kanopi kayu dengan atap kain yang keren

5 Desain Kanopi Kayu untuk Suasana Hunian yang Teduh

Hampir semua jenis gaya hunian rumah menggunakan kanopi pada bagian tertentu. Dari hal tersebut, dapat diketahui fungsi dan kegunaan kanopi tidak hanya sekadar mempercantik rumah saja melainkan juga memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah tersebut.

Kanopi yang banyak digunakan untuk hunian adalah kanopi berjenis galvalum. Material ini dikenal sebagai material yang murah dan mudah untuk instalasi pemasangannya. Sayangnya, galvalum adalah termasuk jenis logam penghantar panas sehingga mungkin akan sedikit kurang nyaman ketika siang hari.

Kita bisa menggunakan alternatif material lain yang dapat diterapkan pada kanopi rumah, yakni menggunakan material kayu. Pemasangannya cenderung mudah, serta dapat didesain sesuai gaya dan kebutuhan.

5 Desain Kanopi Kayu Cocok Untuk Semua Gaya Hunian

Kanopi memberikan nuansa rumah menjadi terasa lebih teduh dan aman. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa kanopi tidak hanya sekadar estetik saja melainkan juga sebagai pelindung dari cuaca. Selain itu, kanopi juga dapat melindungi barang-barang yang disimpan di halaman rumah dan carport.

Kanopi ini banyak diterapkan pada halaman, carport, balkon dan lain sebagainya, sehingga, tidak menutup kemungkinan jika penghuni rumah juga menaruh barang di tempat tersebut.

Berikut ini  akan dijelaskan 5 desain kanopi kayu yang bisa menjadi inspirasi Anda.

  1. Kanopi Kayu Rangka Besi

kanopi kayu dengan rangka dari besi yang elegan

Kanopi kayu jenis ini cukup sering dijumpai di beberapa hunian. Selain kesan kotemporer yang modern, desain semacam kanopi kayu ini juga menarik perhatian banyak orang. Desain kanopi kayu yang menggunakan rangka besi juga mudah untuk pemasangan serta perawatannya.

Karena menggunakan material kayu, rasa panas yang dipancarkan besi pun dapat diminimalkan, sehingga cocok jika diterapkan pada halaman rumah atau carport. Desain dengan sekat juga akan membuat rumah terasa lebih cerah dan tidak membuat halaman depan terasa lembab dan sesak.

  1. Kanopi Kayu dengan Rangka Kayu

Kanopi kayu yang satu ini juga menarik untuk diterapkan pada hunian rumah Anda. Sekat-sekat kayu memberikan nuansa rumah yang lebih hangat. Model kanopi semacam ini sangat cocok diterapkan untuk segala macam gaya hunian.

Penggunaan material kayu membuat kanopi menjadi terkesan lebih kokoh dan awet. Anda juga dapat memberikan sentuhan pada kanopi kayu ini dengan memberikan tanaman gantung di kanopi tersebut.

  1. Kanopi Kayu Gaya Modern

kanopi kayu dengan konsep yang lebih modern dan artistik

Siapa bilang jika penggunaan kayu akan memberikan ruang terkesan klasik atau kuno? Banyak model kanopi modern yang bisa Anda terapkan ketika menggunakan material kayu. Selain lebih menarik, penggunaan kayu juga menyatu dengan alam karena kesannya yang natural.

Anda juga bisa menambahkan beberapa dekorasi lain, loh. Dekorasi ini membantu menciptakan kesan ruang yang lebih fungsional dan modern. Tidak ada salahnya jika Anda memberikan dekorasi pendukung seperti kursi taman, bean bag, tanaman hias dan lain sebagainya.

  1. Kanopi Kayu dengan Kain

kanopi kayu yang didesain dengan atap kain

Kanopi kayu dengan desain yang satu ini sangat cocok jika diterapkan untuk halaman belakang. Fungsinya sudah jelas sebagai peneduh dari sinar matahari langsung atau air hujan.

Gunakan kain khusus untuk outdoor dan sebaiknya desain kanopi ini agar kain mudah ditarik dari bawah sehingga Anda dapat menyesuaikan kebutuhan.

Penggunaan kain sebagai atap pada kanopi akan memberikan ruang yang santai dan elegan. Anda juga dapat menambahkan furniture atau ayunan untuk bersantai di bawah kanopi kayu dengan atap kain ini.

  1. Kanopi Kayu dan Tanaman

Kanopi kayu yang menggunakan tanaman di bagian atasnya juga akan menambah kesan sejuk pada rumah. Penggunaan tanaman di atap kanopi memberikan kesan ruang yang lebih estetik. Gunakan tanaman rambat yang  dikhususkan untuk menghias pada bagian atap rumah.

Alangkah baiknya gunakan tanaman rambat yang tidak memiliki banyak daun sehingga tidak akan mengotori atap ketika daun sudah mati.

Finishing yang Tepat untuk Kanopi Kayu

Kayu dikenal sebagai material yang kokoh dan cukup awet jika difinishing dan dirawat sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk keperluan konstruksi rumah atau furniture. Begitu pula ketika digunakan untuk bagian outdoor yang notabene lebih sering berinteraksi langsung dengan perubahan cuaca. Penggunaan kayu serta cat menjadi alasan paling penting ketika Anda memilih untuk menggunakan material kayu sebagai kanopi atau keperluan outdoor lainnya.

Untuk finishing outdoor, Anda dapat menggunakan cat polyurethane yang dikenal sebagai cat berkualitas dibandingkan cat kayu lainnya. Salah satu yang direkomendasikan adalah Biothane 2K sebab cat ini bukan hanya cat polyurethane saja melainkan juga mengandung hardener namun tetap ramah lingkungan.

Anda tidak perlu khawatir bau cat yang menyengat meskipun digunakan di outdoor, pasalnya cat kayu ini tidak mengeluarkan bau cat baik saat diaplikasikan maupun seusai diaplikasikan. Selain itu, cat kayu ini juga tidak mengeluarkan zat beracun sehingga lebih aman.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X