Penampilan Baru Sofa Lama dengan Kayu Palet

Penampilan Baru Sofa Lama dengan Kayu Palet

Siapa bilang kayu palet adalah kayu yang berkualitas buruk? Kini banyak orang khususnya penghobi yang menggunakan kayu palet sebagai bahan baku pembuatan kerajinan bahkan furnitur. Dari beberapa hasilnya banyak juga yang dijual dan bisa menghasilkan uang.

Jika Anda memiliki furnitur dari kayu palet, jangan berkecil hati karena material palet bukanlah material yang buruk. Mungkin Anda menemukannya setelah membongkar sofa lama Anda dan mendapatan konstruksi di dalamnya menggunakan kayu palet.

Jangan membuangnya karena Anda bisa mengubahnya menjadi furnitur kursi ruang tamu dari kayu palet. Bahkan Anda akan mendapatkan penampilan baru dari ruang tamu ketika Anda akan mengnyambut tamu di hari raya idul fitri.

Penampilan Baru Sofa Lama dengan Kayu PaletSiapakah yang akan diuntungkan dengan merombak sofa lama Anda menjadi sofa baru tanpa mengeluarkan banyak uang? Tentu saja Anda.

Dalam artikel ini Anda akan belajar bagaimana memperbaiki kerangka sofa dan menjadi furnitur kursi ruang tamu baru dari kayu palet.

Membongkar Sofa Lama Menjadi Kursi Palet

Anda tentu akan melakukan pembongkaran. Namun melakukan pembongkaran bukan berarti Anda akan merusak bahan utama yaitu kayu palet.

Konstruksi sudah ada jadi Anda tidak perlu merusaknya sehingga Anda harus membuat kursi dari awal. Anda cukup melepas bagian luar saja mulai dari kain yang membalut sofa hingga pada busa yang telah usang.

Beberapa jenis sofa mahal memiliki per di dalamnya yang membuat kursi tetap lentur. Namun pada sofa lama per ini pasti sudah rusak dan menjadi keras. Anda akan melihatnya setelah Adna melepaskan busa yang terdapat di dalam.

Hilangkan per, hilangkan kain dan juga hilangkan juga busa yang masih menempel. Lalu Anda akan mendapatkan kerangka sofa yang sudah siap Anda perbaiki dengan sangat mudah.

Ketika Anda akan memulai pekerjaan siapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan yaitu palu, paku, kayu palet, dan juga amplas. Siapkan lem kayu, dempul kayu dan juga serbuk kayu.

Pertama Anda pastikan rangka masih memiliki kekuatan yang baik. Coba goyangkan kerangka dan pastikan tidak ada goyangan yang membuat kerangka menjadi roboh. Jika terdapat sedikit goyangan Anda bisa mengelem dan memaku ulang pada bagian siku.

Gunakan lem kayu dan ratakan pada bagian siku gunakan clamp agar lem bekerja dengan baik dan diamkan kurang lebih satu jam. Lakukan untuk semua siku yang terdapat pada kerangka.

Jika  lem sudah mengeras maka Anda bisa menggunakan paku agar kayu lebih kuat pada semua bagian siku. Setelah itu Anda bisa mulai menggunakan kayu palet untuk bagian dudukan.

Ukur kayu palet sesuai dengan ukuran dudukan kursi, bagian tersebut sebelumnya terisi per dan juga busa maka Anda harus menggantinya dengan kayu palet. Jika perlu pilih kayu palet yang memiliki warna sama dengan rangka kayu.

Paku pada seluruh bagian kayu palet agar terpasang dengan rapi, susun dan rapikan dengan kayu. Anda bisa memberikan jarak antar kayu yang telah dipasang sekitar satu cm.

Jika semua kayu palet sudah terpasang maka Anda bisa mulai tahapan persiapan sebelum melakukan finishing.

Persiapan Sebelum Finishing

Anda akan memerlukan dempul kayu, amplas, dan juga pisau palet bahkan serbuk kayu. Periksa semua permukaan kursi kayu, jika perlu duduk di atasnya dan pastikan tidak ada kayu yang keropos. Jika iya langsung perhatikan bagian kayu mana saja yang keropos.

Penampilan Baru Sofa Lama dengan Kayu Palet
Kayu palet yang sudah berubah menjadi sofa.

Berikan tanda dan pastikan semua bagian Anda amati bahkan pada bagian lubang terkecil sekalipun. Anda akan merasakannya ketika Anda meraba menggunakan bagian telapak tangan.

Amplas semua permukaan kayu dengan amplas nomor 150. Permukaan kayu pasti masih sangat kasar karena hanya digunakan pada bagian dalam rangka sofa saja. Anda bisa mengamplas dengan balok kayu untuk mendapatkan permukaan kayu yang rata dan juga halus.

Lakukan pengamplasan pada semua bagian dan pastikan tidak ada yang terlawati. Setelah itu Anda bisa mengisi lubang cacat pada kursi. Perhatikan dan bedakan jika terdapat lubang besar dan lubang kecil.

Jika lubang besar campurkan dempul kayu denganb sebuk kayu terlebih dahulu kemudian isi. Namun jika terdapat lubang kecil atau cacat goresan saja Anda bisa langsung mengaplikasikan dempul kayu dengan pisau palet.

Tunggu hingga dempul mengering setelah itu Anda bisa melakukan pengamplasan dengan kertas amplas nomor 240 sambil ditekan. Amplas hingga permukaan menjadi rata dan Anda tidak akan menemukan permukaan kayu yang kasar.

Lakukan semua aplikasi dempul pada seluruh permukaan kayu yang cacat hingga akhirnya Anda siap untuk melakukan pengecatan.

Proses Finishing Kursi Kayu Palet

Jika semua cacta sudah tertutup maka saatnya Anda melakukan penngecatan. Mengecat adalah persoalan yang sangat mudah namun mencari produk cat yang berkualitas terkadang masih sulit.

Gunakan cat kayu water based seperti BioColours untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Hasil dengan warna natural transparan akan Anda dapatkan dan tidak menimbulkan bekas menguning di kemudian hari.

Pertama kali mengecat Anda bisa menggunakan BioColours Sanding Sealer, campurkan bahan dengan air perbandingan 2 cat : 1 air kemudian aduk hingga benar-benar rata. Setelah itu semprotkan ke seluruh bagian permukaan kayu. Pastikan semua bagian terlapisi dengan rata.

Tunggu hingga lapisan pertama mengering dan Anda bisa melakukan proses pengamplasan. Proses pengeringan tidak membutuhkan panas matahari Anda cukup meletakannya dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

Setelah kering amplas dengan kertas amplas nomor 400 secara ambang. Bersihkan debu amplas dan Anda akan mendapatkan permukaan yang bersih dan siap untuk wood stain. Gunakan BioColours wood stain dengan warna sesuai pilihan Anda.

Campurkan wood stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian Anda bisa langsung menyemprotkan ke seluruh permukaan. Tunggu cat mengering dan Anda bisa mengamplas dengan amplas 400.

Bersihkan debu amplas, Anda bisa mengulangi aplikasi BioColours wood stain hingga mendapatkan warna yang diinginkan. Semakin banyak lapisan yang Anda berikan maka akan semakin gelap warna yang dihasilkan.

Setelah itu Anda bisa memulai mengaplikasikan BioColours Top Coat. Pilih tampilan gloss atau death matte. Campurkan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian semprotkan secara merata ke seluruh bagian kayu.

Anda akan mendapatkan permukaan kayu rata dengan top coat. Tunggu kering dan Anda bisa mengamplas kembali dengan amplas 400. Setelah itu Anda bisa mengaplikasikan top coat kembali.

Pada tahapan terakhir ini Anda perlu menunggu cat mengering dengan benar selama semalaman atau kurang lebih 24 jam. Agar lapisan top coat mengering dengan sempurna.

Anda akan mendapatkan tampilan baru dari sofa lama dengan kerangka kayu yang ada di dalamnya dan penambahan kayu palet serta beberapa finishing natural yang mempercantik tampilan. Untuk lebih nyaman berikan bantalan empuk pada bagian dudukan kursi kayu.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X