lantai kayu outdoor

Tips Mengenali Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu

Ruangan baik indoor atau outdoor menggunakan lantai kayu akan terkesan lebih mewah. Lantai kayu juga memiliki berbagai resiko, oleh karena itu kenali kelebihan dan kekurangannya agar tidak menyesal.

Sebagian hunian rumah pribadi di Indonesia umumnya menggunakan lantai dari keramik, marmer dan granit. Jika dilihat dari materialnya, lantai tersebut cenderung sangat awet dan memiliki motif yang indah. Namun, jika Anda ingin menambah kesan mewah pada suatu ruangan maka Anda dapat menambahkan lantai dari kayu.

Penyusunan kayu untuk lantai harus hati-hati dan benar agar kayu terpasang dengan rapi dan tidak menimbulkan kecelakaan. Lantai kayu memberikan kesan mewah apabila pemasangannya benar.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu untuk Kebutuhan Outdoor

Lantai kayu tidak hanya untuk bagian indoor saja melainkan juga untuk outdoor. Kayu yang digunakan pun memiliki karakter yang tahan terhadap perubahan cuaca dan tidak mudah terserang jamur atau serangga seperti rayap.

Misalkan, pada halaman belakang atau bagian teras, Anda dapat menggunakan lantai kayu untuk menambah kesan mewah pada rumah Anda. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan lantai kayu, kenali terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya.

lantai kayu outdoor

Kelebihan Lantai Kayu

  • Lebih Ramah Lingkungan

Lantai yang menggunakan material dari kayu tergolong material yang ramah lingkungan dan tidak berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Selain itu, material ini juga mudah untuk didaur ulang apabila sudah tidak layak lagi digunakan.

  • Perawatan Mudah

Perawatan lantai dari kayu ini juga lebih mudah.  Anda tidak perlu membeli bahan pembersih yang mahal. Untuk membersihkan debu atau noda yang mnempel pada lantai, Anda cukup mengelapnya dengan lap setengah basah.

  • Lantai Kayu Cenderung Awet

Lantai kayu juga tergolong awet digunakan bahkan jika dirawat dengan baik bisa bertahan lebih dari 5 tahun. Selain itu, rumah yang menggunakan lantai kayu juga akan terkesan mewah dan memiliki harga jual yang lebih mahal.

  • Memberikan Kesan Hangat

Penggunaan kayu akan memberikan kesan yang lebih hangat baik pada indoor ataupun outdoor. Sebab, kayu dapat menyesuaikan suhu udara sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika suhu udara terasa dingin atau panas. Wajar saja, lantai kayu sangat sering diterapkan di rumah-rumah bergaya Eropa yang memiliki empat musim dengan suhu yang berbeda-beda dan berubah setiap 3 bulan sekali.

Kekurangan Lantai Kayu

  • Membutuhkan Perlakuan Khusus

Karena terbuat dari kayu maka dibutuhkan perlakuan khusus agar lantai kayu tidak mudah rusak atau keropos. Meskipun kayu yang digunakan adalah jenis kayu dengan karakter tahan cuaca dan serangan jamur atau rayap, tetap dibutuhkan perlakuan khusus.

Jika kayu yang digunakan tidak memiliki karakter tersebut, dibutuhkan perlakuan khusus seperti diberikan antijamur atau antiserangga, sebab kelembaban udara dapat memicu munculnya jamur atau rayap.

  • Tampilan Lantai Kayu Mudah Pudar

Lantai kayu mbutuhkan finishing. Hal ini bertujuan agar kayu tidak mudah rusak apabila terkena benda tumpul atau cairan. Sayangnya, apabila cat yang digunakan merupakan jenis cat solvent based maka akan mudah memudar jika terkena bahan cair dan tidak segera dibersihkan.

Ketika digunakan untuk outdoor, cat yang digunakan mungkin saja sudah dilengkapi dengan fitur weather resistance namun hanya bertahan untuk beberapa tahun saja dan perlu refinishing untuk menjaga ketahanan dari cat tersebut.

Tips Finishing Lantai Kayu Agar Lebih Awet

Untuk menjaga kualitas lantai kayu, dibutuhkan lapisan finishing di atasnya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa lapisan cat akan membantu lantai kayu lebih terlindungi dan tampilan warnanya semakin tajam.

Warna lantai kayu pada umumnya adalah natural kayu sehingga memberikan kesan yang lebih hangat dan alami. Oleh karena itu, cat yang dibutuhkan umumnya adalah pelitur. Sayangnya, jika hanya dilapisi pelitur, kayu akan lebih rentan rusak karena daya proteksinya yang kurang optimal.

Anda dapat menggunakan lapisan cat polyurethane yang memiliki ketahanan yang lebih optimal dari masalah pada kayu seperti tahan terhadap kelembaban udara, tidak mudah tergores serta tahan perubahan cuaca.

Salah satu cat polyurethane yang memiliki kualitas yang bagus dan ramah lingkungan adalah Biothane. Selain itu, cat natural untuk kebutuhan indoor, gunakan Biovarnish.

Biovarnish dan Biothane merupakan cat kayu yang ramah lingkungan sehingga tidak menimbulkan bahaya pada kesehatan atau pun lingkungan. Hal tersebut selaras dengan penggunaan lantai kayu pada rumah Anda yang tidak menimbulkan dampak buruk pada kesehatan.

Di mana dapat membeli Biovarnish dan Biothane? Silahkan menghubungi kontak hotline yang tercantum pada website ini. Nah, bagi Anda yang ingin melakukan pemesanan lebih cepat dan praktis, dapat langsung order via marketplace di bawah ini.

Shopee: https://shopee.co.id/bio.official

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X