Cat Kayu Yang Bagus Pengganti Shellac

Cat Kayu Yang Bagus Pengganti Shellac

Jika selama ini shellac India sebagai bahan finishing maka perkembangan teknologi mengusung cat sebagai bahancat kayu yang bagus  pengganti shellac.

Pada awal mula adanya furniture, telah diciptakan juga bahan finishingnya. Pada abad ke 19 hingga abad awal 20an shellac adalah salah satu bahan yang digunakan. Shellac adalah bahan finishing, shellac didapatkan dari serangga yang hidup pada tumbuhan di India kemudian mengeluarkan resin alam, resin inilah yang digunakan sebagai bahan dasar shellac. Oleh karena itu shellac memiliki nama shellac India. Fungsi dari shellac sendiri sebagai bahan finishing adalah untuk pelindung permukaan kayu yang ada di bawahnya.

Shellac adalah satu-satunya bahan yang digunakan sebagai finishing kayu dan hingga sekarang. Hasil warna yang diberikan adalah transparan sehingga serat kayu dapat terlihat dengan indah. Warna transparan dari shellac sendiri kekuningan sehingga jika memberikan lapisan yang tebal atau berulang warna kayu yang cokelat akan bercampur warna kekuningan dari shellac. Hasilnya bisa juga berwana semakin kuning termasuk jika warna asli kayu kuning atau putih seperti kayu pinus. Saat ini shellac sudah banyak digantikan oleh cat yang disebut dengan politur (plitur). Tetapi belum tentu semua bahan cat adalah cat kayu yang bagus. Di Indonesia, plitur sudah banyak merk yang beredar dan salah satunya adalah cat water based yang mulai naik daun. Meningkatnya cat water based salah satunya dipengaruhi oleh industri ekspor yang membutuhkan cat kayu aman.

Kelebihan Cat Water Based Dibandingkan Shellac

Jika shellac terbuat dari resin serangga, cat water based terbuat dari bahan air yang diformulakan khusus agar bisa menjadi bahan pewarna kayu. Shellac memiliki banyak ciri khas yaitu berbentuk kepingan tipis dan ketika akan digunakan harus dilarutkan terlebih dahulu dengan alcohol atau etanol. Shellac yang berbentuk cair tidak dapat tahan lama oleh karena itu disimpan dalam bentuk kepingan. Walaupun shellac banyak digunakan tetapi banyak kekurangan yang membuat manusia menciptakan bahan lain yaitu cat. Kekurangan shellac yang dirasakan seperti kurang tahan air, tidak tahan perubahan cuaca, ketika dilarutkan menjadi lengket, membutuhakn waktu yang lama untuk kering bahkan beracun bagi manusia.

Baca Juga:  Supplier Cat Kayu Kuas BioVarnish Bukan Cat Solvent

Cat Kayu Yang Bagus Pengganti Shellac

Shellac saat ini mulai digantikan oleh cat water based dengan kelebihan yang tentu saja mengungguli shellac. Jika shellac lengket, cat water based tidak mengingat bahan pencampur dan bahan pembuatnya air. Jika shellac lama keringnya bahkan membutuhkan panas matahari, cat water based lebih cepat kering bahkan tanpa panas matahari. Produk cat water based dapat digunakan untuk finishing furniture outdoor dan indoor karena kemampuannya yang tahan perubahan cuaca bahkan warnanya pun tidak mudah pudar.

Jika berbciara soal warna, shellac memiliki warna kekuningan sedangkan cat water based memiliki pilihan warna natural sesuai dengan jenis warna kayu yang ada. Misalnya saja warna walnut brown, warna kayu jati, warna kayu mahini dan warna natural kayu lainnya. Sama dengan shellac cat water based juga memiliki transparansi yang tinggi sehingga serat kayu lebih terlihat menarik. Cat kayu yang bagus yang bisa Anda pilih sebagai cat water basad tidak lain adalah cat Biovarnish.

Memilih Cat Water Based Sebagai Cat Kayu Yang bagus

Cat kayu Biovarnish sebagai merk dagang terpercaya di Indonesia, menyediakan cat water based yang mampu menggantikan fungsi shellac sebagai pewarna atau bahan finishing kayu. Sifat shellac yang membahayakan kesehatan manusia, bertolak belakang dengan cat water based yang aman. Efek ketika Anda menggunakan shellac terlebih bahan pencampurnya yang membahayakan seperti spiritus atau thinner dalam jangka waktu panjang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit pernapasan hingga penyakit turunan. Anda tentu tidak ingin peramasalahan kesehatan terganggu karena salah pemilihan bahan finishing bukan.

Sebagai cat kayu yang bagus, Biovarnish bsia Anda dapatkan melalui website ini atau bisa juga pemesanan atau info lebih lanjut dengan menghubungi costumer service via telepon, sms atau  WA (WhatsApp) di nomor 0878-3934-6433 dan 0822-2026-5056.

Baca Juga:  Tangani Pengeroporsan Dengan Cara Mendempul Kayu Keropos Berikut

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X