Memilih Box Bayi yang Bagus

Memilih box bayi yang bagus penting diusahakan oleh para orangtua. Terdapat berbagai macam pertimbangan yang bisa dirujuk untuk menentukan bagus-tidaknya boks bayi. Namun yang paling penting adalah keamanan boks bayi tersebut.

Gunakan pertimbangan keamanan saat memilih boks bayi yang bagus.
Gunakan pertimbangan keamanan saat memilih box bayi yang bagus.

Kelahiran buah hati adalah kebahagiaan bagi orangtuanya. Berbagai macam perlengkapan pun disiapkan tak terkecuali boks bayi. Keberadaan box bayi sangat penting untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi si kecil saat beristirahat. Hadir dengan variasi yang beragam, Anda bisa memilih box bayi yang bagus untuk buah hati tercinta. Pilih boks bayi yang bagus menggunakan beberapa pertimbangan berikut ini:

  1. Ketahanan. Pilih boks bayi yang awet dan tahan lama. Perhatikan merek hingga kekuatan boks bayi tersebut. Pemilihan boks bayi yang kuat bukan hanya akan menghemat uang Anda, namun si kecil juga terhindar dari resiko terluka karena tidur di tempat yang mudah rusak.
  1. Bahan. Terdapat berbagai macam material boks bayi, dari kayu sampai UPVC. Pilih material yang paling aman, awet, dan indah untuk anak Anda.
  1. Estetika. Estetika box bayi bukan hanya penting untuk mempercantik ruangan si kecil. Boks bayi yang memiliki warna-warna menarik diharapkan dapat merangsang daya imajinasinya.
  1. Keamanan. Tahukah Anda bahwa banyak produk box bayi yang berpotensi membahayakan kesehatan buah hati? Sumber bahaya box bayi bisa berasal dari berbagai komponennya termasuk jenis cat yang diaplikasikan.

Keamanan sebagai Prioritas Utama

Meskipun, semua pertimbangan untuk memilih box bayi yang bagus di atas penting, namun faktor keamanan menjadi faktor yang harus Anda prioritaskan. Salah satu faktor yang mempengaruhi keamanan produk boks bayi adalah jenis cat yang diaplikasikan. Dua kandungan membahayakan dalam cat yang patut diwaspadai adalah adalah VOC dan logam berat.  Keduanya umum ditemukan pada cat berbasis solventt yang menggunakan pelarut-pelarut seperti thinner.

VOC

VOC atau Volatile Organic Compounds adalah senyawa organik mudah menguap yang bisa menyebabkan iritasi mata hingga penyakit kanker. Keberadaan VOC banyak ditemukan dalam cat berbasis solvent yang memggunakan pelarut-pelarut seperti thinner. Contoh senyawa VOC antara lain toulena, benzena, xylena, dan formalin.

Logam Berat

Penelitian yang dilakukan BaliFokus menemukan bahwa kandungan logam berat, yakni timbal, masih banyak ditemukan dengan kadar tinggi di berbagai produk cat di Indonesia. Efek paparan timbal dan berbagai logam berat lainnya sendiri sangat beragam. Timbal dan merkuri bahkan bisa menyebabkan pertumbuhan terganggu hingga kematian.

Memilih Cat yang Aman Digunakan untuk Box Bayi dengan Water-Based Paint

Perhatikan keamanan saat memilih box bayi yang bagus dengan mencermati adanya keteragan green label dan semacamnya. Anda juga bisa memesan sendiri box bayi pada jasa pembuatan box bayi yang menggunakan cat aman. Penggunaan cat-cat berbasis solvent sebaiknya dihindari dan dialihkan pada jenis cat-cat yang berbasis air. Jenis cat berbasis air jauh lebih aman digunakan karena tidak memanfaatkan pelarut seperti thinner.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X