Finishing Kayu Dengan Melamin Kurang Efektif, Lakukan Langkah Tepat Ini

Finishing Kayu Dengan Melamin Kurang Efektif, Lakukan Langkah Tepat Ini

Melakukan finsihing pada furnitur kayu adalah sebuah keharusan, masalahnya  apakah Anda sudah memilih bahan finishing yang tepat? Jangan-jangan ternyata selama ini Anda sudah salah menggunakankan bahan finishing. Bagi Anda para DIY ataupun bekerja di industri furnitur, memilih bahan finishing bukanlah suatu hal yang remeh.

Harga dan kualitas bahan finishing selalu menjadi pertimbangan yang utama dalam memilih bahan finsihing. Selama bertahun-tahun kebanyakan di industri furnitur cat melamin digunakan sebagai pelindung furnitur sekaligus pemberi penampilan mengkilap yang sangat diandalkan. Namun apakah pengecatan furnitur  menggunakan melamin sudah efektif?

Jika Anda menggunakan sebuah cat maka Anda perlu mengetahui bagaimana ketahanan, kekuatan dan juga kemudahan aplikasinya. Ini menjadi faktor penting selain harga yang dipertaruhkan. Nah apakah penggunaan cat melamin Anda sudah tepat?

Finishing Melamin Kurang Efektif

Tahukah Anda bahwa penggunaan cat melamin di beberapa negara seperti Eropa dan juga Amerika sudah dilarang? Penggunaannya dilarang karena banyak sebab dan alasan. Bahkan tidak hanya penggunaan di negara tersebut, produk impor yang berasal dari Indonesia berupa furnitur juga dilarang menggunakan melamin.

Finishing Kayu Dengan Melamin Kurang Efektif, Lakukan Langkah Tepat IniPelarangan tentu saja bukan tanpa sebab. Efektifitas dari penggunaan cat melamin yang menurun membuat lapisan yang terbentuk sangat dilarang. Berikut ini kurang efektifnya cat melamin di mata dunia:

  1. Tidak aman

Dalam satu liter cat melamin, terdapat banyak sekali logam berat yang terkandung, ketika Anda menggunakan melamin Anda bisa merasakannya. Apakah Anda menggunakan cat melamin dan merasakan pedas di mata? Meraskaan sakit tenggorokan? Mencium aroma yang sangat keras bahkan menyengat? Masalah tersebut muncul karena adanya kandungan logam berat seperti fomalin.

Kandungan tersebut jika dibiarkan dan melakukan penguapan ketika cat mengering akan menimbulkan polusi di udara, bahkan proses penguapan ini tidak hanya dapat terjadi semalam bisa terjadi hingga beberapa bulan walaupun furnitur terlihat sudah sangat kering.

Baca Juga:  5 Cara Memilih Cat Kayu yang Bagus untuk Finishing Warna Solid

Penggunaan bahan logam berat sangat dilarang untuk furnitur, di luar negeri bahkan telah dibuat regulasi dalam penggunaan logam berat dimana melamin tida lolos uji coba. Oleh karena melamin tidak diperkenankan untuk digunakan di pada furnitur.

  1. Tidak dapat digunakan di luar ruangan

Melamin memiliki lapisan yang tebal, namun lapisan tersebut tidak membuat cat melamin dapat digunakan pada furnitur luar ruangan. Perlindungan yang diberikan tidak sekuat seperti poliuretan. Ketika Anda menggunakan cat melamin Anda hanya bisa menggunakannya pada furnitur dalam ruangan.

Ada banyak masalah yang timbul ketika menggunakan melamin sebagai furnitur dalam ruangan. Lapisan transparan yang muncul lama kelamaan akan berubah menjadi kuning. Warna kuning muncul akibat kandungan formalin yang sangat tinggi.

Ketahanan melamin terhadap panas sangat rendah, akan sangat mungkin jika furnitur yang muncul akan berubah menjadi retak dan rusak.

  1. Mahal dengan dua komponen

Melamin termasuk jenis cat solvent dengan dua komponen. Zat pembentuk dari melamin adalah binder dan hardener, tanpa adanya hardener Anda tidak dapat mengeraskan lapisan cat. Kedua komponen tersebut harus dicampurkan sebelum Anda menggunakan bahan pelarut thinner.

Harga dari cat melamin sangat mahal belum lagi Anda harus membeli thinner. Sekilas thinner memiliki harga yang murah namun jika Anda menggunakannya tersu menerus bbutuh cairan yang sangat banyak. Ini dikarenakan thinner adalah zat yang sangat mudah menguap.

  1. Proses aplikasi sulit

Mengaplikasikan melamin buknlah suatu hal yang mudah. Selain Anda harus mencampur dua komponen dengan thinner Anda juga harus mengaplikasikannya hanya menggunakan spray system. Tingkat gloss yang tinggi membuat Anda harus mengaplikasikan dengan alat yang menghasilkan penampilan sangat rata. Jika ada brush mark akan mengurangi tingkat kilap.

Baca Juga:  Finishing Kayu Kelapa Tidak Harus Sulit, Lihat Di Sini!

Anda juga harus mengaplikasikan di luar ruangan dengan cuaca panas. Seperti yang telah disebutkan bahwa penguapan cat melamin dan bau dari cat sangat menyengat. Bayangkan saja jika Anda tetap menggunakan cat melamin pada ruangan tertutup maka akan sangat berbahaya.

Cat melamin juga hanya dapat mengeras dan menguap dalam cuaca panas. Terik matahari akan mepercepat thinner untuk menguap dengan sempurna. Jika mengecat dalam keadaan mendung maka hanya akan menimbulkan efek mengembun.

Langkah Efektif Finishing Furnitur Bukan Melamin

Dengan banyak alasan tersebut maka Anda tidak disarankan untuk menggunakan cat melamin lagi. Anda harus mencari alternatif lain yang lebih aman, lebih mudah aplikasinya, lebih murah dan juga dapat digunakan pada furnitur apa saja.

Anda perlu mencoba cat kayu water based yang saat ini banyak dikembangkan di Indonesia. Cat kayu water based adalah cat yang mengandung logam berat sangat rendah bahkan di bawah regulasi luar negeri yang ditetapkan.

Anda tidak perlu khawatir dalam penggunaannya dan tidak akan berefek pada kesehatan. Bisa Anda buktikan kerika menggunakannya. Cat kayu water based dapat digunakan pada furnitur apapun baik di dalam maupun di luar ruangan karena lapisan film yang dihasilkan sangat kuat bahkan transparansi yang bertahan lama.

Finishing Kayu Dengan Melamin Kurang Efektif, Lakukan Langkah Tepat IniBahan pelarut yang digunakan adalah air sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan uang yang harus Anda keluarkan untuk membeli thinner. Terkahir adalah Anda bisa menggunakan alat aplikasi apa saja, dimana saja dan juga kapan saja.

Cat kayu water based sangat mudah kering tanpa bantuan panas matahari. Alat aplikasi yang digunakan sangat bervariasi mulai dari kuas hingga spray gun. Berikut ini langkah-langkah aplikasi cat water based yang bisa Anda lakukan:

  1. Siapkan material kayu yang sudah diamplas sekaligus kering agar Anda tidak bermasalah dengan jamur. Permukaan yang sudah diamplas dan rata tentu akan membuat Anda menjadi lebih mudah untuk mendapatkan hasil rata dan mengkilap.
  2. Siapkan larutan cat water based lalu campurkan dengan sedikit air. Gunakan alat aplikasi yang Anda miliki baik itu kuas maupun spray gun. Aplikasikan searah serat kayu jika menggunakan kuas. Aplikasikan secara rata dan tunggu cat mengering.
  3. Proses pengeringan tidak perlu untuk dijemur Anda bisa mendiamkan furnitur di ruangan dengan ventilasi udara yang baik. Lalu amplas ambang lapisan cat dengan amplas 400. Hilangkan debu amplas. Jika Anda ingin mengaplikasikan kembali maka aplikasikan satu lapis dan tunggu mengering selama 24 jam.
Baca Juga:  Apakah Pernis Kayu Water Based Tepat untuk Meja Dapur?

Salah satu produk yang direkomendasikan untuk Anda menggantikan cat melamin adalah Biovarnish Clear Coat. Produk ini akan membantu Anda mengatasi kurang efektifnya cat melamin yang selama Anda gunakan. Warna transparan yang diberikan akan jauh lebih tahan lama bisa mencapai lebih dari tiga tahun tanpa ada perubahan menguning seperti cat melamin.

Clear coat Biovarnish bahkan sangat cocok digunakan oleh pada furnitur dalam dan luar ruangan. Apakah Anda ingin menggunakan cat kayu Biovarnish sebagai pengganti melamin yang sangat berbehaya? Jika Anda ingin mendapatkan produk ini sekarang juga langsung hubungi layanan costumer dalam situs ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X