Siapa Bilang Olahraga Memanah itu Mahal?

Siapa Bilang Olahraga Memanah itu Mahal?

Ada banyak cabang olahraga yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan kesehatan yang baik untuk tubuh. Namun ada beberapa cabang olahraga yang terkenal mahal karena penggunaan alat yang dijual dengan harga cukup tinggi.

Harga yang tinggi dari peralatan yang dijual membuat banyak orang menarik diri dan tidak memainkan olahraga tersebut salah satunya adalah olahraga panahan. Memainakan olahraga panahan adalah salah satu keuntungan yang akan didapatkan tidak hanya melibatkan tubuh namun juga pikiran Anda.

Baca juga : Sudahkah Olahraga Memanah Anda Menggunakan Alat Terawat?

Nah apa saja keuntungan yang didapatkan dan masihkah Anda mengatakan bahwa olahraga memanah adalah olahraga yang mahal? Padahal keuntungan yang didapatkan sangatlah banyak.

  1. Kekuatan Tubuh Bagian Atas

Menggunakan tali busur menempatkan tekanan pada punggung, bahu, dada, dan lengan. Sama seperti mengangkat beban, tekanan dipertahankan selama beberapa detik sebelum melepaskan string untuk menembakkan panah. Dengan banyak pengulangan, stres menggambar dan melepaskan busur menghasilkan perkembangan otot.

Sebenarnya, memanah juga membantu perkembangan otot dari kelompok otot utama di tubuh bagian atas. Tingkat pengembangan didasarkan pada kekuatan busur dan jumlah waktu yang dihabiskan untuk bersaing dan berlatih.

  1. Berjalan

Dalam sebuah kompetisi, pemanah berjalan sejauh lima mil saat mereka melakukan tugas-tugas umum di berbagai panahan dan berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain. Sementara banyak berjalan dalam interval pendek, efek kumulatif membantu meningkatkan kekuatan kaki, tonus otot, dan kesehatan kardiovaskular.

Siapa Bilang Olahraga Memanah itu Mahal?Melalui latihan teratur, manfaat ini meningkat. Ini karena banyak waktu berjalan digunakan untuk mengambil panah yang ditembakkan serta kembali ke garis.

  1. Membantu dengan Latihan

Salah satu hal hebat tentang memanah adalah fakta bahwa hampir semua orang, terlepas dari kemampuan, jenis kelamin, atau usia dapat mempraktikkannya. Secara fisik menggambar busur menghabiskan energi, seperti berjalan ke target berulang kali untuk mengumpulkan panah. Pada tahun 2012, selama Olimpiade London, The Economist menyamakan penggunaan kalori memenangkan emas Olimpiade hingga sepuluh menit kegiatan lain seperti menyedot debu, menyapu, snorkeling, dan menari.

Baca Juga:  Cerdas Memilih Politur Spray untuk Furniture Rotan

Dalam perjalanannya untuk memuncaki podium Olimpiade, pemanah pria membakar sekitar 1084 kalori. Ini hanya 747 kalori lebih sedikit daripada wanita dalam maraton dan lebih dari 1054 yang dibakar oleh pria dalam sprint 100 meter. Selama turnamen, pemanah berjalan sekitar lima mil atau delapan kilometer. Peneliti menemukan mereka dapat membakar 100 – 150 kalori aktif setiap 30 menit.

Baca juga : Begini Cara Perawatan dan Penyimpanan Alat Panahan

  1. Kesabaran

Salah satu atribut terbaik tentang panahan adalah fakta bahwa itu sangat mudah dipelajari. Meskipun demikian, bagian yang menantang harus dilakukan dengan sempurna. Meski menyenangkan, panahan bisa membuat frustrasi. Kesabaran dalam praktik sangat penting untuk masa depan yang cerah dan panjang dalam olahraga. Dengan memiliki tekad untuk mengulang teknik, para atlet ini akhirnya menjadi pemanah yang lebih baik dan akhirnya menjadi orang yang lebih baik.

  1. Koordinasi

Salah satu keterampilan penting yang dibutuhkan dalam panahan adalah koordinasi tangan-mata. Panahan melatih tangan untuk bekerja bersama saat menangani tugas yang berbeda. Misalnya, membidik dan menembakkan panah membutuhkan masukan dari mata. Dengan lebih banyak latihan, pemanah menjadi lebih baik dalam multitasking. Peningkatan arah menghasilkan akurasi yang lebih baik, terutama menggunakan penglihatan busur terbaik. Koordinasi tangan-mata yang lebih baik juga membantu kegiatan dan olahraga lain yang memanfaatkan tangan.

  1. Tingkatkan Rasa percaya diri

Musuh terbesar dalam memanah adalah diri sendiri. Menetapkan tujuan yang jelas dan mengidentifikasi apa yang harus dilakukan adalah mudah. Hasilnya sepenuhnya didasarkan pada skor yang mudah diukur. Tidak ada keraguan bahwa perkembangan melahirkan kepercayaan diri. Panahan adalah olahraga yang sangat baik untuk membantu membangun kepercayaan diri.

  1. Bagus untuk Relaksasi
Baca Juga:  Cara Membersihkan Noda Cat dengan Benar

Pemanah mengembangkan kemampuan untuk tetap akurat dan tenang di bawah tekanan. Mereka mampu melakukan ini dengan mengelola kegugupan, konsentrasi, dan pernapasan. Ketika memotret dengan baik, jam-jam berlalu dalam sekejap mata. Sementara olah raga itu mudah bergaul, di telepon, panahan hampir seperti meditasi internal.

  1. Meningkatkan Fokus Mental

Sebagai seorang pemanah, fokusnya sangat penting untuk kesuksesan. Mengembangkan fokus memiliki dampak positif yang sangat besar pada kesejahteraan dan kesehatan mental Anda. Yang lebih terfokus adalah targetnya, semakin mudah untuk tidak hanya menjernihkan pikiran Anda tetapi juga bertujuan dengan tepat baik dalam kompetisi maupun dalam praktik.

Siapa Bilang Olahraga Memanah itu Mahal?Keterampilan yang sama membantu Anda mengatasi stres dan mengkhawatirkan dadanya setiap kali Anda jauh dari jangkauan panahan. Pada akhirnya, Anda dapat tetap fokus pada tugas Anda. Melalui panahan, fokus yang Anda pelajari dapat membantu mengatasi gangguan dan penundaan.

Baca juga : Peralatan Pemanah Perlu Dirawat

  1. Seimbang

Keseimbangan sangat penting untuk keberhasilan dalam panahan. Ini karena seseorang harus menahan tubuh saat membidik atau melakukan bidikan. Latihan memanah secara terus-menerus membantu mengendalikan keseimbangan. Fokus utamanya adalah mencoba mencapai pusat target.

Lebih banyak latihan membantu otot inti menyeimbangkan tubuh dengan sempurna. Ini juga memastikan tujuan yang stabil untuk menembakkan panah.

  1. Baik untuk Bersosialisasi

Seperti yang ditunjukkan sebelumnya, panahan adalah olahraga yang mudah bergaul. Sangat sedikit olahraga di dunia yang memungkinkan yang terbaik di dunia untuk bersaing berdekatan dalam satu platform. Seringkali, turnamen memanah tanpa hambatan. Mereka memungkinkan pertemanan antara individu dari berbagai lapisan kehidupan. Bahkan, selalu ada peluang untuk menjadi juara dekat dalam kompetisi. Itulah salah satu keindahan olahraga ini.

  1. Terbuka untuk Semua

Banyak orang cacat yang bisa menangani panahan serta berbadan sehat. Misalnya, orang-orang dengan cacat berat atau bahkan orang buta, memanfaatkan peralatan khusus untuk membantu mereka dalam olahraga. Atribut ini juga menjadikannya olahraga keluarga yang luar biasa.

Baca Juga:  Dempul Kayu Water Based untuk Finishing Lebih Baik

Perawatan Peralatan Panah

Nah melihat dari keuntungan yang didapatkan dari olahraga memanah tentu saja, panahan bukanlah sebuah olahraga yang mahal. Masalah alat yang bisa Anda beli cukup dengan mengeluarkan uang mulai dari 200 ribu hingga empat jutaan jika Anda sudah menjadi profesional.

Siapa Bilang Olahraga Memanah itu Mahal?Alat yang murah pun jika Anda jaga dengan baik maka keawetannya akan terjamin. Untuk busur dan anak panah yang murah biasanya terbuat dari bahan kayu atau bambu. Bahan ini mudah rusak apabila Anda tidak memolesnya secara rutin ketika selesai menggunakan dan penyimpanan.

Busur dari kayu atau bambu perlu Anda poles dengan menggunakan Biopolish Beeswax setiap tiga atau dua minggu sekali. Memoles akan melindungi busur dan juga panah dari kelembaban yang merusak menjaga busur tetap center.

Selain itu tali busur juga perlu Anda poles menggunakan Biopolish Beeswax ini. Menggunakan wax dari lilin lebah menjaga tali busur tetap lentur dan tidak mudah aus bahkan putus. Khusus untuk perawatan tali busur perlu Anda lakukan setiap satu minggu sekali.

Penyimapanan juga menjadi hal yang sangat penting. Untuk penyimpanan gunakan ruangan yang kering dan bersih. Jika Anda membawanya dalam tas pastikan Anda menggunakan Silica Gel untuk memastikan kondisi dalam tas tetap kering.

Baca juga : Begini Cara Perawatan dan Penyimpanan Alat Panahan

Jangan pernah meninggalkan busur Anda terlalu lama dalam mobil atau menyenderkannya di dinding terlalu lama. Udara dalam mobil yang panas akan merubah bentuk busur sedangkan menyenderkannya terlalu lama akan membuat kerusakan pada bagian bawah karena terlalu berat.

Nah sangat mudah bukan merawat dan menyimpan busur, maka dengan keuntungan yang didapatkan olahraga panahan bukanlah kegiatan yang mahal.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X