dempul kayu

Review 10 Merek Dempul Kayu Di Indonesia

Sebelum membeli dempul kayi, Anda perlu pertimbangkan kualitas dan harga dempul yang ada di Indonesia. Dapatkan review 10 merek dempul kayu dalam artikel berikut ini.

Dalam  proses finishing hasil yang rapi, halus dan juga rata adalah sesuatu yang mutlak harus didapatkan. Hasil finishing close pore ini membutuhkan produk dempul kayu yanag berkualitas. Jika Anda sudah mengenal tahapan finishing pasti sudah sering menggunakan produk dempul.

Fungsi dempul yang paling utama adalah untuk mengisi pori-pori kayu atau cacat tekstur pada kayu. Proses ini akan membuat furniture memiliki kayu yang sama rata. Ada dua yaitu dempul untuk warna natural transparan dan juga dempul untuk warna solid. Untuk jenis dempul yang memberikan hasil warna natural transparan Anda bisa menggunakan wood filler. Pilihan warna ini bisa Anda gunakan untuk warna-warna kayu seperti kayu jati, ramin, mahoni, kamper, dll. Hasil tampilan wood filler akan sesuai dengan warna kayu asli dan juga memperlihatkan serat kayu dengan baik.

Untuk dempul yang memberikan hasil warna solid tersedia dalam pilihan warna seperti warna putih atau abu-abu. Jenis dempul ini disebut dengan wood putty dan akan menutup warna kayu asli sehingga serat kayu tidak akan terlihat.

Pemilihan salah satu di antara kedua jenis dempul kayu ini jangan sampai salah apalagi terbalik. Misalnya Anda akan melakukan finishing hasil akhir warna solid tetapi menggunakan wood filler tentu saja hasil warna solid tidak akan terlihat dengan baik. Serat kayu dan warna kayu masih akan terlihat dan kemungkinan project Anda akan gagal. Sebaliknya, jika Anda akan melakukan finishing warna natural, sebaiknya hindari menggunakan wood putty.

Di Indonesia terdapat banyak sekali merek dempul kayu yang dijual di pasaran mulai dari merek yang kelas premium hingga produk dengan kelas menengah ke bawah. Untuk kualitas Anda tidak bisa melihat dari segi harga saja tetapi benar-benar harus melakukan uji coba produk.

10 Merek Dempul Kayu Di Pasaran

  1. Biovarnish Wood Filler

Produk dempul kayu Biovarnish Wood Filler merupakan salah satu produk unggulan Bio Industries. Terbuat dari bahan dasar air  membuat produk dempul ini aman dan ramah lingkungan. Kualitas yang diusung oleh dempul ini adalah kualitas premium dengan harga murah yaitu Rp 46.000,- per kalengnya dengan berat 1 kilogram. Warna yang disediakan oleh Biovarnish Wood Filler antara lain warna jati dan warna mahoni.

Proses aplikasi Biovarnis Wood Filler cukup mudah. Anda bisa menggunakan pisau palet untuk mengisi lubang pada kayu. Bisa juga mencampurkan Biovarnish Wood Filler dengan sedikit air lalu gunakan kain katun bersih dan kering kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan sambil ditekan.

  1. Bioduco Wood Putty

woodputtyDempul merupakan produk unggulan lainnya dari Bio Industries. Terbuat dari bahan dasar air sehingga aman dan ramah lingkungan. Harga dari Bioduco Wood Putty dibanderol Rp 46.000,- per kalengnya dengan berat 1 kilogram. Untuk cara aplikasi tidak jauh berbeda dengan Biovarnish Wood Filler. Anda bisa menggunakan pisau pallet atau dengan aplikasi bal menggunakan kain katun kering dan bersih.

  1. Aqua Wood Filler

Aqua Wood FillerDempul ini juga terbuat dari bahan dasar air dan diproduksi oleh Propan. Untuk cara aplikasinya bisa dengan kape atua pisau pallet ke seluruh bagain permukaan kayu terutama pada bagian yang berlubang. Lama kering dempul ini berkisar antara 45-60 menit baru bisa diamplas. Harga per kalengnya adalah Rp 28.500,-.

  1. Impra Wood Filler

impra-wood-fillerMasih produk Propan, Impra Wood Filler berbeda bahan dasarnya dengan Aqua Wood Filler. Impra Wood Filler terbuat dari nitrocellulose dan membutuhkan bahan pelarut solvent untuk proses aplikasinya. Keunggulan dari Impra Wood filler ini adalah mampu meresap warna wood stain dengan baik hanya saja bahannya tidak aman dan ramah lingkungan. Harga  satu kaleng Impra Wood Filler ada di kisaran Rp 39.000,-.

  1. Mowilex Wood Filler

Mowilex WoodstainMowilex Wood Filler terbuat dari bahan acrylic emulsion atau water based. Warna yang tersedia di antaranya warna jati dan warna kamper. Proses aplikasinya sama seperti dempul water based lainya. Anda bisa menggunakan pisau palet atau dengan teknik bal yang sebelumnya sudah dicampur dengan air sesuai ketentuan cara aplikasi pada kaleng. Mowilex Wood Filler dibanderol Rp 39.000,- per kalengnya.

  1. Bellazo Wood Filler

Belazo Wood FillerMasih dengan dempul berbahan dasar water based, Belazo Wood Filler ini termasuk aman dan tidak bau pada saat proses aplikasi. Belazo Wood filler hanya bisa diaplikasikan pada furniture indoor saja karena tidak tahan di bawah panas matahari terus menerus. Harga Belazo Wood Filler ini dibanderol Rp 40.000,- perkalengnya.

  1. Milan Wood Filler

Milan WoodfillerProduk ini tidak terbuat dari water based tetapi terbuat dari alkyd resin. Proses aplikasinya tidak berbeda jauh dengan produk dempul yang lainnya dan tersedia warna yang cukup lengkap yaitu warna jati, warna ramin, warna sungkai, warna kamper. Harga Milan Wood filler ini Rp 39.500,- per kalengnya.

  1. SanPolac

SanPolacProduk SanPolac adalah Wood Putty yang terkenal dengan dempul plastik. Hasil akhir dari SanPolac terlihat seperti plastik dan tidak memperlihatkan permukaan yang rata dan halus karena SanPolac cepat mengeras dan kering. Harga per kaleng SanPolac ada dikisaran Rp 35.000,-. Proses aplikasi SanPolac membutuhkan resin (hardener).

  1. Isamu

Produk Isamu tidak jauh berbeda dengan SanPolac hanya saja dalam proses aplikasinya tidak membutuhkan resin. Harga yang dikeluarkan pun cukup mahal yaitu Rp 50.000,- untuk kaleng kecil.

  1. RJ Wall Putty

RJ Wall PuttySesuai dengan namnya RJ Wall Putty adalah produk untuk dempul tembok atau atap tetapi juga bisa diaplikasikan pada kayu. Terbuat dari bahan Acrylic Copolymer Emulsion Putty, RJ Wall Putty dapat diaplikasikan pada furniture interior maupun eksterior. Untuk harga RJ Wall Putty dibanderol Rp 18.000,- per kilogramnya.

Tips Memilih Dempul Kayu Yang Berkualitas

Setelah mengetahui produk dempul yang ada di pasaranm Anda bisa menentukan pilihan untuk mendapakan produk dempul kayu yang berkualitas dengan harga yang sesuai bujet. Jika dilihat dari review di atas ada dua jenis dempul berdasarakan bahan pembuatnya yaitu water based dan solvent. Kedua bahan tersebut memiliki karakter yang berbeda. Dempul water based adalah produk yang aman dan ramah lingkungan, sebaliknya produk dempul solvent tidak aman dan tidak ramah lingkungan.

dempul kayu

Di bawah ini beberapa tips memilih dempul kayu yang berkualitas.

  1. Gunakan dempul sesuai fungsinya. Untuk hasil warna natural transparan gunakan wood filler ssedangkan untuk hasil warna solid gunakan wood putty.
  2. Dempul bagus bisa Anda tentukan dari daya tariknya. Dempul yang memiliki daya tarik panjang ketika diaplikasikan dengan pisau palet adalah yang terbaik. Ketika daya tariknya pendek dan muncul retakan maka dempul tersebut tidak berkualitas. Dempul ini biasanya tidak akan mampu merekat dengan baik pada permukaan kayu.
  3. Ketika dempul mengeluarkan bau yang menyengat tandanya banyak kandungan formalin di dalamnya. Hal ini juga berlaku pada dempul water based. Pilih dempul yang tidak mengeluarkan bau menyengat.
  4. Dempul yang cepat kering akan membantu mempercepat proses finishing serta menambah kapasitas produksi Anda. Dempul yang cepat kering tanpa panas matahari berarti dempul tersebut berkualitas.
  5. Ada dua ciri dempul yang mudah diamplas. Pertama, tidak berat, yang menandakan dempul tersebut merekat benar pada pori kayu. Kedua, dempul tidak peeling, manandakan dempul benar-benar mengisi pori-pori kayu sehingga Anda tidak akan boros pada penggunaan dempul.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X