Ciptakan taman yang indah dengan cat kayu outdoor yang bagus

Tips Penting Membeli Cat Kayu Outdoor yang Bagus

Jangan asal beli cat. Apalagi untuk kayu yang diletakkan di luar ruangan (outdoor). Gunakanlah tips membeli cat kayu outdoor di bawah ini. Selain agar aplikasi pengecatan lebih mudah, Anda juga bisa menghemat banyak dana dan waktu.

Ciptakan taman yang indah dengan cat kayu outdoor yang bagus
Ciptakan taman yang indah dengan cat kayu outdoor yang bagus

Cat adalah produk yang bukan hanya dimaksudkan untuk mempercantik sebuah benda. Produk ini juga ditujukan untuk melindungi barang-barang seperti kayu dan konstruksi bangunan seperti dinding. Oleh karena itu pemilihan cat harus dilakukan tepat agar proteksi yang diberikan benar-benar optimal.

Salah satu jenis cat yang harus dipertimbangkan masak-masak ialah cat outdoor atau luar ruangan. Memperhatikan kualitas cat outdoor sangat penting karena jenis cat ini berhadapan langsung dengan faktor-faktor perusak seperti hujan, sinar matahari, organisme pembusuk, hingga perubahan suhu yang drastis.

Apalagi bila produk tersebut akan diaplikasikan pada kayu. Kayu sebagai material organik rentan mengalami kerusakan dibanding material lain. Dinding misalnya. Pasalnya, kayu mengandung bahan-bahan yang memungkinkan organisme seperti jamur tumbuh. Karena itu, perlindungan yang diberikan harus benar-benar optimal.

Berikut ini tips membeli cat kayu untuk outdoor yang kami rekomendasikan untuk Anda.

5 Tips Membeli Cat Kayu Outdoor

  • Jangan Beli Cat Kayu Indoor

Jangan sekali-kali menggunakan cat kayu indoor untuk kayu yang diletakkan di luar ruangan. Meski secara kasat sama saja, namun formulasi yang digunakan kedua jenis cat sangat berbeda. Formulasi cat kayu indoor secara spesifik hanya bisa memberikan perlindungan dari faktor merusak yang tak langsung. Ini beda dengan cat outdoor yang sudah dibuat sedemikian rupa agar tahan menghadapi siraman air hujan hingga sengatan mentari.

  • Jangan Menggunakan Varnish atau Pernis

Varnish atau pernis adalah jenis coating (cat) yang dimaksudkan untuk indoor. Produk ini hanya dibuat dari pewarna dye dan top coat. Tidak ada lapisan utama yang terdapat pada sistem pengecatan umum. Karena itulah, varnish tak terlalu bagus untuk mengecat kayu outdoor.

  • Manfaatkan Plitur atau Cat Enamel Orchid

Daripada menggunakan varnish, gunakanlah plitur atau cat enamel seperti orchid. Keduanya lebih tahan untuk kondisi luar rungan karena memang diformulasikan demikian.

  • Pilih yang Mengandung Pigmen, Bukan Dye

Dye lebih mudah rusak dibanding pigmen. Jadi pilihlah cat mengandung pigmen untuk keperluan luar ruangan. Jadi, keindahan bangku taman atau gazebo Anda bisa dinikmati jauh lebih lama.

  • Sebaiknya Gunakan Cat Water Based

Meski kebanyakan cat menggunakan pelarut solvent seperti thinner dan spiritus, ada baiknya Anda menghindarinya. Pasalnya, solvent menyebabkan lapisan film cat kaku /tidak fleksibel. Ini berbeda dengan cat water based (menggunakan pelarut air) yang lapisan film-nya sangat fleksibel.

Demikian tips membeli cat kayu outdoor yang kami rekomendasikan. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X