mengecat mainan kayu

Kegiatan Seru Mengecat Mainan Kayu Bersama Anak

Bingung ingin berkegiatan saat social distancing karena virus Corona? Jangan biarkan hari Anda menganggur, bersantai boleh tapi bukan berarti Anda tak bisa melakukan kegiatan. Salah satu hal seru bisa Anda lakukan bersama anak, yaitu mengecat ulang mainan kayu yang sudah mulai usang. 

Tak ada salahnya untuk mengajarkan anak-anak untuk merawat mainan mereka, toh hasilnya juga dirasakan sendiri. Jadi bukan masalah jika hasilnya sedikit belepotan dan sempurna. Justru disinilah Anda bisa membangun kebersamaan karena waktu luang yang lebih lama di rumah. 

Sekarang pertanyaannya adalah apakah sulit untuk mengecat ulang mainan kayu anak yang lama? Tentu saja tidak. Walaupun ada beberapa bagian yang harus Anda lakukan sendiri, tetapi pada saat mengecat anak bisa turut dilibatkan. Kuncinya hanyalah Anda hanya perlu tahu produk apa yang digunakan dan langkah-langkahnya. 

Saat ini ada begitu banyak produk cat di pasaran yang harus dipilih. Karena Anda akan mengecat mainan kayu edukatif bersama anak maka cat yang digunakan juga harus aman. Apakah produknya dan seperti apa cara mengecat yang asyik? Ikuti disini. 

Pelindungan yang Perlu Digunakan Sebelum Mengecat

Sebelum mengecat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan khususnya dalam hal perlindungan. Hal ini disebabkan Anda akan mengecat menggunakan bahan kimia yang notabene terkenal dengan logam berat yang tak baik bagi kesehatan. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempersiapkan diri dengan perlengkapan perlindungan di bawah ini:

  • Masker

Semua bahan cat mengandung logam berat, yang membedakannya adalah jumlah kandungannya. Apapun produk yang Anda gunakan, selalu lindungi diri dan si kecil dengan masker sebelum mengecat. Cat mungkin bisa saja aman, namun saat mengamplas serbuk kayu bisa saja masuk ke dalam saluran pernapasan. 

Gunakanlah masker sebelum mulai berkegiatan dan setelah selesai. Selalu pakaikan masker kepada anak dan awasi supaya mereka tidak melepaskannya. 

  • Sarung tangan

Ketika mengecat akan lebih baik jika Anda juga mengenakan sarung tangan tebal dari kain supaya cat atau kotoran lain tidak langsung mengenai kulit. Anda mungkin akan bekerja dengan banyak benda kotor dan debu. Langkah ini supaya kebersihan tangan tetap terjaga. 

Bukan hanya Anda, tetapi Anda juga harus mengenakan sarung tangan dengan ukuran yang pas kepada anak. 

  • Pakaian

Perlindungan yang dikenakan tidak terlepas juga dari pakaian. Kenakanlah pakaian yang nyaman seperti kaos, supaya kotoran tidak langsung mengenai tubuh. Jika perlu gunakanlah juga celemek kerja untuk mengecat supaya cat lebih mudah dibersihkan nantinya. 

Pastinya sangat lucu untuk mengenakan celemek kepada anak. Anda bisa membuat celemek couple yang imut dan bisa digunakan untuk mengecat benda lain bersama anak. 

Jika perlindungan-perlindungan seperti ini sudah siap untuk dikenakan, saatnya bagi Anda untuk mencari produk terbaik untuk digunakan. 

Produk Terbaik untuk Mengecat Mainan Kayu 

mainan kayu anak

Di antara semua jenis cat untuk mainan kayu, Bioduco chalk paint adalah pilihan yang tepat. Cat ini merupakan cat berbahan dasar air dengan kandungan logam berat seperti timbal, merkuri atau formalin yang sangat dibatasi. Sehingga kandungan berbahaya tersebut tidak akan memberikan efek negatif kepada lingkungan maupun kesehatan. 

Bioduco chalk paint merupakan satu-satunya chalk paint yang ada di Indonesia dimana cat ini sangat mudah untuk diaplikasikan. Ada beberapa alasan mengapa cat ini perlu untuk dipilih berikut ini:

  • Proses cepat dan sempurna

Semua langkah aplikasi hanya perlu menggunakan kuas berbulu nilon saja. Kuas adalah alat sempurna yang mudah untuk digunakan oleh anak-anak. Selain itu, hanya dengan sekali kuas saja cat akan kering dengan lebih cepat. 

  • Pilihan warna menarik

Anda bisa memilih banyak pilihan warna chalk paint yang sangat disukai oleh anak-anak seperti biru, kuning, merah atau pink. Anda cukup memberikan pilihannya supaya anak bisa memilihnya sendiri. 

  • Tersedia dalam kemasan kecil

Cat ini tidak harus dibeli dalam jumlah banyak supaya Anda bisa membeli berbagai macam warna. Apalagi jika ukuran mainannya kecil Anda hanya perlu membeli kemasan 500 gram saja. 

  • Tak menimbulkan bau

Salah satu bukti bahwa cat rendah formalin adalah tidak ada bau menyengat yang keluar. Anda bisa membuktikannya dengan mencium langsung ketika kaleng pertama kali dibuka. 

Langkah Mengecat Mainan Kayu dengan Mudah

Mengecat adalah kegiatan yang dulu hanya Anda kenal dilakukan oleh para pengrajin. Siapa sangka kini ada begitu banyak produk yang memudahkan untuk setiap orang melakukan DIY finishing di rumah. Hal ini sebenarnya telah berlangsung lama, namun masih sedikit ibu rumah tangga atau orang tua yang memanfaatkan kegiatan ini bersama anak. 

Padahal sangat mengasyikan loh, selain itu kegiatan mengecat bersama juga bisa memberikan edukasi dini kepada anak Anda. Sudah tak sabar untuk mulai mengecat mainan kayu edukasi? Ikuti langkahnya ini . 

Persiapan Mainan Kayu sebelum Dicat

Di rumah, mungkin ada segudang mainan kayu edukasi anak, tak semuanya harus dicat ulang. Anda hanya perlu mencari manakah mainan yang benar-benar perlu dicat ulang. Seperti cat yang sudah mengelupas atau banyak goresan yang muncul. Maka Anda harus segera memilih produk cat khusus mainan kayu.

Pada proses ini sebaiknya jangan melibatkan anak terlebih dahulu. Karena Anda akan menghilangkan lapisan coating lama dengan bahan yang cukup keras. Tuangkan bahan seperti thinner atau kimia khusus untuk mengelupas cat ke permukaan mainan. Setelah itu bersihkan cat yang mengelupas dengan scrape. 

Amplas permukaan mainan hingga semua lapisan coating yang mengelupas hilang. Pastikan tak ada cat lama yang tersisa pada permukaannya. 

Proses Mengecat dengan Bioduco Chalk Paint

Saatnya mengecat bersama anak. Tak sulit untuk mulai mengecat, ikuti langkahnya berikut ini:

  1. Letakkan mainan kayu di atas koran. Bersihkan mainan kayu dengan kain yang kering dan bersih. 
  2. Campurkan Bioduco chalk paint dengan air menggunakan perbandingan 2 : 1. Anda bisa membuat beberapa larutan warna supaya bisa langsung mengecat. Jika ada banyak warna, siapkan juga kuas sesuai dengan jumlah warnanya. 
  3. Kuas permukaan mainan kayu, ajarkan si kecil untuk mencelupkan cat dan menguaskannya di atas permukaan mainan mereka. 
  4. Lakukan pengecatan hingga merta baru didiamkan selama 60 menit. Baru amplas permukaannya dengan amplas nomor 400. Jangan lupa libatkan juga si kecil pada tahapan ini. 
  5. Setelah di amplas bersihkan permukaan mainan dengan kain yang kering dan ulangi penguasan sekali lagi dan selesai. 

Jangan lupa setelah selesai mengecat, cuci tangan dan semua alat mengecat seperti kuas dan wadah mencampur cat. Jika masih ada sisa cat pada kaleng, bersihkan dengan kain pinggirannya dan tutup rapat kembali. 

Untuk mainan kayu, diamkan selama semalaman supaya bisa mengering secara sempurna. Jika sudah kering, mainan kayu sudah bisa digunakan oleh anak-anak Anda. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X