Mau Tahu Cat Duco Bagus untuk Kayu MDF? Intip Disini

MDF (Medium Density Fiberboard) kini cukup banyak diminati dalam pembuatan furniture sebagai pengganti kayu solid yang kian hari harganya semakin melambung. MDF merupakan salah satu jenis kayu buatan yang harganya murah tetapi kualitasnya tidak begitu mengecewakan. Partikel kayu yang dipadatkan sangat kuat namun tetap ringan. 

Karena tampilannya yang tidak berserat seperti kayu solid, maka MDF lebih cocok untuk di finishing dengan warna-warna solid. Biasanya untuk finishing furniture dari kayu MDF, banyak memanfaatkan HPL (High Pressure Laminated). Sayangnya lapisan HPL ini harganya cukup mahal dan untuk mendapatkan kerapian cukup sulit. 

Selain itu, karena lapisan HPL harus dipasang menggunakan bahan perekat, jika tampilannya sudah mulai rusak maka Anda tidak bisa mengecatnya ulang. Berbeda jika menggunakan cat duco, dimana Anda bisa mengaplikasikan dengan mudah selain itu bisa diaplikasikan ulang. 

Apabila Anda mendapati tampilan MDF mulai bosan bisa mengaplikasikan dengan warna yang baru. Namun Anda harus mencari cat duco dengan kualitas terbaik. Pastikan dari segi aplikasi dan hasil tampilannya sesuai dengan kebutuhan. 

Bioduco, Cat Duco untuk Kayu Buatan Terbaik

Jika Anda mencari cat kayu yang terbaik harus memilih sesuai dengan kebutuhan. Walaupun cat bisa digunakan untuk jenis kayu apapun baik kayu buatan atau kayu solid ada beberapa bagian yang belum tentu sempurna. Misalnya saja Anda akan meletakkan furniture di dalam atau luar ruangan. Maka perlindungan dari cat duco yang diberikan berbeda. 

Anda harus membeli produk yang juga berbeda untuk masing-masing furniture. Karena hendak mengecat MDF, maka jenis produk yang disarankan adalah Bioduco. Cat water based ini adalah yang terbaik dan Anda bisa mengaplikasikannya dengan lebih mudah. 

Hasil tampilannya pun tidak akan mengecewakan dan juga perlindungan yang diberikan. MDF biasanya diletakkan di dalam ruangan karena tidak tahan dengan air, sehingga Bioduco akan memberikan warna yang sempurna dan memuaskan. 

Keunggulan Bioduco dalam Proses Aplikasi

Pada saat Anda memilih produk cat duco, maka cara aplikasi adalah yang pertama kali harus diperhatikan. Memang tidak semua produk cat bisa diaplikasikan dengan mudah. Rata- rata jika Anda ingin mendapatkan tampilan yang halus, maka alat semprot adalah pilihan yang terbaik. 

Begitu juga dengan Bioduco yang alat aplikasinya adalah spray gun. Anda bisa menggunakan berbagai jenis alat semprot dan kuasai tekniknya supaya hasil finishing halus. Nah untuk melihat apakah aplikasi dari Bioduco itu mudah, Anda bisa menyimak beberapa keuntungannya dalam aplikasi berikut ini:

  1. Kecepatan kering yang sangat baik dimana Anda tidak perlu menjemur di bawah sinar matahari secara langsung. Hanya dalam 60 menit setiap lapisan coating akan mengering dengan cepat. 
  2. Tidak menimbulkan sagging asalkan Anda mendapatkan viskositas cat yang tepat. Hanya dengan mengukur menggunakan alat NK2 dengan kecepatan 11-12 detik. cat tidak akan sagging ketika disemprotkan. 
  3. Cat yang mudah larut tidak perlu menunggu lama ketika Anda mengaplikasikan. Larutan cat juga tidak mudah mengendap seperti cat dengan pigmen lainnya. 
  4. Karena menggunakan bahan pelarut air, maka Anda akan lebih hemat dalam menggunakan produk. 

Keuntungan lain yang bisa dilihat dari bahan pelarut air adalah cat tidak menimbulkan bau. Jadi selama proses aplikasi Anda tidak akan terhambat soal bau yang menyebar ke seluruh udara. 

Keunggulan Bioduco dalam Tampilannya

Selain proses aplikasi yang mudah, ada juga keunggulan dari segi tampilan. Banyak orang memilih cat karena hasil tampilannya yang lebih menarik. Warna menjadi tujuan utama sebelum melihat kelebihan dari proses aplikasinya. 

Apa saja kelebihan dari segi tampilan yang diberikan oleh Bioduco? Berikut ini macam-macam keuntungan yang akan Anda dapatkan. 

  1. Tampilan warnanya yang solid ini memiliki daya tutup yang sangat baik. Anda bisa mendapatkan daya tutup tinggi setelah mengaplikasikan 2 hingga 3 kali lapisan. 
  2. Warna yang cerah serta tajam bisa Anda dapatkan pada MDF tanpa harus khawatir warna kayu asli terlihat. Hal ini juga bisa diterapkan pada kayu solid. 
  3. Ada banyak pilihan warna seperti warna solid dan juga keemasan. Total pilihan warna ada 24 yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. 
  4. Daya rekatnya sangat tinggi sehingga Anda tak perlu khawatir soal masalah warna yang luntur. 

Pada hasil akhir setelah Anda mengaplikasikan top coat maka tampilan yang didapatkan bisa beragam. Anda bisa memiliki MDF dengan tampilan gloss atau mate. 

Cara Mengaplikasikan Bioduco pada Kayu MDF

Sebagai lapisan cat duco terbaik, Anda bisa menggunakan empat rangkaian produk Bioduco. Mulai dari wood putty atau dempul, cat primer, cat duco, dan top coat. Empat rangkaian produk ini wajib diaplikasikan jika Anda menghendaki hasil tampilan warna halus dan tertutup sempurna. 

Penggunaan produk bisa lebih bervariasi jika Anda ingin mendapatkan tampilan lain seperti vintage, shabby chic, antik atau rustik. Nah untuk proses aplikasi halus dan tertutup rapi adalah dasar yang bisa dipelajari terlebih dahulu. Berikut ini langkah aplikasi yang bisa dipelajari. 

Mengaplikasikan Bioduco Wood Putty

Dempul tujuannya adalah memperbaiki kerusakan pada kayu. Walaupun MDF kelihatan halus, namun juga banyak rongga yang harus ditutup dengan Bioduco wood putty. Proses aplikasinya pun tidak sulit yaitu pertama amplas MDF dengan amplas 220. Baru bersihkan debu kayu bekas pengamplasan. 

Ratakan langsung wood putty menggunakan scrape dan pastikan permukaan tertutup sempurna. Diamkan selama 20 menit dan amplas, gunakan amplas 240 hingga permukaan lebih halus. Bersihkan debu amplas dengan kain yang kering. 

Mengaplikasikan Bioduco Wood Primer

Primer berfungsi untuk menutup warna kayu dan mempertajam warna duco. Anda bisa menggunakan Bioduco primer white untuk diaplikasikan sesudah wood putty. Cara aplikasinya adalah sebagai berikut ini:

  1. Bersihkan kayu MDF dengan kain kering. 
  2. Campurkan primer dengan air dan aduk merata. Semprotkan merata ke seluruh permukaan kayu. 
  3. Diamkan primer kering selama 60 menit tanpa dijemur dan lanjutkan ke pengamplasan. 
  4. Amplas permukaannya dengan amplas 400 secara ambang. 
  5. Bersihkan debu amplas dan ulangi aplikasi primer sehingga berubah menjadi warna putih yang menutup. 

Mengaplikasikan Bioduco Solid Color

Anda harus memilih terlebih dahulu warna yang diinginkan. Karena MDF sudah diaplikasikan primer maka akan lebih mudah warna Bioduco untuk muncul dalam dua kali aplikasi. Cara mengecatnya adalah sebagai berikut:

  1. Bersihkan MDF yang sudah kering dengan kain. 
  2. Campurkan Bioduco solid color warna pilihan dengan air hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik NK2. 
  3. Semprotkan merata ke seluruh permukaan kayu MDF. 
  4. Tunggu kering tanpa dijemur selama 60 menit kemudian amplas ambang. Gunakan amplas 400 yang baru. 
  5. Bersihkan debu amplas dan lihat warnanya, jika lapisan pertama sudah tajam Anda tak perlu mengulangi aplikasinya. 

Mengaplikasikan Bioduco Top Coat

Lapisan terakhir adalah top coat yang akan membentuk permukaan film. Warnanya transparan tetapi memiliki tingkat glossy tertentu yang bisa dipilih. Cara mengaplikasikannya adalah sebagai berikut:

  1. Larutkan top coat hingga mendapatkan viskositas yang sama. 
  2. Semprotkan merata ke permukaan MDF kemudian tunggu kering selama semalaman. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X