Tips Finishing Meja Cafe Halus dengan Sanding Sealer BioColours

Tips Finishing Meja Cafe Halus dengan Sanding Sealer BioColours

Ingin mendapatkan meja cafe yang terlihat halus dan merata? tentu Anda harus menguasai teknik finishing yang tepat dan produk yang tepat. Apakah Anda pemula atau profesional bukanlah masalah.

Baik profesional atau pemula perbedaannya adalah seberapa lama telah berlatih. Pemula yang ingin melakukan finishing harus sering banyak belajar baik teori maupun praktek finishing. Sedangkan profesional akan banyak menghabiskan waktu untuk bereksplorasi pada bahan finishing.

Bukan tidak mungkin bag pemula untuk melakukan finishing dengan hasil yang maksimal seperti profesional. Apakah yang akan di finishing dan bagaimana cara mengaplikasikan bahan cat adalah hal penting yang harus dikuasai.

Jika ingin melakukan finishing belajar dahulu bagaimana cara untuk mendapatkan finishing yang halus. Contohnya pada furniture yang akan digunakan pada cafe. Seperti apakah furniture yang akan digunakan finishingnya?

Furniture Cafe perlu memenuhi beberapa hal berikut ini:

  • aman dan ramah lingkungan
  • permukaan yang halus dan merata
  • warna cat tidak berubah karena pemakaian
  • tahan terhadap goresan
  • tidak mudah menimbulkan bekas cap gelas
  • mudah dibersihkan

Jika furniture cafe membutuhkan hasil seperti yang telah dijelaskan tersebut, bagaimana Anda akan memenuhi finishingnya? Tentu saja pertama dengan memilih bahan finishing. Kedua adalah cara aplikasi yang tepat.

Memilih Bahan Finishing untuk Furniture Cafe

Seperti apakah bahan finishing yang dibutuhkan pada furniture cafe? Jika dilihat dari sifat aman dan ramah lingkungan maka cat yang dipilih sebaiknya terbuat dari bahan dasar air. Cat water based lebih rendah bahan organik dibandingkan dengan cat solvent.

Cat water based adalah jenis cat yang mudah diaplikasikan dan memberikan hasil transparan lebih tahan lama dibandingkan cat solvent. Produk BioColours adalah produk yang dibutuhkan untuk finishing furniture cafe.

Baca Juga:  Cara Menutup Pori Sebelum Aplikasi Cat Untuk Kayu dengan Warna Natural

BioColours sebagai produk water based memiliki peranan penting untuk menghasilkan furniture yang halus dan merata. Salah satu jenis produknya adalah sanding sealer sebagai cat dasar kayu.

Tuntutan hasil finishing yang halus membutuhkan peranan sanding sealer sebagai cat dasar kayu. Sanding sealer akan mengisi pori kayu dan juga memberikan permukaan kayu yang lebih halus. Sehingga menjanjikan hasil finishing terbaik.

Kapan harus mengaplikasikan sanding sealer? Sanding sealer dapat diaplikasikan antara dua lapisan cat. Pertama setelah proses aplikasi wood filler dan kedua setelah aplikasi wood stain atau sebelum top coat.

Tips Finishing Meja Cafe Halus dengan Sanding Sealer BioColours

Masing-masing finishing akan memberikan hasil finishing yang berbeda. Jika sanding sealer diaplikasikan setelah wood stain dan sebelum top coat aka hasil finishingnya akan terlihat sangat transparan. Sayangnya efek bleeding kayu bisa saja muncul karena pori kayu tidak ditutup terlebih dahulu.

Sedangkan apabila sanding sealer diaplikasikan di bawah lapisan wood stain maka hasilnya bisa lebih tahan lama and mempertajam warna wood stain. Efek bleeding kayu akan terhindar karena pori kayu telah ditutup sebelumnya.

Tentu saja sebagai pemula dianjurkan untuk mengaplikasikan sanding sealer BioColours sebagai cat dasar tepat sebelum aplikasi wood stain. Produk BioColours dapat diaplikasikan pada furniture outdoor.

Apabila Anda ingin menggunakannya sebagai finishing furniture cafe bertemakan outdoor maka produk ini sangat cocok. walaupun digunakan sebagai furniture outdoor, warna transparan yang diberikan akan tetap bertahan lama.

Hal ini disebabkan kandungan bahan organik berupa formalin yang memicu furniture untuk menguning berkurang. Tidak perlu khawatir lagi harus melakukan recoating kembali karena efek menguning akan memperburuk tampilan furniture beberapa bulan kemudian.

Bekerja dengan bahan finishing yang terbuat dari bahan air lebih meringankan para pekerja. Cat tidak mengeluarkan aroma yang memusingkan bahkan menimbulkan batuk seperti yang dialami ketika mengaplikasikan cat solvent.

Baca Juga:  Kayu Rengas : Pilihan Terbaik dalam Pembuatan Bar Stools Modern

Maka untuk segala furniture finishingnya tepat menggunakan produk BioColours. Produk ini tidak hanya terdiri dari sanding sealer dan juga wood filler, wood stain dan top coat.

Tips Aplikasi Sanding Sealer BioColours untuk Finishing

Kapan waktu yang tepat untuk aplikasi sanding sealer sudah dijelaskan yaitu sebelum aplikasi wood stain. Lalu bagaimana Anda bisa mengaplikasikan sanding sealer dengan benar pada meja cafe?

Jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing meja kayu yang merata dan halus maka ikuti tipsnya berikut ini:

  • Pastikan permukaan kayu telah di amplas

Sebelum Anda memulai menggunakan sanding sealer permukaan kayu harus merata, halus dan bersih. Ini adalah kunci keberhasilan mendapatkan hasil finishing yang merata dan halus. Permukaan meja sangat  mudah untuk di amplas karena permukaannya yang datar. Jangan lupa bagian tepi meja untuk di amplas.

Tips Finishing Meja Cafe Halus dengan Sanding Sealer BioColours

Gunakanlah amplas dari nomor kecil ke besar hingga berhenti di nomor 220. Jika Anda memiliki hand sander maka gunakanlah untuk mempersingkat pekerjaan. Pastikan proses pengamplasan seturut dengan serat kayu.

  • Aplikasikan lebih dari satu lapis

Untuk menghasilkan adhesi yang kuat Anda membutuhkan produk yang tepat. Namun cara aplikasi yang tepat juga diperlukan. Aplikasikan cat lebih dari satu lapisan. Anda bisa menggunakan dua hingga 3 lapisan.

Hanya saja setiap lapisan sanding sealer BioColours harus tipis. Banyaknya lapisan tipis yang membungkus eja akan membentuk perlindungan yang lebih kuat. Jangan khawatir soal waktu kering yang lama karena BioCOlours memiliki kecepatan kering tingg.

  • Jangan dijemur

Anda tidak boleh menjemur untuk proses pengeringan. Perlakuan berbeda harus diperhatikan karena Anda menggunakan cat berbasis air. Tidak seperti cat berbasis solvent yang membutuhkan panas matahari untuk kering.

Baca Juga:  Mengubah Tampilan Kabinet Dapur dengan Cat Duco Kayu

Cat berbasis air tidak kuat dengan panas matahari yang akan menggagalkan proses kering. Seluruh furniture yang telah dilapisi cat hanya perlu diletakkan dalam ruangan dengan suhu udara normal.

Pastikan juga terdapat sirkulasi udara yang baik dan ruangan yang bersih bebas debu. Jangan sampai ruangan penuh debu yang dapat menempel pada cat yang masing basah.

  • Gunakan jenis air yang tepat

Apakah air yang perlu digunakan? Air yang perlu digunakan tidak memiliki kadar asam yang tinggi. Kadar asam yang tinggi akan merusak bahan cat dan tidak akan menyatu bahkan mengering sempurna.

Jenis air yang digunakan adalah air biasa dengan PH tidak lebih dari 7. Pastikan Anda menggunakan air yang baru keluar dari keran dan tidak keruh dan mengandung kpapur. Zat kapur akan mengendap pada saat sanding sealer disemprotkan. Hasilnya juga akan memperkeruh finishing.

  • Open pore dan close pore

Ada dua finishing yang bisa Anda capai dengan sanding sealer yaitu open pore and close pore. Aplikasinya berbeda, pada finishing open pore Anda bisa mengaplikasikannya pada permukaan kayu langsung setelah di amplas.

Hasilnya adalah serat kayu akan terlihat lebih tajam karen pori kayu mash terbuka. Anda bahkan bisa langsung mengaplikasikan top coat doff untuk hasil yang lebih natural.

Pada finishing close pore Anda harus mengaplikasikannya setelah Anda meratakan wood filler. Kayu harus diisi porinya dengan wood filler sehingga memudahkan pewarnaan nantinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X