kursi chalk paint

Bioduco Chalk Paint : Tanpa Amplas Mengecat jadi Lebih Mudah

Kini tidak perlu lagi kesulitan mengecat karena tidak dapat mengamplas dengan benar. Biasanya mengamplas akan menjadi proses pengecatan yang sangat vital. Tanpa amplas antar lapisan coating tidak akan menempel. Hal ini bisa terjadi jika cat yang digunakan adalah cat solid atau pernis.

Anda bisa mengecat tanpa harus mengamplas dengan Bioduco chalk paint. Mengapa bisa? Daya rekat yang sangat baik ditambah dengan daya tutupnya yang maksimal membuat pengamplasan tidak perlu dilakukan. Menggantikan proses mengamplas, Anda harus menguasai teknik menguas. 

Hanya dengan kuas saja, chalk paint akan menghasilkan tampilan yang halus. Warna cat akan merata bebas brush mark. Bahkan Anda tidak perlu lagi berurusan dengan mengamplas yang banyak debu.

Tidak perlu lagi juga untuk bingung seberapa lama harus mengamplas dan bagaimana permukaan yang sudah halus. Jadi bagaimana, apakah Anda sudah siap untuk mengecat tanpa amplas ini?

Pengamplasan tetap Dibutuhkan Hanya saat Persiapan

Tanpa mengamplas diartikan hanya antar lapisan coating. Anda tidak harus mengamplas setiap cat mengering untuk memudahkan lapisan cat diatasnya menempel. Mengamplas hanya perlu dilakukan saat persiapan kayu saja. Proses pengamplasan berfungsi untuk menghaluskan permukaan kayu. 

Apabila kayu permukaannya sudah halus dan juga merata, maka tidak perlu mengamplas kembali. Anda cukup membersihkan debu dan kotoran saja yang menempel. Proses mengamplas permukaan kayu yang masih kasar dimulai dengan kertas amplas nomor 180. 

Sebaiknya gunakan amplas dari bahan alumunium oxide kemudian ganti dengan amplas nomor 220 jika permukaan sudah mulai menjadi halus. Amplas searah dengan serat kayu kemudian bersihkan semua debu amplas. 

Membersihkan debu harus hingga tidak menutup pori kayu. Ada dua cara yang bisa digunakan, pertama adalah dengan kain yang sudah dibasahi kedua dengan mesin vakum. 

Baca Juga:  Mengenal Jenis Cat Duco Kayu yang Aman untuk Furniture Dapur

Teknik Mengecat Halus dengan Kuas

Sebagai ganti mengecat tanpa amplas, Anda harus menguasai proses penguasan. Menguaskan Bioduco chalk paint tidaklah sulit. Cat sudah dirancang untuk mudah diaplikasikan dengan kuas, ditambah dengan bahan pelarut air akan membuat Anda hemat budget. 

Ada beberapa teknik menguaskan yang harus diperhatikan setidaknya sebagai berikut ini:

  1. Pilih kuas yang bulat dengan bulu nilon. Bulu ini akan membuat cat dapat diaplikasikan merata.
  2. Memberikan dua lapisan cat, setidaknya ada dua lapisan yang dibutuhkan. lapisan pertama tidak harus halus, dan lapisan kedua harus benar-benar halus. 
  3. Menggunakan sapuan kuas yang panjang. Sapuan kuas yang panjang akan membuat cat lebih merata dan halus. 
  4. Mengecat secara horizontal. Walaupun arah serta vertikal, Anda bisa mengecat secara horizontal sehingga lebih mudah mengaplikasikan.
  5. Angkat kuas dan bentuk sudut 45 derajat saat menghaluskan lapisan kedua. Cara ini akan menghaluskan permukaan lebih cepat. 

Inilah teknik yang harus Anda perhatikan setiap kali menguaskan cat. Jika tidak hasilnya akan menimbulkan brush mark. Intinya dengan menguas Anda bisa mengendalikan aliran cat dan menghasilkan permukaan yang sangat halus. 

Keuntungan Menggunakan Bioduco Chalk Paint

produk chalk paint

Bukan hanya tanpa amplas, masih banyak keuntungan lainnya yang akan didapatkan dari Bioduco chalk paint. Keuntungan ini sangat baik untuk pengguna maupun untuk furniture kayu sendiri. Mulai dari proses aplikasi mudah tanpa amplas, hingga tampilannya yang sangat menarik. 

Apa saja yang menguntungkan menggunakan cat ini? Berikut ini macam-macamnya:

  • Pilihan warna berbagai

Semua warna yang disediakan adalah warna-warna pastel yang lembut. Cocok digunakan untuk berbagai macam gaya vintage dan shabby chic. Anda bisa menggunakannya baik warna terang dan gelap. Tersedia 20 pilihan warna pastel yang sangat menarik. 

  • Kecepatan keringnya
Baca Juga:  Produsen Cat Kayu BioVarnish Bukan Cat Solvent

Tanpa harus dijemur, chalk paint akan bisa mengering dengan lebih mudah. Hasil keringnya juga sempurna tidak akan ada efek warna yang terlalu putih atau retak. Daya rekatnya yang tinggi akan terbentuk dengan maksimal. 

  • Aman dan ramah lingkungan

Kandungan bahan pembuatnya adalah air, jadi cat ini aman dan juga ramah lingkungan. Kandungan logam beratnya sangat rendah sehingga Anda tidak perlu lagi takut akan pencemaran lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya aroma yang keluar dari cat. 

Proses Aplikasi Bioduco Chalk Paint tanpa Amplas

Jika mengamplas tidak diperlukan maka waktu mengecat akan semakin singkat. Nah inilah yang bisa Anda capai dengan Bioduco chalk paint. Proses aplikasinya dimulai dari persiapan bahan dan alat. Ruangan juga harus terang dan memiliki sirkulasi udara yang bagus. 

Bahan dan alat yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

  1. Bioduco chalk paint
  2. Biopolish Beeswax
  3. Air
  4. Gelas plastik
  5. Pengaduk
  6. Kain katun yang bersih dan kering
  7. Kuas dengan bulu nilon

Apabila semua alat sudah dipersiapkan, maka amplas permukaan furniture kayu. Bersihkan sekali debu amplas dengan kain. Jika sudah bersih, maka langsung saja aplikasikan Bioduco chalk paint. 

Langkah-Langkah Aplikasi Chalk Paint

Pertama campurkan Bioduco chalk paint dengan air hingga mendapatkan larutan yang dibutuhkan. Anda bisa melihat dari warna yang dihasilkan. Kemudian lanjutkan dengan proses penguasan, kuas cat dengan teknik mengecat yang tadi telah dijelaskan. 

Pada lapisan pertama cukup dikuaskan secara merata, tidak perlu rapi dan tidak perlu takut dengan adanya brush mark. Tunggu lapisan pertama ini kering, kemudian ulangi aplikasi dengan hasil yang lebih halus. 

Kuas harus sedikit diangkat kemudian di sapukan dalam sapuan kuas yang sangat panjang. Pada bagian siku tambahkan sedikit cat dan tutul tipis-tipis hingga tidak menimbulkan bekas. Haluskan kembali, dan proses ini dilakukan dari satu permukaan ke permukaan lainnya. 

Baca Juga:  Softwood Membutuhkan Pemutih Kayu Aman WA 250

Langkah-Langkah Pemolesan Beeswax

Bagaimana dengan pemolesan? Anda bisa memoles apabila permukaan kayu sudah benar-benar kering. Setidaknya dua atau tiga jam setelah aplikasi proses poles bisa dilakukan. Cara memastikannya, tekan ibu jari pada permukaan cat dan tidak ada bekas yang muncul. 

Jika sudah siapkan Biopolish Beeswax dan juga kuas baru. Baru kuaskan beeswax ke seluruh permukaan kayu dan gosok permukaannya dengan kain katun yang kering. Gosoklah hingga tidak ada lapisan beeswax yang terasa lengket pada permukaan. 

Tampilan dari kayu otomatis juga akan berubah, sehingga tampil lebih mengkilap. Anda harus mengulangi proses aplikasi beeswax setidaknya setiap tiga minggu sekali. Langkah ini juga merupakan perawatan agar tampilan dari kayu bertahan lama. 

Kapan Menggunakan Finishing Tanpa Amplas?

Anda bisa mengaplikasikan langkah ini apabila menginginkan tampian furniture yang tertutup rapi dengan chalk paint. Anda tidak bisa menggunakan langkah ini apabila ingin memperlihatkan furniture kayu yang tampak usang. Karena furniture yang tampak usang seperti antik harus menggunakan amplas. 

Teknik distressing untuk memperlihatkan bagian usang pada furniture mengandalkan amplas. Sehingga chalk paint yang sudah diaplikasikan dapat dihilangkan di beberapa bagian khusus dengan mudah. 

Jadi sebelum Anda mengaplikasikan cat chalk paint, sebaiknya tentukan gaya dan hasil finising seperti apa yang diinginkan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X