Cara Finishing Kayu untuk Lantai dalam Rumah

Cara Finishing Kayu untuk Lantai dalam Rumah

Bagi para penyuka hardwood, mengecat lantai kayu hampir merupakan sesuatu yang salah, tetapi terkadang tidak ada cara yang lebih baik untuk memperbaiki kembali penampilanlantai lama. Misalnya, lantai Anda mungkin adalah kayu keras dan Anda mungkin telah mengikisnya terlalu lama dan merusak melalui lapisan veneer. Atau pertimbangkan lantai kayu solid tua yang sudah terlalu banyak diampelas dan akan hancur jika Anda mencoba untuk mengamplas lagi. Pengecatan adalah alternatif pengganti yang dapat memperpanjang usia lantai tersebut selama beberapa tahun.

Anda tidak harus mempertimbangkan penggantian untuk mempertimbangkan mengecat lantai Anda. Bahkan, lantai kayu yang dicat dapat terlihat semenarik alam, dan dalam beberapa kasus dapat terlihat lebih baik. Dalam banyak hal, cat lebih mudah dirawat daripada finishing lantai yang transparan, dan ketika cat tipis, itu masalah sederhana untuk menerapkan lapisan top coat.

Mengecat lantai kayu adalah tugas yang tidak terlalu menuntut daripada memperbaikinya dengan finishing yang transparan, tetapi seperti yang berlaku untuk setiap pekerjaan mendekorasi, Anda mendapatkan hasil terbaik jika Anda menggunakan metode yang baik.

Persiapan yang tepat adalah kunci, dan itu termasuk membuat perbaikan yang diperlukan. Anda tidak perlu meghilangkan lapisan lama, tetapi Anda harus meluruskannya untuk memastikan cat baru akan melekat, dan Anda mungkin ingin menyewa penyangga lantai untuk ini.

Memilih Cat yang Tepat

Cat konvensional tidak cukup kuat untuk digunakan di lantai. Pilihan terbaik adalah cat yang biasa digunakan untuk teras atau beralas lantai atau air, tetapi cat ini tidak memiliki berbagai macam warna. Jika Anda tidak dapat menemukan warna yang Anda suka, periksa pemilihan trim enamel di toko cat.

Anda bisa mendapatkan trim enamel custom mixed untuk menghasilkan warna dan bayangan yang Anda inginkan, tetapi bersiaplah untuk melapisi dengan setidaknya dua lapisan pelindung dari poliuretan yang jernih, karena produk-produk ini tidak akan kuat untuk lalu lintas pejalan kaki sendiri.

Jika cat yang ada telah usang sehngga memperlihatkan tampilan kayu asli di mana saja di lantai, Anda juga perlu primer. Pastikan untuk mendapatkan produk yang kompatibel dengan cat yang Anda gunakan. Jika ragu, primer lantai generik atau high solids stain blocking primer adalah pilihan yang baik.

Persiapan yang Dibutuhkan Lantai Anda

Cat lantai melekat dengan baik pada sebagian besar permukaan lantai selama finishingnya telah dihilangkan. Cara paling efektif untuk melakukan ini adalah dengan menghilangkannya dengan amplas 120 atau 150 grit. Itu bisa menjadi pekerjaan yang berat jika Anda harus melakukannya dengan pad sander, terutama jika lantainya besar.

Cara Finishing Kayu untuk Lantai dalam Rumah

Buat semuanya lebih mudah untuk diri sendiri dengan menyewa penyangga lantai dan layar pengamplasan. Lekatkan layar ke buffer pad dan jalankan buffer di seluruh lantai seolah-olah Anda memolesnya. Layar akan meratakan selesai lama sementara itu berkurang tingkat glossynya, dan Anda akan mendapatkan dengan permukaan halus siap untuk cat baru.

Pastikan untuk menyedot lantai dengan baik setelah pengamplasanb, kemudian selesaikan dengan mengepel lantai dengan kain basah. Tepat sebelum Anda mengecat lantai, adalah bijaksana untuk menguji adhesi cat dengan menerapkan sedikit ke bagian lantai yang tidak mencolok dan membiarkannya kering dalam semalam.

Mengikisnya dengan scraper untuk memastikannya tetap terpasang. Jika ya, Anda bisa menggunakannya langsung. Jika Anda dapat mengikis cat dengan mudah, lantai mungkin memerlukan lebih banyak persiapan, seperti membersihkan dengan trinatrium fosfat dan air, atau Anda mungkin perlu menggunakan cat yang berbeda.

Cara Mengecat Lantai Kayu

Sebelum Anda benar-benar mulai mengecat, pastikan untuk merencanakan ruang keluar Anda. Pilih pintu keluar Anda dan mulailah melukis di sudut berlawanan ruangan. Pastikan untuk menyediakan banyak ventilasi dengan membuka jendela kecuali cuaca luar biasa lembab. Dalam hal ini, aktifkan sistem udara sentral, yang akan mengurangi kelembapan dan mempercepat proses pengeringan. Dalam semua kasus, Anda harus mengenakan respirator.

Langkah 1 Persiapkan Baseboards

Hapus pinggir atau tempelkan mereka sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang mendapatkan cat pada mereka. Melepas pangkalan menghilangkan kebutuhan untuk memotong di sekitar tepi lantai dengan kuas cat, yang menghemat waktu dan menghindari tepi yang terlihat sedikit berbeda dari sisa lantai.

Langkah 2 Terapkan Lapisan pertama

Warnai lantai dengan roller atau bantalan cat di ujung tiang ekstensi 4 kaki. Jika Anda menggunakan roller, Anda dapat memasukkannya ke dalam nampan cat dengan cara yang sama seperti jika Anda mengecat dinding. Saat menggunakan pad, Anda mungkin merasa lebih efisien untuk menuangkan cat ke lantai dan menyeretnya melalui salah satu sisi ruangan ke sisi lainnya.

Dalam kedua kasus, Anda akan ingin memindahkan alat aplikator ke arah yang sama dengan serat kayu pori-pori silang akan terlihat ketika cat mengering.

Cara Finishing Kayu untuk Lantai dalam RumahOleskan lapisan tipis dengan lapisan pertama. Tidak apa-apa jika Anda meninggalkan beberapa cacat atau titik tipis. Cat tidak akan mengering dengan baik jika Anda menerapkannya terlalu banyak, dan lapisan berikutnya akan menutupi setiap titik tipis.

Langkah 3 Terapkan Lapisan Kedua

Biarkan cat kering setidaknya selama 24 jam dan ujilah sebelum berjalan di atasnya. Jika Anda menginginkan hasil akhir yang paling halus, ada baiknya untuk menyulap lantai lagi dengan mesin pengamplasan, berhati-hati untuk menyedot dan melapisi secara menyeluruh saat Anda selesai. Oleskan lapisan kedua. Jika warnanya seragam dan Anda senang dengan selesai, Anda selesai, tetapi jika tidak, gunakan lapisan ketiga.

Langkah 4 Top Coat Polyurethane

Aplikasikan lapisan pelindung dari poliuretan transparan, menggunakan pad cat dan metode tuang dan seret. Jika Anda menggunakan produk berbasis air, hasil akhirnya akan kering dalam waktu sekitar 2 jam, jadi Anda dapat menerapkan lapisan kedua pada hari yang sama. Jika Anda menggunakan produk berbasis minyak, Anda harus menunggu semalam sebelum menerapkan lapisan kedua. Tunggu selama dua atau tiga hari sebelum membuka ruang untuk lalu lintas atau memindahkan perabotan. Sebagian besar produk akhir membutuhkan yang panjang untuk saling silang dan menjadi tahan benturan

Reflektifitas, atau shininess, dari hasil akhir dikenal sebagai kilau. Cat dengan kemilau glossy mengandung lebih banyak pengikat dan lebih sedikit pigmen dan umumnya lebih tahan lama, tetapi cenderung membuat ketidaksempurnaan di lantai menonjol.

Finsihing matte tanpa kemilau biasanya tidak diinginkan karena membuat ruangan terlihat kusam. Kemilau lantai terbaik adalah finishing di suatu tempat di antara satin atau jika Anda ingin sedikit lebih terang di ruangan semi-gloss. Jika Anda tidak mendapatkan kilau yang tepat, Anda dapat mengubahnya dengan melapisinya dengan lapisan bening yang memiliki kilau yang Anda inginkan.

Produk poliuretane kebanyakan memberikan hasil matte, jika Anda menggunakan polirethane water based merk Biothane, Anda bisa menambahkan matting agent untuk mengurangi tingkat glossy sesuai dengan yang Anda inginkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X