Pilihan Alat Untuk Menghaluskan Lantai Kayu Dan Teknik Aplikasi

Pilihan Alat Untuk Menghaluskan Lantai Kayu Dan Teknik Aplikasi

Menghaluskan kayu adalah salah satu proses yang dilakukan sebelum finishing dimulai. Proses penghalusan ini diperlukan untuk mendapatkan permukaan kayu yang halus khususnya untuk lantai kayu. Jika lantai kayu tidak memiliki permukaan yang halus rata maka proses finishing sulit Anda akan akan mendapatkan lantai yang sakit untuk dipijak.

Untuk mendapatkan permukaan lantai kayu yang halus ada tiga teknik pengamplasan yang berbeda dan bsia dipilih untuk digunakan. Setiap teknik ini terdiri dari system professional, penyangga dan system flacto. Sistem professional adalah pengamplasan yang menggunakan spectrum alat yang luas dari drum sander, sebuah edger, buffer 16” dan penyedot debu. Sistem buffer atau menggunakan buffer 16” edger atau tangan memegang sander yang mengorbit dan penyedot debu. Sedangkan untuk flacto adalah sabuah sander lantai SQUAR BUFF yang unik dan dilengkapi penyedot debu.

Alat Pengamplasan Dengan Teknik Profesional

Untuk jenis teknik ini telah dijelaskan sekilas di atas, nah untuk pembahasan secara terperinci berikut ini alat untuk menghaluskan lantai kayu beserta dengan cara penggunannya.

  • Drum Sander
Pilihan Alat Untuk Menghaluskan Lantai Kayu Dan Teknik Aplikasi
Alat amplas lantai kayu.

Alat ini memiliki berat 200 hingga 300 pound ditambah dengan potongan peralatan yang dirancang eksklusif khusus untuk finishing dan refinishing lantai kayu. Ketika akan mengoperasikan alat ini sander operator mulai bergerak maju mundur lalu menurunkan drum sehingga memulai pengamplasan berputar. Drum akan menggilas permukaan kayu dan menyedot serbuk amplas masuk ke dalam kantong pembuangan. Pada akhir operan, drum diangkat dari lantai sebelum berhenti atau berubah gerakan menjadi maju mundur.

Alat ini memberikan pekerjaan mengamplas paling cepat, halus dan paling merata. Satu-satunya masalah dengan drum sander adalah alat ini adalah alat professional maka harus berhati-hati ketika menggunakannya. Drum sander tidak dboleh diberhentikan dengan drum diturunkan. Apabila berhenti sejenak maka perputaran gendang akan mengairi alur ke lantai. Pengamplasan kasar, sedang dan halus digunakan pada drum sander.

Hasil finishing yang masih kasar digunakan untuk pengamplasan yang pertama pada lantai karena berfungsi untuk menghilangkan permnukaan kayu yang masih banyak sisa potongan. Pengamplasan dengan gill meduium dan fine digunakan pada kedua dan ketiga tahapan pengamplasan. Tujuan pada yang kedua dan ketiga ini adalah untuk menghaluskan ruas yang ditinggalkan dari pengamplasan kasar.

  • Edger

Edger adalah tugas pengamplasan yang berat yaitu untuk pengamplasan bagian tepi dan daerah yang kecil. Alat ini digunakan untuk mengatasi permukaan kayu yang tidak biasa diatasi dengan drum sander. Pada saat mengaplikasikan edger, operator menggunakan urutan yang sama yaitu kertas amplas kasar, sedang dan terakhir halus. Jenis kertas yang sama dengan yang digunakan pada saat aplikasi drum sander.

  • 16” Buffer

Aplikasi alat 16” buffer adalah untuk menghaluskan bekas amplasan dari drum sander dan edger. Permukaan alat untuk mengamplas terbuat dari wol baja non metalik dengan bantalan melekat pada buffer.

  • Vacum Cleaner

Bagian ini adalah untuk menghisap debu yang basah atau kering dan disimpan di dalam bagian kantong khusus. Pastikan Anda menggunakan vacuym cleaner karena sisa debu amplas dapat merusak motor alat.

Alat Pengamplasan Dengan Teknik Buffer

Setelah mengetahui pengaplikasian dengan teknik professional, kini Anda bisa mempelajari bagaimana teknik pengamplasan dengan buffer. Berikut ini penjelasannya:

  • 16” Buffer
Pilihan Alat Untuk Menghaluskan Lantai Kayu Dan Teknik Aplikasi
Alat amplas lantai kayu.

Jika Anda menggunakan teknik 16” buffer ini maka difungsikan untuk pekerjaan mengupas. Dengan penyangga bobot yang lebih ringan maka dibutuhkan waktu yang cukup lama dan sulit untuk dikendalikan dibandingkan dengan drum sander. Maka lebih baik menggunakan penyangga dari drum sander apabila kayu sudah selesai beberapa kali pengamplasan dan papan hanya berukuran 3/8” hingga 1/2 ” tebalnya.

Apabila Anda akan melakukan proses refinishing lantai maka untuk awalan gunakan amplas kasar untuk membuka permukaan kemudian dihaluskan dengan pengamplasan berulang dengan amplas medium dan disk amplas halus.

  • Edger atau Orbiting Palm Sander

Sebuah mesin amplas yang digunakan dengan tangan dan lebih mudah untuk mencapai area yang tidak dapat dicapai oleh buffer seperti sudut, tepi, lemari, dll.

  • Vakum cleaner kering dan basah

Alat ini berfungsi untuk menyedot debu ddan merupakan tugas yang cukup berat. Karena debu amplas bisa saja terdapat di bagian sela-sela lantai kayu.

Alat Pengamplasan Dengan Teknik Flecto

Teknik pengamplasan yang terakhir untuk lantai kayu adalah teknik flecto. Teknik ini yang paling mudah untuk digunakan. Dan juga tidak membutuhkan banyak langkah. Berikut ini penjelasannya:

  • Squar Buff Floor Sander
Pilihan Alat Untuk Menghaluskan Lantai Kayu Dan Teknik Aplikasi
Pengamplasan lantai kayu dengan alat.

Sander ini memiliki berat 130 pon dengan mengorbit sander. Squar Buff memiliki dua pegangan operasi tangan, bagian belakang dengan roda besar, permukaan pengamplasan dengan bentuk persegi panjang yang menggunakan bahan 3M Scotch Brite. Pengamplasan dengan empat grit (sangat kasar, kasar, sedang dan rendah).

  • Orbiting Sander Random

Alat pengamplasan ini diguankan untuk sepanjang tepi, sudut dan bagian manapun yang sulit untuk dicapai oleh Squar Buff sander.

Rekomendasi Peralatan Untuk Mengamplas

Jika Anda membutuhkan peralatan yang tepat untuk melakukan pengamplasan kecuali kayu terlalu tipis maka sander drum adalah alat yang terbaik untuk digunakan. Sander drum tidak hanya digunakan pada pekerjaan yang berat  dan Anda harus memastikan bahwa sander yang Anda sewa memiliki kondisi yang baik untuk digunakan.

Jika Anda tidak mendapatkan sander drum maka Anda bisa menggunakan sander disk 16” atau buffer. Pada dasarnya semua hal adalah sama yaitu drum sander akan digunakan dalam garis lurus kemudian gunakan buffer 16”untuk pengamplasan ringan. Anda bisa mengunakan 16” mesin buffing yitu pada saat kayu masih kasar setelah penggunaan drum sander, kemudianketika kayu memiliki ketebalan 1\2 inci atau kurang dan terekhir adalah tahapan untuk sentuhan ringan pada lantai.

Terpenting dalam pengamplasan menggunakan mesin adalah mengecek apakah mesin yang Anda sewa dapat memenuhi segala kebutuhan. Pastikan juga stok amplas yang dibutuhkan tersedia sesuai kebutuhan, jangan sampai ketika tengah bekerja dengan mesin Anda kahabisan kertas amplas.

Jika proses pengamplasan dari lantai kayu sudah selesai dan dilakukan dengan teknik yang tepat atau sesuai maka proses finishing juga menjadi hal yang mudah. Anda cukup memilih bahan finishing yang sesuai untuk digunakan.

Pilihan Alat Untuk Menghaluskan Lantai Kayu Dan Teknik Aplikasi
Mengecat lantai kayu dengan roler.

Untuk bahan finishing lantai sangat disarankan untuk Anda menggunakan bahan finishing yang aman seperti cat kayu water based. Khusus untuk lantai sebaiknya Anda menggunakna cat yang terbuat dari polyurethane. Jenis bahan finishing ini akan menciptakan lapisan film yang tebal, kuat namun lentur. Jadi Anda bisa menggunakan pada lantai kayu yang sering digunakan seperti deck kolam renang.

Produk polyurethane yang kuat untuk digunakan adalah BioThane. Terdapat dua jenis yaitu BioThane 2K dan BioThane 1K yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Proses aplikasi juga cukup mudah yaitu hanya menggunakan air sebagai bahan pelarutnya.

Jika Anda ingin mendapatkan bahan finishing ini langsung saja membeli melalui costumer service yang tersedia dalam situs ini.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X