Inilah Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Cat Kayu Biovarnish

Anda Hobi kayu? Suka desain interior? Anda pengrajin ataupun pengusaha mebel? Atau sekedar ingin coba-coba mengecat? Tentu perlu tahu lebih dahulu cat kayu atau pernis kayu apa yang luar biasa hasilnya bukan? Mari cek produk unggulan satu ini yang sedang booming di jagad perkayuan dan finishing kayu.

Bila membicarakan masalah cat, bahan finishing atau semua jenis produk pernis kayu tentu saja langsung merujuk ke harga yang murah plus kualitasnya yang bagus. Pasti Anda akan membelinya di toko besi ataupun toko cat kayu terdekat. Nah sebelum menyisir toko mana saja yang menyediakan produk pernis kayu berkualitas, lebih baik kenali dulu berbagai macam produk finishing yang beredar di pasaran saat ini.

Baca Juga : mengenal kualitas kayu kruing untuk industri furniture

color swatch Biovarnish

Produk finishing atau cat kayu ini terbagi menjadi dua menurut hasilnya yaitu warna natural yaitu warna kayu asli dengan masing-masing tingkat transparansinya di setiap merk. Lalu yang kedua adalah produk finishing warna solid, warna ini akan menyuguhkan berbagai macam tampilan seperti merah, kuning, biru, emas, silver dan warna lain yang menutup warna asli kayu.

Setelah mengenali hasil warna, maka selanjutnya Anda perlu kenali jenis bahan finishing atau bahan apa yang baik sebagai bahan dasar atau pelarut cat kayu? Pembagian bahan ini juga dibagi menjadi dua yaitu bahan finishing dari solvent (minyak) dan juga cat berbasis air. Produk cat kayu yang saat ini sedang booming atau banyak digunakan baik itu dalam skala industri kecil maupun skala industri besar (hingga ekspor) adalah cat berbasis air. Produk cat berbahan dasar air ini lebih memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan solvent. Dari segi kesehatan cat water based (cat berbahan dasar air atau pelarutannya menggunakan air) untuk serat alam lebih baik karena tidak terkadung bahan kimia berbahaya seperti formalin.

Apakah produk cat kayu water based atau berbahan dasar air yang sangat direkomendasikan saat ini untuk para penghobi kayu, pengrajin maupun pengusaha mebel? Tentu saja Anda bisa menggunakan cat kayu water based Biovarnish. Produk cat kayu atau pernis kayu ini adalah produk lokal Indonesia. Tetap memiliki kualitas yang tidak kalah baik dengan produk luar negeri yang mungkin saat ini sedang Anda gunakan. Produk cat kayu Biovarnish berfungsi menggantikan pernis atua plitur solvent.

Oleh karena itu tingkat transparansi sangat bagus ditunjang oleh cara aplikasi yang mudah yaitu hanya dengan kuas saja. Ingin tahu lebih detail mengenai apa itu cat kayu Biovarnish? Terus simak dalam artikel ini.

Apa Saja Varian Pernis Kayu Biovarnish Yang Sedang Ramai Dibicarakan Orang ini?

Bila membicarakan masalah cat kayu atau pernis, Biovarnish adalah solusi jitu dan kunci hasil finishing berkualitas. Produk cat kayu water based ini memiliki tiga varian yang lengkap dimulai dari dempul kayu, stain yaitu warna dan juga pernis yaitu clear coat. Tiga varaian tersebut terbagi sebagai berikut ini:

  1. Biovarnish Wood Filler

Inilah Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Cat Kayu BiovarnishBerfungsi sebagai dempul kayu yang akan menutup cacat pada kayu serta mengisi pori-pori kayu. Biovarnish Wood Filler proses aplikasinya sangat mudah, Anda bisa langsung mengisi cacat kayu dengan pisau pallet. Lalu tunggu hingga kering dan amplas dengan kertas amplas no. 240. Lalu lap dengan kain bersih dan kering dan Anda bisa melanjutkan pada proses selanjutnya. Untuk variannya terdapat tiga warna yaitu jati, ramin dan mahogany.

  1. Biovarnish Wood Stain

Untuk varian Biovarnish Wood Stain ini ada 20 warna yang bisa Anda pilih dan bisa langsung mengunjungi katalog warna dalam website ini. Cara aplikasi sangat mudah yaitu dengan mencampurkan dengan air bersih perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian diaduk dan dikuaskan keselururh permukana searah serat kayu. Tunggu kering sekitar 60 menit lalu diamplas dengan kertas amplas no. 400.

  1. Biovarnish Clear Coat

Inilah Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Cat Kayu BiovarnishVarian dalam produk ini ada dua tampilan yaitu gloss dan doff. Jika Anda ingin mendapatkan warna natural gunakan pernis doff sedangkan jika ingin tampilan agak mewah gunakan gloss. Cara aplikasinya juga sama dengan Biovarnish Wood Stain.

Ketiga variasi dari produk cat kayu Biovarnish jika digunakan maka akan membentuk lapisan film yang kuat dari segala gangguan luar seperti cuaca, rayap, jamur, goresan dan masih banyak lagi. Sehingga cat kayu Biovarnish ini dapat menjaga kualitas kayu dalam kurun waktu yang lama. Dampak positifnya ialah menghindari pergantian yang terlalu sering, bagi industri mebel akan mengurangi biaya produksi yang tinggi.

Inilah Yang Akan Anda Dapatkan Setelah Menggunakan Cat Kayu Biovarnish?

Melihat dari varian produk Biovarnish, maka keunggulan apa sajakah yang bisa Anda manfaatkan dalam finishing? Apakah produk Biovarnish sama dengan produk pernis water based lainnya? Bahkan apakah hasil yang diberikan sama atau berbeda dengan cat solvent? Simak keunggulan cat Biovarnish berikut ini:

  1. Aplikasi mudah, siapa saja bisa menggunakan Biovarnish

Inilah Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Cat Kayu BiovarnishJika melihat dari cara aplikasi, Biovarnish hanya membutuhkan air sebagai bahan pelarut. Bahkan untuk aplikasi cukup murah Anda bisa membeli kuas di toko besi. Tidak hanya kuas, Biovarnish juga bisa diaplikasikan dengan spray system sehingga bagi Anda yang akan menggunakan dalam skala kecil maupun besar tidak masalah.

  1. Pilihan warna lengkap dengan transparansi tinggi

Bila Anda mencari bahan finishing dengan pilihan warna lengkap Anda akan mendapatkannya dalam Biovarnish karena tersedia 20 macam pilihan warna. Untuk tingkat transparansinya. Biovarnish tidak mengandung formalin sehingga tidak akan menimbulkan efek menguning seperti cat solvent.

  1. Berpelarut air maka harga hemat dan mengurangi biaya produksi

Anda akan mendapatkan harga yang murah dalam finishing karena Anda tidak perlu membeli thinner. Bahan pelarut air sangat menguntungkan baik dalam hal bugdet maupun dalam kesehatan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti di dalam thinner.

  1. Tahan Cuaca ekstrim, panas maupun hujan lapisan Biovarnish bertahan

Biovarnish memiliki lapisan yang kuat sehingga tahan cuaca. Tahan cuaca berarti tahan panas dan air juga. Bagi Anda yang akan menggunakan cat untuk furniture outdoor dapat menggunakan Biovarnish.

  1. Tingkat Cepat kering yang tinggi

Selain hemat budget, Anda juga akan hemat waktu. Kecepatan kering Biovarnish adalah 60 menit dibandingkan dengan cat lain yang membutuhkan waktu kering 2 jam. Finishing menjadi lebih cepat menggunakan Biovarnish.

  1. No brush marking (tidak ada jejak bekas kuasan)

Apakah Anda sering menemukan brush mark ketika cat sudah kering? Anda tidak akan menemukannya pada Biovarnish. Tampilan tanpa brush marking akan meningkatkan nilai estetika pada furniture.

  1. Aman untuk manusia dan lingkungan

Tidak semua jenis cat pernis aman dan ramah lingkungan. Biovarnish telah memenuhi standar regulasi ECHA dan US EPA. Sehingga tidak ada kandungan bahan kimia berbahaya seperti formalin, timbal dan merkuri. Anda tidak perlu takut lagi penggunaan cat di dalam ruangan anak.

Apa saja material Yang Perlu Dilapisi Oleh Biovarnish?

Setelah Anda mengetahui cat kayu jenis apa yang bagus, produk yang direkomendasikan, cara menggunakan dan keunggulannya sebenarnya apakah material apa saja yang perlu difinishing dengan Biovarnish?

  1. Kayu Solid

Inilah Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Cat Kayu BiovarnishBerbagai macam jenis kayu solid atau kayu utuh untuk konstruksi rumah, furniture, mainan anak membutuhkan finishing dengan Biovarnish. Seperti pendopo yang khas dengan usuk kayu membutuhkan pengecatan menggunakan Biovarnish agar tampak lebih indah dan terlindungi.

  1. Kayu Buatan

Demi melestarikan kayu maka manusia menciptakan kayu buatan seperti plywood, particle board, MDF, HDF, barecore, dll. Material ini bisanya memiliki serat kayu yang bagus karena menggunakan veneer. Nah inilah  bagian yang harus Anda tampilkan dengan Biovarnish.

  1. Bambu

Penggunaan bambu sebagai home decor saat ini sangat bervariasi. Tetapi bambu juga membutuhkan perlindungan dan tampilan dari pernis atau cat kayu. Cat pernis bambu Biovarnish menjadi produk finishing yang tepat untuk melapisi.

  1. Rotan

Kerajinan rotan di Indonesia selalu meningkat terutama di pasaran luar negeri. Rotan juga membutuhkan lapisan dari Biovarnish agar tampak mengkilap dan tahan lama.

Varian Finishing yang Bisa Dihasilkan dengan Biovarnish

Pilihan warna lengkap, cara aplikasi mudah dan produknya pun sangat lengkap. Selanjutnya adalah bagaimana cara Anda bisa mengandalkan produk ini untuk berbagai macam finishing. Biovarnish yang bekerja untuk menggantikan plitur kayu konvensional justru bisa menghasilkan finishing yang lebih beragam. 

Anda tidak terpaku untuk mendapatkan hasil warna natural saja tetapi juga lebih bervariasi. Karena itulah ide-ide menarik mengenai finishing bisa Anda terapkan dengan menggunakan cat kayu kuas dan air ini. 

Berikut ini beberapa variasi finishing yang bisa Anda dapatkan hanya menggunakan Biovarnish. 

• Finishing close pore

Apa yang dimaksud dengan finishing close pore adalah pori kayu tertutup namun serat kayu tetap akan terlihat menarik. Biasanya finishing ini paling banyak diterapkan pada jenis kayu lunak yang lebih memiliki banyak pori kayu berukuran besar. 

Tujuan dari menutup pori adalah mengurangi kemampuan menyerap kelembaban sehingga kayu bisa lebih awet. Karena kayu lunak cenderung mudah berjamur karena kemampuannya tersebut. Biovarnish wood filler memainkan peran yang sangat penting di sini. 

Untuk tampilannya, permukaan kayu akan lebih halus karena pori kayu sudah tertutup. Berbagai macam cacat yang muncul baik goresan hingga lubang yang dalam akan tidak kelihatan. Sangat cocok jika Anda menginginkan permukaan kayu yang mengkilap. 

• Finishing open pore

Kebalikan dari close pore, hasil finishing ini akan membuka pori kayu. Jadi jenis kayu yang paling baik digunakan adalah kayu keras hingga plywood. Kayu keras tidak memiliki pori kayu besar dan justru lebih rapat. Contohnya saja jati, selain itu kayu memiliki kekhasan tahan kelembaban dan serangan rayap.

Apalagi kayu juga memiliki tekstur indah karena cacat alami yang sebaiknya diekspos. Salah satu contohnya adalah akar kayu jati. Oleh karena itu Biovarnish bisa digunakan untuk finishingnya hanya memanfaatkan wood stain dan clear coat saja. 

Stain akan memberikan ketajaman warna pada kayu sehingga lebih menarik. Selain itu perlindungan dari clear coat untuk perubahan cuaca, jamur hingga goresan pun sudah sangat cukup. Anda bisa memilih tampilan gloss dan matte sesuai selera. 

•  Finishing antik

Siapa yang tidak suka barang antik? Biasanya identik dengan material kayu mahoni yang kualitasnya paling baik. Kebanyakan digunakan pada furniture-furniture kayu lama yang terawat dengan menampilkan keindahan dari serat kayu. 

Demi menghasilkan finishing ini, Anda bisa menggunakan Biovarnish wood stain dan clear coat saja. Sekilas seperti finishing open pore, namun teknik yang digunakan sedikit berbeda. Pada finishing antik ini, Anda perlu menggunakan tambahan glaze sebelum aplikasi clear coat. 

Anda bisa memilih warna glaze yang lebih gelap dari stain agar tampak lebih terlihat. Jangan lupa pilih juga glaze berpelarut air yang kompatibel dengan Biovarnish. 

•  Finishing rustic

Adalagi hasil finishing yang bisa didapatkan supaya kayu tampak usang. Yaitu menggunakan finishing rustic di mana cacat kayu terekspos. Bedanya cacat yang muncul ini bisa Anda buat sendiri menggunakan perangkat keras seperti palu, rantai bahkan alat rustic khusus. 

Proses rustic sendiri dilakukan sebelum Anda mengaplikasikan wood stain. Produk yang dibutuhkan sama yaitu glaze, stain dan clear coat. Namun untuk finishing ini Anda sebaiknya menggunakan clear coat matte yang tidak menampilkan kilap. 

Masih banyak hasil finishing menarik yang bisa Anda dapatkan dari Biovarnish. Asalkan mau berkreatifitas, Anda bisa mendapatkan hasil terbaiknya dengan cat water based ini. 

Ingin Beli Biovarnish? Hubungi Agen Dan Service Point Terdekat Di Kota Anda

Dimanakah Anda bisa mendapatkan produk Biovarnish ini? Produk lokal Indonesia berkualitas terjamin dan internasional ini bisa Anda dapatkan di kota Jogja, Cirebon dan Jepara.  Untuk Anda yang berada di luar tiga kota tersebut bisa menghubungi banyak agen kami di sini. Kami juga masih membuka peluang besar bagi Anda yang tertarik untuk menjadi salah satu agen kami di kota Anda. Good chemical, good life!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X