Apakah Liquid Stain Cat Semprot Terbaik untuk Outdoor? Ikuti Panduan Memilihnya

Liquid stain telah menjadi pewarna natural untuk semua jenis kayu baik itu furniture atau kayu sebagai struktur rumah. Fungsi stain yang utama adalah memberikan warna natural sehingga kayu tampak lebih menarik. Sedangkan fungsi lainnya adalah untuk memberikan perlindungan pada kayu. 

Sebuah produk stain akan memiliki kandungan bahan pengawet yang mencegah jamur maupun rayap menyerang kayu nantinya. Selain itu juga memberikan perlindungan dari sinar uv walaupun tak sebagus pernis yang membentuk lapisan film. Tapi setidaknya stain memiliki perlindungan supaya warna natural tak mudah luntur selama masa pemakaian furniture. 

Aplikasi liquid stain sendiri bisa bervariasi yaitu menggunakan alat semprot atau spray gun, kuas, roller, kain hingga pad. Tapi tidak semua pabrikan stain memiliki keunggulan untuk diaplikasikan menggunakan berbagai macam alat tersebut. Terutama stain yang ditujukan untuk aplikasi spray. 

Biasanya stain yang difungsikan spray tak bagus diaplikasikan dengan kuas, begitupun sebaliknya. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memilih jenis produk stain untuk disemprot dengan tepat. Supaya hasilnya memberikan warna terbaik sekaligus perlindungan maksimal. 

Panduan Mudah Memilih Cat Liquid Stain Semprot Outdoor

Bagaimana untuk memilih liquid stain cat semprot terbaik? Tentunya dengan melalui banyak percobaan Anda akan menemukan produk terbaik. Sebuah pabrik furniture, pastinya akan melakukan uji coba beberapa merk stain sebelum mengaplikasikannya pada furniture dalam jumlah banyak. 

Uji coba ini dibutuhkan supaya memastikan kualitas furniture nantinya tetap terjaga. Terutama oleh masalah sinar uv jikalau furniture diletakkan di luar ruangan seperti furniture taman. Nah mempermudah Anda untuk mencari produk cat semprot terbaik untuk furniture outdoor, berikut ini cara memilih yang bisa diikuti:

  • Memiliki Perlindungan Sinar UV
Baca Juga:  Merk Cat Dasar Kayu Tahan Air Biocolours Dengan Kualitas Terpercaya

Ada banyak jenis perlindungan yang dibutuhkan sebuah furniture outdoor, salah satunya adalah sinar UV. Terpapar terus menerus oleh sinar UV akan mengganggu warna dari kayu bahkan stain. Jika sebuah produk tak memiliki perlindungan ini, maka warna dari furniture akan mudah untuk pudar. 

Pudarnya warna berawal dari lapisan stain kemudian ke permukaan kayu. Jika warna sudah sampai ke kayu maka sulit untuk memperbaikinya. Cek kembali apakah stain memiliki ketahanan terhadap sinar uv. 

  • Memberikan perlindungan dari perubahan cuaca

Lapisan coating dari stain bisa saja mudah retak karena tidak lentur atau fleksibilitas yang tinggi. Kayu memiliki sifat yang mudah berubah bentuk karena perubahan cuaca panas ke dingin dan sebaliknya. Karena furniture diletakkan di luar ruangan maka cuaca ekstrim akan sangat mempengaruhi. 

Sebaiknya Anda memilih stain yang memberikan lapisan coating kuat tetapi fleksibel. Apapun perubahan bentuk yang terjadi pada kayu, coating akan tetap mengikuti perubahan bentuknya. 

  • Mudah larut ketika diencerkan

Menggunakan alat semprot memberikan pengaruh pada pelarutan bahan. Stain bisa mudah dilarutkan atau sulit tergantung dengan jenis coloring yang digunakan. Jika menggunakan pigmen, maka akan cepat mengendap dan cukup sulit untuk dilarutkan. Ketika disemprot, cat mudah mengendap membuat spray gun tersumbat. Oleh karena itu pilih jenis colorant dari bahan dye. 

Dye adalah jenis colorant yang mudah larut tergantung jenis bahan pelarut yang digunakan. Selain itu warna yang diberikan oleh dye juga lebih natural transparan ketimbang pigmen. Jadi sebaiknya pilih liquid stain dengan colorant dye yang berkualitas. 

  • Tidak menimbulkan sagging

Pada saat mengetes bahan finishing, cobalah cek bagaimana tingkat kerekatannya setelah diaplikasikan. Anda mungkin saja sudah mendapatkan viskositas cat yang tepat, tetapi ketika disemprotkan cat justru tidak banyak yang menempel. Banyak cat yang mengalir dan menimbulkan bekas pada permukaan kayu. 

Baca Juga:  Mau Punya Kursi Anak Kayu yang Menarik? Yuk Cek Caranya Di Sini

Tetesan air yang disebut sagging ini akan sangat mengganggu hasil finishing. Bahkan hanya dengan mengamplasnya saja tidak cukup untuk menghilangkan efek sagging. Oleh sebab itu akan lebih baik jika Anda mengecek munculnya sagging sebelum benar-benar mengaplikasikannya pada kayu. 

  • Kecepatan mengering yang tinggi

Stain yang diaplikasikan untuk outdoor, harus memiliki kecepatan kering yang tinggi. Karena tak selalu digunakan untuk furniture yang proses aplikasinya bisa dilakukan secara indoor. Bayangkan saja jika Anda hendak mengecat lantai kayu pada teras rumah atau patio di belakang rumah. Maka kecepatan kering akan menjadi kunci keberhasilan finishing nantinya. 

Menggunakan spray sudah cepat, tetapi itu saja tidak cukup untuk bisa menyelesaikan tahapan finishing dalam satu hari. Anda harus mendapatkan stain yang waktu keringnya setidaknya adalah satu jam. Jadi Anda bisa mengaplikasikan lebih dari satu lapisan coating dalam beberapa jam. 

  • Opacity yang diberikan

Opacity yang dimaksud disini adalah tingkat kepekatan warna yang diberikan. Walaupun stain memberikan warna natural, tetapi ada juga tingkat kepekatan warnanya. Mulai dari semi transparan, semi opaque hingga warna opaque. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang benar-benar natural, maka tampilan semi transparan akan cocok digunakan. 

Pada tingkatan opaque color, biasanya warna natural yang diberikan hampir mirip dengan cat duco. Dimana serat kayu sudah tak terlihat lagi, tetapi dominan warna coklat kayunya. Warna opaque dihasilkan dengan menggunakan bahan pigmen tinggi yang artinya Anda harus lebih berhati-hati ketika mengaplikasikannya.  

Tips Mengaplikasikan Liquid Stain dengan Alat Semprot

Anda mungkin sudah menentukan produk cat semprot yang ingin digunakan. Selain mengikuti tata cara mengaplikasikan sesuai dengan kemasan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apalagi jika sebelumnya Anda tidak terbiasa menggunakan spray gun. Diperlukan banyak latihan supaya berhasil mendapatkan tampilan yang halus. 

Baca Juga:  Menciptakan Efek Kayu Terbakar Pada Kayu Pinus

Sekali berhasil, Anda lama kelamaan akan terbiasa dan bisa mendapatkan ketebalan coating hingga tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Supaya cepat berhasil, ikuti beberapa tips mengaplikasikan stain dengan spray gun berikut ini:

  • Perhatikan viskositas

Jika Anda menggunakan stain dari pigmen, maka viskositas cat sangatlah penting. Jika terlalu cair akan menimbulkan sagging dan terlalu kental akan menimbulkan penyumbatan. Viskositas yang digunakan harus sesuai dengan aturan pemakain dalam kemasan kaleng. Perhatikan bagaimana viskositas yang dibutuhkan dan berapa perbandingan bahan dan pelarut yang dibutuhkan. 

  • Jangan penuhi tabung spray 

Hindari untuk mengisi tabung spray terlalu penuh, baik itu cat duco atau stain. Terlalu penuh akan membuat cat mudah tumpah. Selalu isi maksimal ¾ bagian kaleng dan tutup dengan kencang. Jika salah akan membuat cat tumpah dan mengotori ruang kerja Anda. 

  • Aduk bahan sesekali

Menggunakan stain dari dye tentu akan mempercepat, tetapi jika Anda hanya mendapatkan stain dari bahan pigmen maka harus rajin mengaduk bahan sesekali. Setelah membuat larutan, kebanyakan colorant akan mengendap. Cara mengembalikannya adalah selalu mengaduknya sebelum menuang ke dalam tabung spray. 

  • Mengatur jarak semprot

Pengaturan jarak antara nozzle dengan substrat kayu harus terus diperhatikan. Akan lebih baik jika menggunakan jarak semprot 15-20 cm supaya cat langsung menempel. Cek jarak di atas permukaan kayu lain sebelum menyemprotkannya ke permukaan kayu langsung. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X