Ternyata Mudah! Aplikasi Cat Kayu Lemari BioColours untuk Material MDF

Ternyata Mudah! Aplikasi Cat Kayu Lemari BioColours untuk Material MDF

Apakah Anda sedang mencari bagaimana cara mengecat MDF? Mungkin di rumah Anda saat ini terdapat lemari dari bahan MDF yang belum di finishing? proses aplikasinya sebenarnya sangat cepat dan langsung, hanya saja terdapat beberapa langkah penting yang wajib diingat.

Sebelum mulai mengecat MDF, sebaiknya pahami apa itu material MDF dan bagaimana dapat digunakan. Kepanjangan dari MDF adalah Medium Density Fiberboard, yaitu produk kayu yang terbuat dari kombinasi fiber dan wax kemudian di press menggunakan tekanan tinggi.

Beberapa furniture cocok pembuatannya menggunakan MDF. Sebagai contoh kekurangan dari MDF adalah tidak bereaksi baik dengan kelembaban dan cairan. Apabila material ini basah maka akan mudah rusak. Sebaiknya tidak menggunakan MDF untuk furniture kamar mandi dan dapur.

Jika MDF tidak tahan air dianggap sebagai kerugian, adapula keuntungan yang didapatkan. Serat kayu kecil pada permukaan MDF membuatnya sangat halus. Membuatnya sebagai material yang mudah untuk di cat.

Ternyata Mudah! Aplikasi Cat Kayu Lemari BioColours untuk Material MDF
MDF

Anda bisa menggunakan MDF untuk berbagai macam furniture. Tidak adanya pori kayu membuat bahan ini tidak rumit jika Anda ingin melakukan finishing yang memiliki pola. Finishing warna solid paling banyak diminati seperti warna putih, hitam atau cooper.

BioColours adalah salah satu produk yang cocok untuk digunakan pada material MDF. Apabila Anda memiliki lemari dari MDF maka segeralah untuk melakukan finishing menggunakan BioColours.

Proses mengecatnya sangat mudah, dan banyak varian warna yang bisa dipilih. Anda hanya perlu mengetahui langkah tepat aplikasinya. Semua langkah aplikasi akan dijelaskan secara terperinci dalam artikel ini.

Cara Mengecat Lemari dari Bahan MDF

Apakah kesulitan mengecat MDF dengan BioColours? Jawabannya adalah tidak ada. Walaupun banyak orang mengatakan bahwa MDF tidak cocok di finishing dengan bahan water based namun tidak dengan BioColours.

Baca Juga:  Memahami Kayu Pinus dan Cara Finishingnya

Jika menggunakan cat water based lain, mungkin Anda akan melihat perubahan bentuk dari lemari MDF. Hal ini bisa saja terjadi karena pengeringan maupun bahan yang digunakan tidak memiliki formulasi yang cocok untuk MDF.

Inilah mengapa langkah finishing yang tepat harus Anda pahami sebelum memulai mengecat. Sebagai gambaran, terdapat empat produk yang perlu Anda aplikasikan secara bertahap.

Setiap produk ini memiliki fungsi yang berbeda, jadi Anda tidak dapat melewatkan salah satu diantaranya. Berikut ini langkah-langkah yang wajib Anda selama proses finishing:

  • Mempersiapkan permukaan lemari

Apapun materialnya, pengamplasan sangat penting untuk hasil yang merata dan halus. Hanya saja karena Anda menggunakan MDF maka proses pengamplasan lebih ringan. Amplaslah dengan amplas grit 180 kemudian 220.

Ternyata Mudah! Aplikasi Cat Kayu Lemari BioColours untuk Material MDF
Pengamplasan MDF

Gunakan amplas alumunium oxide yang cocok untuk kayu. Jangan lupa amplas bagian ujung atau pinggir lemari yang seringkali memiliki potongan tidak rapi. Pengamplasan akan memudahkan lapisan cat untuk meresap.

Selama proses pengamplasan jangan lupa untuk menggunakan masker dan kacamata. Pastikan ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik, jangan sampai Anda menghirup serbuk kayu. Bersihkan debu amplas dengan kain kering setelah selesai mengamplas.

  •  Aplikasi BioColours Wood Putty

Inilah yang membuat permukaan lemari MDF tidak berubah bentuk. Anda perlu mengaplikasikan wood putty yang merupakan dempul kayu. BioColours wood putty memiliki warna putih yang membantu menutup warna MDF.

Aplikasikan wood putty dengan pisau scrape secara merata, pastikan semua merekat dengan baik pada permukaan kayu. Bagian pinggir MDF yang terlihat pori kayu perlu diisi dengan wood putty.

Diamkan hingga mengering sekitar 20 menit kemudian lanjutkan dengan pengamplasan. Gunakan amplas 240 grit, dapatkan permukaan kayu menjadi lebih halus lagi dibandingkan sebelumnya.

  • Aplikasi primer coat
Baca Juga:  Menggunakan Chalk Paint dengan Teknik Distress Dua Warna

Selanjutnya Anda perlu menggunakan primer coat, banyak yang bingung ketika memilih primer. Jangan khawatir, BioColours primer coat adalah produk yang mampu meresap ke permukaan MDF dan menutup warna kayu.

Anda bisa mengaplikasikan hingga dua kali lapisan bila lapisan pertama belum sempurna. Cara aplikasinya adalah dengan mencampurkan primer coat dan air. Dapatkan larutan mencapai 11-12 detik NK2.

Semprotkan larutan primer coat merata ke seluruh permukaan lemari MDF. Aplikasikan dengan teknik cross spray. Setelah itu tunggu lapisan mengering sekitar 60 menit. Lanjutkan dengan pengamplasan.

Proses pengamplasan seluruh lapisan coating dilakukan secara ambang. Proses ini dilakukan untuk memudahkan lapisan diatasnya menempel. Gunakan amplas grit 400 dan bersihkan debu amplas setelah selesai.

  • Aplikasi Bioduco

Pilih warna terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan. Primer hanya berfungsi menutup warna kayu jadi akan membuat warna di atasnya lebih tajam. Lapisan Bioduco ini juga bisa diberikan dua lapisan, asalkan setiap lapisannya tipis.

Ternyata Mudah! Aplikasi Cat Kayu Lemari BioColours untuk Material MDF
Penyemprotan Bioduco

BioColours Bioduco memiliki 24 pilihan warna, pilihlah warna yang sesuai dengan selera Anda. Cara aplikasinya tidak jauh berbeda dengan primer coat. Campurkan Bioduco dengan air di dalam gelas plastik kemudian aduk hingga tidak ada endapan.

Semprotkan Bioduco ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Tunggu lapisan ini mengering sekitar 60 menit kemudian lanjutkan dengan pengamplasan ambang. Gunakan amplas grit 400 dan bersihkan debu amplas.

  • Aplikasi BioColours Top Coat

Lapisan terakhir yang dibutuhkan adalah top coat, sebaiknya gunakan top coat gloss untuk memberikan perlindungan lebih dari air dan kelembaban. Selain itu BioColours top coat glossy memiliki kelebihan tahan goresan.

Proses aplikasinya dimulai dari mencampurkan top coat dengan air, aduk merata hingga tidak terdapat endapan. Masukan ke dalam tabung spray kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kayu.

Baca Juga:  DISINILAH..!! Agen cat Kayu Mengkilap Biovarnish

Lapisan akhir ini bisa Anda aplikasikan dalam satu kali lapis saja. Setelah merata tunggu lapisan mengering selama semalaman. Anda bisa mendiamkannya dalam waktu 24 jam sebelum menggunakan lemari.

Tips Mengecat dengan MDF agar Rapi

Menyempurnakan hasil finishing lemari MDF agar lebih rapi, ada beberapa tips yang perlu dilakukan saat penyemprotan. Apa saja tipsnya? Berikut rinciannya:

  1. Jangan melakukan penjemuran untuk menuntut proses pengeringan yang lebih cepat. Justru dengan menjemur MDF dapat berubah bentuk karena pengeringan air yang terlalu cepat. Air yang terkena panas bukan menguap namun akan meresap ke dalam MDF.
  2. Anda bisa mengaplikasikan wood putty pada bagian pinggir MDF dengan jari. Penekanan dengan jari akan lebih kuat dibandingkan dengan pisau scrape. Pastikan penekanan merata ke seluruh pinggir MDF.
  3. Gunakan balok kayu untuk pengamplasan permukaan yang datar khususnya pengamplasan wood putty yang cukup keras. Anda perlu mendapatkan permukaan yang datar untuk mendapatkan tingkat glossy sempurna.
  4. Lepaskan perangkat keras pada lemari seperti engsel dan knop. Anda bisa memasangnya kembali setelah cat mengering. Menghindari pekerjaan tambahan membersihkan cat yang mengenainya.
  5. Anda bisa menggunakan kuas jika tidak memiliki alat semprot. Hanya saja pastikan kuas yang digunakan adalah kuas berbulu nilon yang tidak akan menyerap cat water based. Kuas berbulu nilon juga memiliki sapuan kuas yang lebih halus gunakan produk yang baru untuk setiap lapisan cat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X