warna putih yang dihasilkan Bioduco Wood Putty berbeda dengan cat warna putih merek lainnya. Warna dari Bioduco Wood Putty akan menutup serat dan warna kayu sehingga pekerjaan dari primer coat akan lebih ringan. Tidak perlu khawatir akan serat dan warna kayu yang nampak setelah dilapisi dengan warna solid.

Bioduco Wood Putty juga akan menyesuaikan bentuk atau ukuran kayu. Pasti Anda pernah mendengar cerita bahwa kayu akan berubah bentuk karena perubahan cuaca. Hal inilah yang biasanya membuat dempul kayu retak dan lubang pada kayu akan semakin membesar. Namun, Anda tidak perlu khawatir terjadi kerusakan pada kayu yang sudah diberi Bioduco Wood Putty. Tingkat kelenturannya akan menyesuaikan dengan ukuran atau bentuk kayu sehingga tidak perlu khawatir mengalami kerusakan.

Berikut cara aplikasi Bioduco Wood Putty pada kayu:

  1. Amplas seluruh permukaan kayu hingga merata, jika terdapat lubang pada kayu pastikan berapa kedalamannya dan usahakan sebaik mungkin untuk bisa mengamplas sampai bagian dalam. Langkah ini diperlukan untuk membuka pori kayu serta membersihkan lubang yang cacat. Jangan sampai terdapat kotoran dan debu yang menyumbat jadi setelah pengamplasan bersihkan debu dengan kain.
  2. Siapkan Bioduco Wood Putty, gunakan secukupnya pada sebuah wadah lain. Tutup kembali can untuk menghindari kotoran masuk mengotori sisa dempul.
  3. Gunakan cape atau pisau palet dan mulailah mengaplikasikan. Ambil Bioduco Wood Putty secukupnya untuk dapat digunakan menutup lubang pada kayu. Isi seluruh lubang kayu, apabila lubang terlalu dalam cobalah untuk tekan dengan jari sampai lubang terisi penuh.
  4. Setelah lubang terisi penuh, diamkan agar menjadi kering. Bioduco Wood Putty hanya membutuhkan 20 menit untuk kering. Lanjutkan dengan pengamplasan menggunakan amplas 240. Pengamplasan dilakukan sampai lubang tidak terlihat, permukaan juga menjadi lebih halus. Bersihkan debu amplas, kini furniture siap dilapisi oleh primer coat.

Tips Aplikasi Wood Putty dengan Mudah

Bagi pemula terdapat banyak tips yang bisa dipelajari agar hasil menggunakan wood putty pertama kali bisa langsung berhasil. Sering wood putty yang dihasilkan akan mengendap dan menimbulkan cekungan sehingga hasil finishing tidak merata. Kasus ini muncul karena pada saat pengisian lubang tidak penuh dengan wood putty.

Kenali Dempul Kayu Warna Putih Cepat Kering Ini
Aplikasi dempul dengan pisau pallet

Nah untuk menghindari kesalahan yang lain dalam penggunaan dempul kayu warna putih, berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti.

  • Menekan wood putty menggunakan jari dan ujung pisau palet pada tempat-tempat yang erdapat cekungan. Cara ini sangat penting pada bekas lubang yang cukup dalam. Dempul harus bisa masuk sampai pada dasar lubang. Jadi tidak perlu khawatir untuk memberikan dempul cukup banyak.
  • Sebelum dempul mengering dan setelah mengisi dempul pada lubang gunakan pisau palet untuk menghilangkan kelebihan dempul. Hal ini dilakukan agar dempul cepat kering dan lebih mudah dalam pengamplasan nantinya.
  • Lapisan atas wood putty water based harus menggunakan primer coat water based agar dapat melekat dengan baik. Jika Anda menggunakan primer coat solvent di atas wood putty water based maka lapisan primer tidak akan melekat dengan baik.
  • Anda bisa menggunakan Bioduco Wood Putty untuk mengaplikasikan ke seluruh permukaan. Jika Anda ingin menggunakannya cukup diencerkan dengan sedikit air kemudian usapkan pada seluruh permukaan kayu hingga merata.

Sangat mudah mengaplikasikan wood putty water based. Anda tidak perlu menjemur pada panas matahari langsung. Cukup diamkan pada ruangan dengan suhu udara yang kering dan sirkulasi udara yang baik. Pastikan ruangan memiliki jendela yang terbuka sehingga ruangan tidak lembab.

Bioduco Wood Pitty memberikan warna putih yang menutup warna kayu dan serat kayu. Anda akan cepat mengaplikasikan sehingga mendapat hasil finishing merata dan halus.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X