5 Jenis Kitchen Set Yang Cocok Untuk Dapur Minimalis

Dapur akan terlihat bersih ketika semua ditata dengan rapi, salah satunya dengan adanya kitchen set. Ada banyak jenis kitchen set yang bisa Anda pilih dan letakan di dapur Anda.

Semua orang menginginkan dapur yang bersih dan tertata rapi. Peralatan dapur, peralatan makan dan alat masak yang tertata dengan baik akan menunjang kenyamanan seseorang ketika berada di dapur.

Untuk mewujudkan hal itu, Anda bisa menerapkan kitchen set di dapur. Ada banyak macam kitchen yang bisa digunakan dan pastikan sesuai dengan desain dan dimensi dapur itu sendiri. Jika dapur memiliki lahan yang sempit, dibutuhkan kitchen set yang praktis dan memiliki banyak ruang penyimpanan.

5 Jenis Kitchen Set Cocok Untuk Dapur Minimalis

Dapur minimalis sedang tren seiring dengan meningkatnya minta masyarakat terhadap rumah minimalis. Hal ini disebabkan oleh tuntutan setiap keluarga yang menginginkan untuk memiliki rumah pribadi dengan area yang proporsional.

Oleh karena rumah minimalis didesain pada lahan yang sempit, ruangan termasuk dapur pun juga didesain dengan ukuran kecil. Untuk menunjang kerapian, kebersihan dan efektivitas saat memasak, dibutuhkan kitchen set. Berikut 5 jenis kitchen set yang bisa menjadi rujukan ketika mendesain dapur di rumah minimalis.

1. Kitchen Set Island

jenis kitchen set island yang minimalis dan elegan

Kitchen set island biasanya diterapkan pada dapur dengan lahan yang cukup luas. Hal ini disebabkan oleh fokus meja yang ada di tengah ruang dapur. Meskipun biasa digunakan pada dapur dengan lahan yanh cukup luas ternyata cocok juga untuk dapur yang didesain dengan lahan yang cukup sempit, loh.

Perpaduan kabinet kitchen serta meja yang ditata dengan tepat dan memiliki dimensi yang pas akan membuat ruang dapur lebih bersih dan rapi. Kabinet kitchen set umumnya memiliki tempat penyimpanan yang banyak sehingga dapat menyimpan banyak keperluan dapur.

Bagian ini bisa memberikan kemudahan bagi penghuni rumah karena bisa memisahkan bagian dapur bersih dan dapur kotor. Bisa dikatakan bahwa kitchen set island merupakan dapur ideal untuk hunian rumah, baik dapur lahan luas atau dapur dengan lahan yang sempit.

2. Kitchen Set Single Line

kitchen set single line yang diterapkan pada dapur dengan ukuran minimalis

Kitchen set single line sangat disarankan untuk dapur yang minimalis. Kabinet yang berdiri hanya di satu sisi membuat ruang lebih rapi dan efisien. Penghuni rumah pun dengan mudah melakukan aktivitas di dapur. Tempat penyimpanan pada kitchen set single line cukup besar sehingga kebutuhan dapur dapat disimpan dan ditata dengan rapi.

Lemari gantung yang digunakan biasanya sangat rapat sehingga barang yang disimpan bisa ditata dengan maksimal.

3. Kitchen Set Letter L

kitchen set lette L yang dicat berwarna putih untuk dapur minimalis

Bagi Anda yang memiliki dapur cukup luas meskipun di hunian minimalis, tida adak salahnya menerapkan dapur jenis kitchen set letter L. Kabinet dengan desain L ini juga cukup umum digunakan karena fungsinya. Biasanya pada bagian satu sisinya digunakan sebagai kompor serta tempat cuci piring dan sisi lain digunakan untuk penempatan barang elektronik dan keperluan dapur seperti magic jar, microwave, bumbu dapur dan lain sebagainya.

Bagi yang memiliki barang keperluan dapur begitu banyak, kitchen set L line ini sangat cocok untuk diterapkan, karena kitchen set jenis ini memiliki banyak penyimpanan baik pada lemari gantung atau bagian lacinya.

4. Kitchen Set Custom

kitchen set custom yang dicat warna-warna

Jika Anda tidak cocok dengan desain kitchen di atas, Anda bisa memilih untuk kitchen set custom. Model dapur custom sangat cocok bagi Anda yang memiliki ide out of the box. Anda bisa merangkai desain sendiri sesuai dengan keinginan dan kebutuhan di dapur.

Dengan mengandalkan ide yang Anda miliki, tata ruang dapur akan lebih sesuai keinginan dan kebutuhan. Tentu saja ketika dapur sesuai dengan ekspektasi pemilik rumah, pemilik rumah akan terasa lebih nyaman.

5. Kitchen Set Terbuka

kitcen set terbuka yang tersambung dengan ruang santai keluarga

Rumah minimalis tentu saja akan cukup sesak apabila di dalam ruangan yang serba tertutup. Jika menginginkan kesan yang lebih luas dan lega, Anda bisa menerapkan kitchen set terbuka. Biasanya bagian ruang dapur terhubung langsung dengan luar ruangan sehingga dibutuhkan kitchen set yang terlihat seperti cooking show.

Ketika bagian dapur terhubung dengan taman, penghuni rumah dapat melakukan perjamuan bersama tamu seperti barbeque atau pesta kebun. Dengan kitchen set gaya cooking show ini akan lebih terasa menarik namun juga terlihat lebih lega.

Finishing Pada Jenis Kitchen Set Kayu

Dari desain kitchen set di atas, jenis kitchen set kayu adalah yang sering diterapkan baik dari kayu solid, blockboard atau particle board. Semua material ini umumnya terbuat dari kayu sehingga tampilan yang mendominasi umumnya adalah warna-warna kayu.

Area dapur juga harus bersih dan higienis namun dengan rampilan dari cat bagus. Agar hal tersebut bisa terwujud, dibutuhkan cat kitchen set yang menggunakan cat yang tidak berbahaya.

Banyak produsen cat yang mengembangkam cat yang aman digunakan untuk kitchen set ini, salah satunya adalah PT Bio Industri Omnipresen. Bagi Anda yang ingin menciptakan tampilan warna kayu pada kitchen yang aman, bisa menggunakan produk BIO, yakni Biovarnish.

Selain aman, cat Biovarnish juga mudah digunakan. Proses aplikasi juga cukup bervariasai. Anda bisa menggunakan kuas atau spray gun untuk mengaplikasikannya. Berikut langkah-langkah finishing pada jenis kitchen set kayu:

1. Pastikan kayu pada kitchen set tersebut siap untuk difinishing. Apabila terdapat bagian pada kitchen set yang masih kasar dan kotor, sebaiknya ampelas terlebih dahulu.

2. Aplikasikan Biovarnish Liqud Stain yang sebelumnya sudah dilarutkan dengan air.

3. Diamkan selama 60 menit saja lalu ampelas ambang dengan kertas ampelas No.400 apabila sudah kering sentuh

3. Agar tekstur finishing lebih halus, aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer lalu diamkan selama 60 menit dalam suhu ruangan. Jika cat sudah kering sentuh, ampelas ambang menggunakan kertas ampelas No.400

4. Terakhir, aplikasikan Biovarnish Clear Coat untuk mengunci warna serta memberikan sentuhan akhir finishing. Diamkan selama semalam. Setelah proses ini, kitchen set sudah dapat digunakan.

Untuk bisa menggunakan Biovarnish, Anda bisa langsung menghubungi kontak customer service pada laman website ini. Jika Anda terbiasa berbelanja di marketplace, bisa lakukan pemesanan melalui link berikut ini.

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X