Apa Perbedaan Kayu MDF, Multiplek dan Particle Board?

Apa Perbedaan Kayu MDF, Multiplek dan Particle Board?

Apakah Anda sedang mencari  jenis kayu yang mudah didapatkan dan terbaik sebagai bahan baku furniture di rumah atau di kantor? Anda mungkin sedang mencari produk kayu olahan yang saat ini banyak diperdagangkan secara bebas di pasaran.

Jenis-jenis kayu buatan atau engineering wood ini sangat bervariasi, dan tiga jenis bahan yang banyak dikenal adalah MDF, multiplek dan partikel board. Pada artikel kali ini akan disampaikan mengenai tiga jenis kayu buatan tersebut manakah yang paling terjangkau dan kuat.

Tentu saja perbedaan yang akan dibahas meliputi bahan utama yang digunakan pada masing-masing kayu buatan. Pastikan Anda mengenal kelebihan dan kekurangan dari MDF, multiplek dan partikel bardi sebelum membelinya.

Apa itu MDF?

MDF memiliki kepanjangan dari medium density fiberboard yang merupakan kayu buatan terbuat dari serpihan atau potongan kayu. Karena MDF terbuat dari potongan kayu yang sangat kecil maka tidak ada pori kayu yang terlihat atau mata kayu.

Pembuatan komposit MDF menggunakan serbuk kayu, lem dan pemanas untuk membuat papan yang memiliki ikatan rapat. Baik kayu keras atau kayu lunak dapat diolah menjadi MDF.

Apa Perbedaan Kayu MDF, Multiplek dan Particle Board?
MDF

Umumnya MDF akan lebih padat daripada multiplek sehingga menciptakan bahan yang lebih kuat untuk bangunana. Inilah yang merupakan perbedaan MDF dan multiplek. Kelebihan dari MDF adalah memiliki harga yang murah, sangat halus permukaannya dan mudah untuk di cat.

MDF lebih mudah untuk dipotong untuk diolah menjadi berbagai jenis furniture. Di Sisi lain, pada pula kekurangan yang perlu Anda ketahui. MDF sangat padat membuatnya berat, permukaannya yang padat dan tidak berpori tidak dapat dicat dengan wood stain atau pernis.

Proses pemotongannya mudah namun akan mempercepat tumpulnya alat potong. Pastikan Anda memotong MDF selalu menggunakan pisau yang tajam.

Apa itu Particle Board

Secara umum, partikel board adalah produk yang dibuat dari limbah kayu dengan cara dipanaskan dan di press. Serpihan kayu gergajian, atau bahkan serbuk kayu akan di press menggunakan resin. Untuk membuat particle board lebih tahan air, api dan anti serangga maka wax digunakan.

Setelah resin, bahan kimia dan serbuk kayu dijadikan satu maka akan ditekan sehingga menjadi lembaran. Berat dari particle board ini akan diratakan sehingga membuat papan yang ringan. Kompresi akan diterapkan pada lembaran papan beberapa kali untuk menciptakan ikatan sekat.

Keuntungan yang akan Anda dapatkan dari particle board adalah harga yang murah dan bobot ringan. Sangat cocok digunakan sebagai furniture dalam ruangan apapun. Sayangnya juga memiliki kelemahan seperti kekuatan yang rendah sehingga tidak dapat menopang beban yang terlalu berat.

Apa Perbedaan Kayu MDF, Multiplek dan Particle Board?
particle board

Particle board bukanlah bahan yang ramah lingkungan karena adanya campuran bahan kimia pengawet kayu. Terakhir adalah mudah berubah warna karena dipengaruhi kelembaban dalam ruangan.

Perbedaan MDF dan particle board yang utama adalah beban dan tampilannya. Particle board terbuat dari serbuk kayu yang berukuran lebih besar dibandingkan dengan MDF. Maka rongga pada sisi kayu dapat terlihat dengan lebih jelas.

Apa itu Multiplek

Multiplek adalah produk kayu buatan yang terbuat dari kumpulan lembaran veneer kayu. Papan veneer kayu ditekan dan diikat menjadi satu bagian solid. Proses penempelannya akan berlawana arah serat veneer sehingga mampu membentuk ikatan.

Banyak nilai yang digunakan untuk menentukan ketebalan, kerekatan dan proses pemadatan veneer. Seperti namanya multiplek maka beberapa lapisan veneer digunakan dan berjumlah ganjil lebih dari tiga lapisan.

Kualitas multiplek ini berbeda beda semakin tebal maka akan semakin kuat. Multiplek yang tebal bisa menopang beban berat sehingga banyak dijadikan sebagai bahan baku lemari. Sedangkan yang tipis bisa digunakan sebagai bahan baku kerajinan.

Kelebihan dari multiplek adalah memiliki beragam ketebalan dengan berbagai macam jenis kayu. Merupakan kayu buatan yang sangat kuat dan lebih tahan terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh air.

Multiplek lebih mudah untuk di finishing baik warna natural dan solid. Jika Anda ingin merakit menggunakan sekrup maka akan lebih kuat dan beberapa jenis multiplek dijual bebas kandungan voc.

Apa Perbedaan Kayu MDF, Multiplek dan Particle Board?
Multiplek

Tidak hanya kelebihan, pada pula beberapa kelemahan dari multiplek. Kelemahan ini adalah harganya yang lebih mahal. Perlu dilakukan finishing lebih dari satu lapisan dan sulit untuk dipotong.

Manakah jenis kayu yang sebaiknya digunakan? Tentu saja pemilihan jenis kayu kembali lagi pada apakah yang akan Anda buat. Ketika Anda akan menciptakan sebuah kabinet maka ketiga jenis kayu buatan tersebut bagus untuk dipilih.

kebanyakan orang akan memilih menggunakan multiplek karena kemudahannya dipasang dengan sekrup. Multiplek juga dapat dengan mudah di finishing karena kuat dan tahan lama. Namun Anda juga harus mengeluarkan uang lebih.

Bahan Finishing yang Cocok Diaplikasikan

Mengenal kayu sama halnya harus mengenal bahan finishing atau cat yang sebaiknya digunakan. Sekilas telah dijelaskan dalam penjelasan di atas bahwa MDF tidak cocok untuk diaplikasikan cat kayu warna natural.

Finishing multiplek adalah yang paling mudah karena Anda bisa mengaplikasikan cat natural maupun cat solid. Bagaimana dengan particle board? Rongga yang besar dalam particle board membuatnya lebih sulit untuk di finishing.

Particle board kebanyakan finishing dengan HPL karena akan menutupnya dengan rapat. HPL sendiri adalah high pressure laminated yaitu lembaran plastik yang memiliki berbagai macam warna. Ada pula tampilan yang menyerupai kayu.

HPL dapat diaplikasikan dengan direkatkan menggunakan lem pada permukaan particle board. Nah khusus untuk MDF dan multiplek Anda bisa bermain menggunakan berbagai jenis cat.

Berikut ini beberapa jenis cat yang cocok untuk diaplikasikan pada MDF dan multiplek.

  • Wood stain dan pernis

Warna natural bisa Anda aplikasikan pada multiplek. Namun Anda juga perlu menambahkan wood stain untuk menajamkan tampilan warnanya. Wood stain berfungsi untuk memberikan warna multiplek menjadi tajam.

Lapisan wood stain perlu dilindungi dengan pernis kayu yang akan memberikan perlindungan dari panas, kelembaban dan juga goresan. Pilihlah wood stain dan pernis kayu seperti merk Biovarnish.

  • Cat duco kayu

Cat yang memiliki banyak varian kayu, Anda bisa menggunakan cat duco kayu. Warna yang diberikan akan menutupi ketidaksempurnaan yang dimiliki oleh MDF dan multiplek. Anda bisa memberikan warna-warna ini pada berbagai furniture seperti furniture anak dan kabinet dapur.

Apa Perbedaan Kayu MDF, Multiplek dan Particle Board?
Kitchen cabinet dari multiplek difinishing dengan cat duco

Cat duco kayu mudah diaplikasikan menggunakan alat semprot untuk memberikan hasil yang rata dan juga halus. Pastikan Anda menggunakan wood putty untuk meratakan permukaan kayu yang berongga.

  • Cat enamel

Masih dengan cat kayu warna solid, hanya saja Anda bisa mengaplikasikannya juga pada besi sebagai bahan kombinasi MDF dan multiplek. Cat enamel adalah pilihan yang tepat bagi Anda pemula karena dapat diaplikasikan menggunakan kuas.

Anda bisa melapisi MDF dan multiplek beberapa kali karena cat enamel ini akan memberikan warna yang lebih tajam.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X