Memilih Cat Primer Kayu yang Tepat untuk Finishing

Memilih Cat Primer Kayu yang Tepat untuk Finishing

Pernahkah Anda menggunakan cat duco kayu tanpa melapisi dengan primer? Apakah hasil yang didapatkan? Pasti warna kayu dan juga seratnya masih terlihat. Hasil tersebut bukan salah dari cat duco namun karena Anda kurang mengaplikasikan primer coat.

Apa itu primer coat? Bagaimana memilih dan mengaplikasikannya? Selama Anda akan mengaplikasikan cat dengan hasil warna solid maka Anda membutuhkan cat primer. Baik itu kayu, bambu, rotan hingga dinding plester membutuhkan primer.

Primer merupakan cat dasar kayu yang akan membuat permukaan kayu menjadi lebih halus dan merata. Tidak hanya itu saja warna kayu dan seratnya akan tertutup sehingga aplikasi cat duco akan menjadi lebih tajam.

Mengaplikasikan primer dengan cara yang salah juga bisa memberikan kekecewaan khususnya pada furniture dengan kayu pinus. Memberikan banyak lapisan primer pada kayu pinus bisa menjadi kesalahan dan Anda akan mendapatkan hasil yang mengecewakan.

Tujuan dari menggunakan cat primer kayu bukan hanya untuk menghasilan finishing warna solid dan juga terdapat alasan lainnya. Primer berbeda dengan lapisan cat di atasnya karena memiliki solid content yang sangat tinggi. Primer akan mengisi pori kayu dan membuat hasil finishing menjadi lebih halus dan merata.

Pada saat Anda mengaplikasikan primer pada kayu pinus maka bleeding atau minyak pada mata kayu pinus bisa saja naik. Apalagi jika Anda langsung mengaplikasikan cat duco dan wood stain maka pori kayu pinus yang berukuran lebih besar akan meresap cat terlalu cepat.

Memilih Cat Primer Kayu yang Tepat untuk Finishing
Aplikasi primer dengan alat semprot

Akibatnya minyak kayu akan naik dan menimbulkan blok pada kayu. Apabila minyak kayu pada mata kayu pinus sudah muncul maka tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya. Inilah sebabnya Anda harus memilih jenis primer kayu yang tepat agar tidak terjadi bleeding pada jenis kayu apapun khususnya pinus.

Baca Juga:  7 Langkah Menciptakan Furniture Tampak Tua

Cat Primer Kayu Terbaik yang Harus Dipilih

Mengecat adalah kegiatan yang menyenangkan apalagi jika hasil yang diberikan sangat memuaskan. Mendapatkan hasil yang memuaskan bisa dimulai dari pemilihan cat primer kayu yang tepat. Apakah Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan tergantung dengan primer yang digunakan.

Apa saja ciri dari primer kayu yang terbaik? Berikut ini ciri yang bisa menjadi bahan pertimbangan ketika sedang memilih primer kayu.

  • Memiliki kandungan anti jamur

Apapun jenis furniture kayu yang akan dilapisi cat kayu, pastikan primer yang akan digunakan mengandung bahan anti jamur. Khususnya jika Anda akan menggunakannya pada furniture kayu outdoor. Bahan anti jamur ini akan membunuh dan mencegah rayap yang akan merusak substrat kayu dari dalam dan luar.

  • Primer yang cocok dengan cat duco

Apabila Anda akan menambahkan lapisan cat kayu di atas primer misalnya cat duco maka pastikan cat terbuat dari bahan yang sama. Jika Anda menggunakan cat water based gunakan kedua produk yang sama-sama terbuat dari air. Sebaliknya jika terbuat dari solvent pastikan gunakan primer and cat duco yang terbuat dari solvent.

Cat duco yang diaplikasikan di atas primer coat water based tidak dapat menempel karena air dan solvent tidak dapat menyatu.

  • Pastikan kandungan voc rendah

Tahukah Anda bahwa cat primer juga mengandung bahan organik atau voc (volatile organic compound yang tinggi)? Bahan ini sangat berbahaya jika menguap dan dihirup oleh manusia. Ketika mengering cat akan menguap dan bisa menjadi polusi udara di dalam ruangan.

Pastikan cat yang digunakan tidak memiliki kandungan organik yang tinggi. Biasanya cat ini adalah cat water based, perhatikan juga apakah cat mengikuti regulasi keamanan untuk bahan kimia.

  • Pilihlah cat dengan harga yang mahal
Baca Juga:  Pemanfaatan Limbah Kayu Jati Menjadi Furnitur Lebaran

Di antara banyak primer pasti ada kesamaan di antara mereka. Apabila Anda menemukan banyak kesamaan, maka pilihlah cat primer dengan harga paling mahal sesuai dengan budget yang Anda miliki. Ketika memilih cat primer maka kamu akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan uang yang dikeluarkan.

Khususnya bagi pemula yang ingin mendapatkan hasil finishing terbaik. Cat kayu primer dengan harga mahal akan memberikan hasil finishing terbaik dan maksimal.

Produk primer coat yang sesuai untuk Anda pemula maupun profesional adalah BioColours primer coat. Cat kayu ini terbuat dari bahan dasar air sehingga tidak akan mengangkat minyak kayu. Cat kayu BioColours adalah produk yang paling mudah digunakan dan memberikan hasil terbaik.

Kunci Utama untuk Mendapatkan Hasil Finishing Primer Terbaik

Kini cat primer terbaik sudah ada di tangan Anda, selanjutnya adalah bagaimana cara menggunakannya dengan benar. Semua produk primer selalu memiliki cara pemakaian yang dijelaskan pada kemasan kaleng. Cara paling mudah adalah mengikuti cara yang tertera pada kemasan tersebut.

Memilih Cat Primer Kayu yang Tepat untuk Finishing
Menyemprotkan furniture dengan primer coat

Pastikan sebelum mengaplikasikan Anda membaca cara penggunaan terlebih dahulu. Cermati berapa jumlah bahan pelarut yang digunakan, alat apa yang seharusnya digunakan untuk aplikasi dan berapa lama waktu kering dibutuhkan.

Jika cara aplikasi sudah dipahami lanjutkan dengan persiapan permukaan furniture. Primer akan bekerja dengan maksimal jika bahan pelarut yang digunakan dicampur dengan benar. Teknik aplikasi yang digunakan sebelum mengecat harus dipahami terlebih dahulu.

Cara aplikasi paling mudah adalah menggunakan alat semprot, namun Anda harus menggunakan beberapa lapisan cat untuk mendapatkan permukaan yang tertutup, rata dan halus. Mengecat dengan kuas membutuhkan waktu yang lebih lama dan teknik yang tepat karena resiko munculnya brush mark sangat tinggi.

Baca Juga:  Home Decor Bambu Dengan Cat Kayu Mengkilap

Sudah siap dengan produk cat, alat dan teknik aplikasi? Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hasil finishing terbaik.

  • Amplas seluruh permukaan kayu dengan amplas 220 grit. Jika permukaan masih kasar gunakan amplas memulai 150 grit dan beralih ke 220. Bersihkan permukaan kayu dengan kain selesai pengamplasan.
  • Lanjutkan dengan mencampurkan BioColours primer coat ke dalam gelas plastik. Masukan air perlahan hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik menggunakan NK2. Bagi yang tidak memiliki alat takaran yang mendekati adalah 2:1.
  • Masukan larutan ke dalam tabung spray sebanyak ¾ lalu tutup. Semprotkan cat primer ke permukaan kayu dengan jarak 15 hingga 20 cm. Semprotkan mulai dari arah atas ke bawah hingga merata. Lalu lanjutkan dari kanan ke kiri, teknik ini dilakukan agar cat masuk ke dalam pori.
  • Tunggu lapisan cat kayu kering kurang lebih 60 menit. Jika sudah kering amplas permukaan kayu secara ambang dengan amplas 400 grit. Bersihkan debu bekas pengamplasan kemudian.
  • Aplikasikan primer coat sekali lagi jika warna dan serat kayu masih terlihat. Lanjutkan dengan cara yang sama. Apabila sudah kering dan di amplas ambang furniture kayu sudah siap diaplikasikan cat warna di atasnya.

Aplikasi cat kayu BioColours paling mudah dan tidak akan menimbulkan blocking atau bleeding. Cat cepat mengering membuat pekerjaan finishing kayu lebih cepat dan mudah. Bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil finishing terbaik gunakanlah BioColours primer coat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X