Apa Jenis Kayu Terbaik untuk Kursi Kayu Outdoor?

Apakah Jenis Kayu Terbaik untuk Kursi Kayu Outdoor?

Kursi kayu menambah dekorasi akhir yang sempurna untuk halaman yang indah. Di ujung jalan berliku-liku atau di bawah pohon favorit, bangku yang nyaman menyediakan tempat untuk duduk dan merenungkan alam, untuk melepaskan diri dari tekanan kehidupan sehari-hari.

Meskipun kursi kayu dan furnitur luar ruangan lainnya dapat dibuat dari berbagai bahan, sulit mengalahkan kayu alami untuk kehangatan dan keindahan yang diberikan. Saat menggunakan kayu untuk perabotan luar penting untuk memilih kayu yang tahan lama dan tahan cuaca.

Jadi kayu mana yang harus Anda pilih untuk bangku taman Anda? Berikut ini adalah beberapa kayu alami yang paling tahan lama dan menarik yang tersedia.

  • Akasia

Bagi mereka yang peduli tentang keberlanjutan dan hidup ramah lingkungan, akasia membuat pilihan yang baik. Pohon akasia tumbuh melimpah di banyak wilayah di dunia, bahwa mereka sering dianggap sebagai spesies invasif.

Akasia adalah kayu keras yang kuat dan tahan lama yang dapat menahan unsur-unsur. Ini sering digunakan dalam pembangunan kapal.

Akasia yang diberikan lapisan perns atau plitur berfungsi untuk meningkatkan dan melestarikan warna coklat keemasan yang kaya akan kayu. Jika dibiarkan tidak difinishing, akasia harus dipesan untuk dek atau furnitur teras, karena kontak konstan dengan tanah lembab di taman dapat menyebabkan kayu menjadi menyusut.

Resin di kayu cedar membuat kayu ini tahan terhadap serangga dan membusuk. Cedar adalah kayu ringan, menjadikannya pilihan yang sempurna jika Anda berencana untuk memindahkan atau mengatur ulang kursi kayu luar ruangan Anda dengan sering.

Cedar juga merupakan pilihan yang baik jika Anda ingin bangku Anda untuk mencocokkan rumah Anda atau perabotan lain, karena cat dan pernis dengan baik. Bahkan, pembersihan dan pengecatan cedar setiap tahun dianjurkan, karena pori kayu lunak menjadi kasar seiring waktu jika tidak ditangani.

Baca Juga:  4 Hal yang Wajib untuk Furniture Vintage

Ditinggalkan dalam keadaan alami, cedar menghasilkan warna abu-abu keperakan yang elegan dari waktu ke waktu. Ingatlah bahwa cedar agak lunak, sehingga akan melekuk dan mencakar lebih mudah daripada kayu keras seperti shorea atau jati. Paradoksnya, karena cedar mempertahankan kelembaban, bukannya mengering, ia lebih tahan terhadap keretakan daripada banyak kayu lainnya.

  • Cypress

Apa Jenis Kayu Terbaik untuk Kursi Kayu Outdoor?Kayu Cypress mengandung pengawet alami yang bersifat membusuk dan tahan serangga. Cypress mampu menahan unsur-unsur tanpa akhir apapun, meskipun lapisan minyak berkala akan membuat kayu tampak segar lebih lama.

Seperti cedar, cypress menghasilkan warna abu-abu perak dari waktu ke waktu ketika tersisa belum selesai. Cypress juga merupakan kayu yang sangat stabil, dengan sedikit menyusut atau membengkak sepanjang musim yang berubah.

Sementara cypress adalah pilihan yang baik untuk kursi kayu luar ruangan, mungkin agak sulit untuk menemukan karena kelangkaan pohon dewasa.

  • Redwood

Kayu dari sequoia yang megah bukanlah pilihan yang baik untuk orang yang berpikiran ekologis, karena pohon redwood tumbuh dengan lambat dan pasokannya terbatas. Namun, banyak atribut kayu yang bagus memastikan bahwa redwood akan selalu digunakan untuk furnitur luar ruangan selama tegakan yang bisa dipanen dari pohon-pohon yang megah ini tetap ada.

Redwood tahan lama dan tumbuh dengan baik, dan juga tahan terhadap pembusukan dan serangga. Di antara atribut paling redwood adalah stabilitas dan kecenderungan untuk tidak menyusut atau melengkung.

Seperti cedar, redwood relatif lunak, menempatkannya pada risiko penyok dan goresan. Keindahan coklat redwood yang dalam dapat dilindungi dan ditingkatkan dengan lapisan sealer yang bening. Jika dibiarkan tidak difinishing, redwood bisa menimbulkan kotoran pada pemiliknya dengan menodai pakaian dengan tanin alami yang memberikan nama pohonnya.

  • Shorea
Baca Juga:  Softwood Membutuhkan Pemutih Kayu Aman WA 250

Shorea adalah nama genus untuk hampir 200 spesies pohon. Beberapa nama yang lebih umum termasuk Meranti, Lauan, Balau, dan mahoni Filipina.

Meskipun tumbuh di hutan hujan Asia, Shorea sedang dalam perjalanan untuk menjadi kayu yang lestari, karena fakta bahwa panen sangat diatur. Shorea berbagi banyak mengantikan furnitur yang terbuat dari jati sementara umumnya lebih murah.

Shorea adalah kayu keras yang tahan lama, padat, dan keras yang menahan baik di bawah perlakuan kasar penggunaan sehari-hari dan cuaca buruk. Shorea kayu juga tahan terhadap kedua serangga dan membusuk.

Jika kursi kayu di luar ruangan sendiri, warna patina shorea memudar dari emas menjadi abu-abu dari waktu ke waktu. Cahaya muda kayunya dapat dipertahankan dengan memperlakukannya setiap tahun dengan minyak dari sepupunya yang lebih mahal, jati.

  • Kayu jati

Apa Jenis Kayu Terbaik untuk Kursi Kayu Outdoor?Jati memiliki semua atribut yang bisa diharapkan dalam kayu yang digunakan untuk perabotan luar ruangan. Ini tahan pembusukan, tahan air, tidak menyusut atau membengkak, usia baik, dan sangat kuat.

Rahasia jati terletak pada pori kayu dan minyak alami yang ketat. Minyak jati akan memberikan penampilan yang diperlukan untuk mempertahankan kilau keemasan kayu yang indah.

Setelah diganggu oleh isu-isu keberlanjutan, karena kesalahan informasi bahwa jati pertumbuhan yang lama adalah yang paling diinginkan, kebanyakan mebel jati di dunia barat sekarang berasal dari perkebunan yang dikelola dengan hati-hati. Keunggulan kayu jati untuk membuat kursi kayu luar ruangan tercermin dalam harga yang tinggi.

Saat membeli kayu untuk proyek luar atau furnitur yang akan digunakan di luar ruangan, penting untuk diingat bahwa empulur berwarna lebih gelap, yang ditemukan di dekat pusat pohon, jauh lebih mudah busuk daripada gubal yang lebih ringan. Kapan pun memungkinkan, tentukan bahan “semua hati” untuk bangku taman atau kayu yang digunakan untuk proyek luar ruang.

Baca Juga:  5 Jenis Ukir Mebel Jepara untuk Ciptakan Ruang Lebih Estetik

Memilih jenis kayu yang tepat untuk perabotan luar Anda pada awalnya adalah masalah prioritas. Setelah Anda menentukan keseimbangan antara umur panjang, keberlanjutan, dan anggaran; maka saatnya untuk membiarkan estetika mengambil alih. Karena selain tahan lama, bangku taman juga harus cantik.

Kecantikan dari kursi kayu adalah ranah dari bahan finishing. Bagaimana Anda akan tetap membiarkannya memiliki warna asli dan juga memperlihatkan serat bsa lebh tahan lama? Tentu saja pemilihan bahan finishing yang tepat akan sangat membantu. Jika Anda tidak memilih bahan finishing dengan tepat akan sangat sulit untuk membuat kayu menjadi berpenampilan menarik.

Salah satu bahan cat transparan yang dibutuhkan adalah produk Biothane. Produk ini terbuat dari bahan polyuretahane yang mampun memberikan perlindungan lebih tahan cuaca pada kursi kayu di taman rumah Anda. Semakin Anda sering melapisinya maka lapisan film yang terbentuk akan semakin kuat dan tahan lama.

Sebelum Anda mengaplikasikan Biothane sebaiknya gunakan BioColours sanding sealer yang akan membuat lapisan dasar dan menutup pori kayu dengan baik sebelum melapisinya dengan top coat. Bahan pelarut air akan membuat Anda lebih murah dan tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk finishing yang tahan lama. Jika Anda membutuhkannya Anda bisa mengulangi aplikasi setiap dua atau tiga tahun sekali saja.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X