pilih cat kayu indoor yang bagus

Ini Dia Cat Kayu Indoor yang Bagus dan Aman

Apa saja kriteria cat kayu indoor yang bagus? Simak jabarannya di bawah ini agar Anda tak rugi!

pilih cat kayu indoor yang bagus
pilih cat kayu indoor yang bagus

Cat kayu indoor adalah cat untuk kayu yang diletakkan di dalam ruangan. Produk ini biasanya digunakan untuk mengecat perabot-perabot rumah tangga seperti almari, meja, dan kursi kayu. Ini jelas berbeda dengan cat kayu outdoor yang memiliki fungsi mengecat pagar, gazebo, hingga kayu-kayu yang diletakkan di luar bangunan lainnya. Karena perbedaan tersebut, formulasi kedua jenis cat juga berbeda. Secara umum, proteksi yang diberikan cat untuk indoor lebih lemah.

Meskipun demikian, membeli cat indoor tetap tak boleh dilakukan sembarangan. Pasalnya, biarpun secara umum, faktor yang dihadapi tak seekstrim cat untuk outdoor, tetap saja lingkungan indoor harus ditangani dengan tepat. Tantangan lain untuk membeli cat kayu indoor yang bagus adalah persoalan keamanan. Isu ini tak boleh disepelekan. Sebab, adanya zat beracun pada cat indoor akan langsung mengenai penghuni rumah dengan intensitas yang tinggi. Berikut ini saran kami untuk membeli cat kayu indoor yang bagus.

Kriteria Cat Kayu Indoor yang Bagus

  • Aman

Cat kayu indoor penting agar tak terjadi sick building syndrome
Cat kayu indoor penting agar tak terjadi sick building syndrome

Faktor keamanan harus jadi pertimbangan utama. Belilah cat indoor yang tak mengandung zat beracun seperti senyawa organik mudah menguap sehingga tak menyebabkan sick building syndrome (kondisi ruang tak sehat). Keberadaan senyawa tersebut terbukti bisa menyebabkan penurunan fungsi organ dalam dan kecerdasan secara berjangka. Biasanya, senyawa organik mudah menguap terdapat pada cat solvent (cat yang dilarutkan dengan spiritus atau thinner). Karena itu, belilah cat yang aman dari golongan water based (berpengencer air).

  • Khusus Indoor

Untuk lingkungan indoor, sebaiknya Anda mengutamakan cat indoor, bukannya outdoor. Tiap lingkungan baik itu indoor maupun outdoor memiliki tantangan tersendiri. Karena itu, membeli produk yang khusus diformulasikan untuk indoor harus diutamakan.

  • Awet

Belilah cat yang awet. Bila memungkinkan, pilih cat yang tak mudah rusak karena noda yang dibuat manusia. Misalnya noda kecap dan saus.

  • Warna Sesuai Selera

Faktor yang tak kalah penting harus Anda perhatikan adalah masalah warna. Pilihlah cat dengan warna sesuai selera Anda. Jangan takut bereksperimen dengan warna-warna tak biasa. Namun, sebaiknya Anda juga sudah memiliki gambaran yang bagus untuk warna yang diinginkan.

Baca Juga:  Pentingnya Penggunaan Cat Kayu Besi Terbaik

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X