Apa itu Cat Kayu Besi Orchid?

Apa itu Cat Kayu Besi Orchid?

Apakah Anda sudah mengenal semua jenis bahan finishing? Berbicara mengenai bahan finishing Anda akan mudah mendapatkannya di toko bangunan terdekat. Lalu jenis apa sajakah bahan finishnig tersebut? Terlebih lagi bagi Anda orang awam yang baru saja akan melakukan finishing. Pemilihan bahan finishing dibagi dari material yang akan difinishing, material yang membentuk cat tersebut dan juga hasil baik dari segi perlindungan maupun dari segi penampilan. Maka kenali terlebih dahulu produk cat manakah yang Anda butuhkan sebelum membelinya.

Tentukan terlebih dahulu material apakah yang akan Anda finishing misalnya material serat alam seperti kayu atau besi. Maka Anda membutuhkan cat kayu besi untuk finishingnya, sedangkan untuk material besi Anda membutuhkan cat berwarna solid karena besi membutuhkan warna yang mentup warna besi aslinya. Selain dari segi penampilan warna, cat kayu besi juga harus memberikan perlindungan. Untuk besi Anda membutuhkan cat yang telah dilengkapi dengan anti karat sedangkan untuk material kayu membutuhkan cat yang memberikan pelrindungan anti jamur dan anti rayap.

Apa itu Cat Kayu Besi Orchid?

Lalu bahan cat seperti apakah yang ada di pasaran saat ini? Untuk cat kayu besi ada dua jenis bahan yang biasanya digunakan yaitu solvent based atau water based. Material solvent based terdiri dari solvent dan juga bahan pelarutnya menggunakan thinner atua spiritus. Sedangkan cat kayu besi water based adalah cat yang mengandung bahan air dan bahan pelarutnya juga air. Dengan cat water based Anda akan lebih hemat biaya dalam penghitungan bahan pelarut.

Produk yang sangat direkomendasikan untuk cat kayu besi ini adalah cat water based. Mengapa? cat kayu besi water based adalah cat yang aman dan ramah lingkungan terlebih untuk masa depan manusia. Di Indonesia sudah terdapat produk cat kayu besi water based yang memenuhi kualitas internasional salah satunya adalah cat enamel Orchid. Produk Orchid ini adalah produk lokal Indonesia tetapi sudah banyak digunakan untuk finishing furniture kelas ekspor. Bagaimana dengan detail produk Orchid yang sangat direkomendasikan ini? Baca terus artikel ini.

Alasan Anda Harus Memilih Produk Orchid

Ketika Anda memilih sebuah produk finishing harus ada alasan kuat yang mendasari hal tersebut. Anda perlu tahu apa saja kelebihan dan apa saja keunggulan yang ditawarkan dari produk tersebut. Melihat dari keunggulan produk Orchid maka Anda akan mendapatkan alasan yang tepat untuk memilih produk tersebut. Berikut ini alasan mengapa Anda haus memilih produk Orchid sebagai produk finishing terbaik di Indonesia:

  1. Mudahnya Cara Aplikasi
Baca Juga:  Tips Memilih Warna Cat Duco Kayu untuk Furniture Anak

Kemudahan cara aplikasi Orchid yaitu hanya dengan kuas membuat Anda tidak perlu budget lebih untuk membeli alat finishing. Cukup Anda membeli kuas di toko besi terdekat dan bisa langsung mengaplikasikannya. Cat kayu besi Orchid cukup dicampur rata dengan air bersih kemudian dikuaskan ke seluruh permukaan kayu.

  1. Tahan cuaca

Produk cat kayu besi yang tahan cuaca tentu saja direkomendasikan untuk furniture outdooor. Karena produk cat kayu besi tahan cuaca sudah tahan panas dan juga tahan air.

  1. Anti Jamur

Produk cat tidak hanya dicari tahan cuaca saja tetapi juga anti jamur. Cat kayu besi Orchid dilengkapi dengan bahan anti jamur sehingga untuk kayu tidak akan mudah ditumbuhi jamur.

  1. Tahan karat

Untuk material besi, baja atau alumunium yang mengunakan Orchid tidak mudah berkarat karena sudah diberikan pelindung anti karat.

  1. Cepat Kering

Aplikasi yang hemat waktu pasti diburu oleh Anda pemilik industri kayu dan besi. Dengan cat kayu besi Orchid Anda tidak perlu waktu lama agar cat cepat kering. Bahkan kering sempurna tanpa panas matahari.

  1. Pilihan Warna Solid

Terdapat 24 warna solid yang lengkap sehingga Anda mudah untuk menerapkannya dalam berbagai macam gaya.

Kemudahan Aplikasi Cat Kayu Besi Orchid

Apa itu Cat Kayu Besi Orchid?Apabila aplikasi mudah maka Anda akan ringan mengerjakan finishing pada furniture. Apa saja kemudahan dari aplikasi cat kayu besi Orchid ini? Anda bisa langsung menyimaknya dalam keterangan di bawah ini:

  1. Mempersiapkan media kayu atau besi terlebih dahulu. Pastikan permukaan media kering dan bebas dari kotoran.
  2. Siapkan bahan cat dengan mencampurkan cat kayu besi Orchid dengan air bersih. Biasanya membutuhkan perbandingan 4 bahan : 1 air kemudian di aduk hingga benar-benar rata.
  3. Aplikasikan langsung dengan kuas ke seluruh permukaan kayu. Sapuan kuas harus searah agar hasilnya halus dan tidak ada brush mark.
  4. Biarkan mengering sekitar 20-30 menit di dalam suhu ruang tanpa dijemur. Lalu amplas dengan kertas amplas no.400 lalu Anda bisa mengulangi pengecatan sekitar 2 hingga 3 kali hingga didapatkan warna yang diinginkan.

Mengenal Material Yang Akan Difinishing

Untuk material yang akan dilakukan pengecatan tidak bisa sembarangan. Memang Anda akan mendapatkan hasil warna pada permukaan material tetapi apa saja material yang perlu Anda lapisi dengan cat kayu besi? Berikut ini penjelasannya:

  1. Kayu solid

Jenis kayu solid ini adalah kayu utuh yang langsung diolah menjadi konstruksi bangunan atau furniture, kayu solid memiliki kualitas yang baik sehingga untuk lapisan perlindungan sangat dibutuhkan. Anda bisa menggunakan cat enamel Orchid ini untuk kayu solid seperti pada tiang penyangga rumah. lemari, tempat tidur, dll.

  1. Kayu Buatan
Baca Juga:  Pentingnya Memilih Cat Mainan Kayu yang Aman

Jenis kayu buatan seperti particle baiord, barecore,MDF, HDF, dll ini tidak hanya bisa difinishing dengan HPL saja tetapi juga bisa menggunakan cat kayu besi. Bahkan lebih tahan lama karena Anda tidak membutuhan bahan perekat yang memiliki umur mudah mengelupas.

  1. Bambu

Material bambu sebagai salah satu serat alam saat ini banyak digunakan untuk home decor. Di sini Anda membutuhkan warna solid dari cat kayu besi orchid.

  1. Rotan

Apakah Anda sering menemukan tas berbahan dasar rotan. Tas Anda tersebut biasanya juga membutuhkan lapisan perlindungan dan lapisan warna agar menarik.

  1. Besi dan alumunium

Apakah Anda sering menemukan bahan baja dan alumunium yang sering berkarat. Ketika Anda memiliki lemari kaca alumuinum jangan lupa untuk mengecat bagian alumunium karena dengan kelembapan akan mudah karat. Jika Anda menggunakan cat kayu besi Orchid pertumbuhan karat akan terhambat.

Trik Menggunakan Cat Enamel Orchid pada Material Serat Alam

Telah dijelaskan bahwa Orchid bisa diaplikasikan pada material serat alam seperti kayu, bambu, hingga rotan. Semuanya bisa dilapisi dengan Orchid, namun Anda juga harus tahu bagaimana trik supaya warna yang dihasilkan keluar. 

Sama halnya dengan cat duco, hanya memberikan satu lapisan cat saja tidak cukup. Dibutuhkan beberapa produk pendukung lainnya yang akan menyempurnakan hasil. Jika Anda ingin mencapai hasil sempurna pada olahan serat alam seperti kusen, daun pintu bahkan furniture dengan Orchid bisa mengikuti beberapa trik berikut ini. 

• Menggunakan dempul kayu

Dempul bukan hanya material yang hanya bisa digunakan pada kayu. Anda juga bisa menggunakannya pada bahan serat alam seperti bambu dan rotan. Dempul berfungsi untuk menutup cacat kayu hingga permukaannya berubah jadi halus. 

Khusus untuk dempul ini Anda bisa menggunakan Bioduco wood putty yang merupakan dempul kayu water based. Hanya dengan dempul berbasis air saja Anda akan mendapatkan warna dari Orchid lebih sempurna dan permukaan lebih merata.

• Memberikan lapisan primer

Primer coat adalah bahan yang wajib digunakan untuk pengecatan warna solid. Serat kayu yang warnanya sangat tajam tidak akan tertutup dengan cepat jika Anda hanya mengandalkan cat warna solid saja. Oleh karena itu untuk warna yang lebih menutup sebelum mengaplikasikan cat Orchid akan lebih baik jika memberikan Bioduco primer coat. 

Baca Juga:  Supplier Cat Dasar Kayu Cepat Kering BioColours

Pergunakan produk Bioduco primer coat yang berbasis air dan kompatibel dengan cat Orchid. Warna yang tersedia adalah putih sehingga berfungsi sebagai dasaran dari cat orchid sebelum diaplikasikan. 

• Menguas cat ke satu arah

Bagaimana supaya hasil cat tidak meninggalkan brush mark? Banyak sekali yang sering menanyakan hal ini. Karena teknik menguas mempengaruhi hasilnya apalagi jika Anda menggunakan warna solid. 

Khusus cat Orchid Anda bisa menggunakan kuas dari bulu nilon yang hasilnya lebih rapi dan halus dibandingkan bulu alami yang keras dan mudah rontok.  Selain itu arah menguas cat juga harus diperhatikan yaitu searah saja. 

Karena Anda tidak bisa melihat arah serat kayu maka sebaiknya buatlah arah sapuan kuas sendiri. Misalnya Anda menguaskan ke satu arah vertikal yang panjang atau horizontal saja. Dengan begitu hasil kuas akan merata dan menutup. 

• Sedikit mengangkat kuas

Satu trik lagi yang bisa kamu dilakukan untuk menghindari brush mark adalah dengan mengangkat kuas sedikit yaitu sudutnya 45 derajat dari permukaan kayu. Kemudian kuas bisa ditarik dengan lembut dari satu tarikan yang panjang. 

Hindari untuk menekan kuas berlebihan karena bisa membuat coating tampak mengeras dan brush mark pun muncul. Anda bisa mencelupkan cat jika larutan di kuas sudah benar-benar habis. 

• Jangan pernah menjemur 

Setiap selesai satu lapisan coating, baik itu dempul, primer dan Orchid Anda jangan sekali-kali menjemurnya. Cat berbasis air bukanlah jenis cat yang bisa kering dengan dijemur. Justru dengan penjemuran Anda tidak akan mendapatkan lapisan coating yang kering sempurna. 

Produk berpelarut air hanya akan kering sempurna jika diangin-anginkan dalam ruangan saja. Karena air bisa menguap lebih cepat justru tanpa bantuan panas atau sinar matahari. Waktu keringnya yang cepat yakni 60 menit tidak akan mempengaruhi proses finishing yang lama. 

Dimana Penjual Cat Kayu Besi Orchid?

Pertanyaan terakhir yang harus dijawab adalah dimanakah Anda bisa mendapatkan produk cat kayu besi Orchid ini? Produk yang memiliki banyak sekali keunggulan ini bisa Anda akses di berbagai daerah seperti kota Yogyakarta, Cirebon dan Jepara.

Anda juga bisa mengakses cat Orchid melalui link berikut ini:

  1. https://www.tokopedia.com/biopaint102
  2. https://www.tokopedia.com/bioindustrieso
  3. https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Kami juga memiliki banyak agen di kota terdekat Anda. Bagi Anda yang tertarik untuk bergabung menjadi agen kami masih ada kesempatan besar. Anda langsung bisa mendaftar melalui website ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X