pagar besi hollow yang sudah diberi cat besi antikarat terbaik dari Orchid Enamel Painr

Baik Buruk Penggunaan Pagar Besi dan Cara Merawatnya

Pagar besi sudah menjadi pilihan karena bisa didekorasi jadi menarik. Kendala yang mungkin akan ditemui dengan pagar besi adalah karat. Nah, bagaimana caranya agar pagar besi bisa lebih awet?

Hampir setiap rumah membangun sebuah pagar guna menjaga privasi penghuni rumah sekaligus mencegah terjadinya kejahatan. Pagar yang digunakan juga beragam, mulai pagar beton, pagar kayu, pagar bambu atau pagar besi.

Bahan yang digunakan untuk membuat pagar memang bervariasi. Ini dikarenakan oleh banyak faktor, di antaranya adalah mempertimbangkan ketahanan pagar tersebut. Jika dilihat dari bahannya, kayu dan bambu merupakan bahan yang kurang awet dan tidak tahan lama, yang mana bahan tersebut berasal dari serat alam. Serat alam lebih mudah rusak oleh perubahan cuaca dan faktor lainnya.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Menggunakan Pagar Besi

Pagar menjadi salah satu elemen rumah yang kini banyak diterapkan pada suatu bangunan. Bahkan hunian dengan lahan sempit pun memanfaatkan pagar guna menjaga privasi serta keamanan penghuni rumah.

pagar besi yang dicat dengan Orchid Enamel Paint

Banyak penghuni rumah juga mempertimbangkan penggunaan bahan pagar sesuai dengan kebutuhan, salah satunya adalah material besi. Ada berbagai pertimbangan kenapa banyak orang memilih besi. Berikut beberapa alasan yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih material pagar.

  • Tahan Lama

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dibandingkan dengan kayu dan bambu, besi adalah bahan yang lebih tahan lama digunakan. Terlebih jika besi dirawat dengan benar, bahan besi ini jauh lebih awet dibandingkan dengan bahan pagar lainnya.

Seperti yang diketahui, ketahanan besi sudah dikenal bagus ketika digunakan untuk outdoor. Bukan hanya untuk penggunaan pagar, besi juga banyak digunakan untuk teralis jendela dan tangga.

  • Keamanan

Penggunaan pagar besi juga bisa diandalkan karena dapat didesain dengan tampilan yang lebih tinggi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pagar besi dan bagian ujung lebih runcing agar terhindar dari kejahatan. Untuk mencegah dari kejahatan, pagar besi dapat didesain dengan tinggi sekitar 1,5 meter.

  • Model yang Beragam

Untuk model pagar besi tidak terlalu kaku seperti halnya dari beton. Penggunaan pagar berbahan besi lebih fleksibel karena macam besi yang digunakan pun juga beragam. Jika ingin terkesan lebih megah misalnya, Anda bisa menggunakan besi tuang yang bisa dibentuk beragam menyerupai ukiran.

Jika ingin kesan minimalis, Anda bisa menggunakan pagar besi hollow atau besi plat. Tampilannya yang sederhana sangat cocok dengan karakter rumah minimalis. Umumnya, pagar besi hollow tanpa atau menggunakan kayu sintetis untuk menunjang kesan lebih artistik.

  • Berat

Salah satu kekurangan dari besi adalah kategorinya sebagai material yang berat. Oleh karena itu, Anda harus menyesuaikan desain dan ketinggian pagar agar tidak menimpa apabila tidak mencapai keseimbangan yang pas.

  • Mudah Berkarat

Satu hal yang sering dikeluhkan oleh banyak orang adalah besi merupakan material yang mudah berkarat. Kondisi ini diakibatkan oleh adanya proses oksidasi ketika besi terkena air atau udara bebas. Apabila karat ini tidak segera diatasi justru akan merembet ke bagian yang lain dan dapat menyebabkan material besi cepat keropos.

Perawatan Pagar Besi yang Baik dan Benar

Pada penjelasan di atas disebutkan bahwa besi rawan akan karat karena adanya proses oksidasi. Hal ini sering sekali terjadi ketika besi tersebut selalu terkena air hujan. Bagian besi yang berkarat akan membahayakan orang karena bisa keropos dan permukaannya bisa membuat orang terluka jika tidak berhati-hati.

Oleh karena itu, kondisi karat pada besi tidak boleh dipandang remeh. Jika tidak segera diatasi, bisa merembet ke bagian lain dan bisa membuat besi tidak bisa digunakan kembali.

Lalu, bagaimana cara perawatan pagar besi agar terhindar dari karat?

Aplikasikan cat antikarat yang diformulasikan khusus untuk mencegah adanya karat dari proses oksidasi. Dengan adanya lapisan cat yang menutupi besi membuat material besi bisa lebih tahan lama. Lalu bagaimana dengan pagar besi yang sudah berkarat?

Apabila terdapat bagian besi yang sudah berkarat, lakukan pengampelasan terlebih dahulu bagian yang berkarat tersebut hingga permukaannya halus dan bersih. Setelah bersih, Anda bisa mengaplikasikan cat antikarat tersebut.

Untuk kebutuhan cat yang antikarat, telah hadir cat antikarat yang ramah lingkungan. Dibandingkan cat besi lainnya yang tidak ramah lingkungan karena kandungan bahannya yang membahayakan kesehatan dan lingkungan cat antikarat satu ini lebih diunggulkan. Cat antikarat yang ramah lingkungan tersebut adalah Orchid Enamel Paint.

Keunggulan dari Orchid Ename Paint ini salah satunya ada pada proses finishingnya yang cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh seorang pemula sekali. Berikut tahap finishing cat antikarat Orchid Enamel Paint pada pagar besi.

  • Ampelas terlebih dahulu permukaan besi agar lebih rata dan halus terutama pada bagian besi yang dilas. Setelah diampelas, bersihkan sisa debu pengampelasan menggunakan lap bersih sehingga besi siap untuk diaplikasi cat.
  • Larutkan Orchid Enamel Paint dengan air secukupnya (sesuai petunjuk penggunaan) lalu aduk hingga larutan tersebut tercampur dengan sempurna.
  • Kuaskan ke seluruh permukaan besi hingga merata. Apabila aplikasi pertama masih transparan, Anda bisa mengaplikasikan 3-4 layer Orchid Enamel Paint pada besi hingga tampilan warna tertutup dan terlihat tajam.
  • Setelah diaplikasikan, diamkan cat hingga benar-benar kering.

Orchid Enamel Paint tidak hanya baik untuk finishing pada pagar besi saja tapi juga untuk furniture outdoor dan indoor. Bisa diaplikasikan pada besi dan material wooden material atau natural fiber.

Bagi Anda yang ingin hasil finishing cepat dan sederhana namun bisa menghasilkan tampilan warna solid yang optimal Anda bisa menggunakan cat Orchid Enamel Paint.

Untuk pemesanan Orchid Enamel Paint, bisa langsung melalui kontak hotline yang terdapat pada website ini atau melalui marketplace di bawah ini:

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Shopee: https://shopee.co.id/bio.official

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X