Yuk Intip Kelebihan Kekurangan Cat Duco Furniture Kayu Mewah

Sering bosan dengan tampilan furniture natural? Alternatif lainnya adalah menggunakan cat duco. Jangan salah, cat duco bukan hanya cat yang diaplikasikan pada benda besi seperti mobil saja. Cat ini juga bisa diaplikasikan pada kayu, namun Anda harus membeli cat duco khusus kayu. 

Hasil warnanya yang solid memang bisa memberikan kesan mewah. Apalagi jika Anda menggunakan warna-warna keemasan atau mutiara. Cocok sekali untuk furniture bergaya neo klasik yang sering menggunakan lapisan cat duco dengan warna tersebut. Namun apakah benar cat duco mampu memberikan kemewahan? 

Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Karena cat duco memberikan warna solid, dimana ketika Anda salah mengaplikasikannya berakibat fatal. 

Warna solid yang diberikan tidak sama seperti stain yang bisa ditumpuk dengan warna lainnya. Jika salah mengaplikasikan, Anda harus mengulang dengan menghilangkan lapisan coating sebelumnya dengan bahan kimia khusus. Supaya tidak salah memilih bahan dan merk, sebaiknya kenali kelebihan dan kekurangannya disini.

Kelebihan Cat Duco untuk Furniture Tampil Mewah

Benar saja jika cat duco akan memberikan warna solid pada sebuah furniture. Cat bukan hanya sekedar memberikan penampilan tetapi juga memenuhi fungsinya sebagai pelindung furniture. Oleh karena itu cat duco tidak jauh berbeda dengan jenis cat lainnya seperti stain. 

Apa saja kelebihan sebuah furniture selain tampak mewah setelah menggunakan cat duco? Berikut ini macam-macam keuntungannya.

Memiliki Banyak Pilihan Warna Solid

Ada begitu banyak pilihan warna yang bisa Anda gunakan dan dicocokan dengan desain interior. Pada sebuah merk cat duco saja memiliki 24 pilihan warna. Warna-warna ini juga bisa dicampur sehingga Anda bisa mendapatkan warna yang sesuai. Misalnya saja ingin mengaplikasikan desain interior dengan gaya pop art. 

Baca Juga:  Trik Finishing Kayu Jati yang Halus

Warna-warna yang bisa Anda pilih seperti merah, kuning hingga orange bisa dikombinasikan. Jika ingin tampilan minimalis bisa memilih warna abu-abu, putih atau hitam. Anda hanya perlu belajar bagaimana cara mengkombinasikan warna pada furniture-furniture di rumah dengan tepat. 

Menutupi Cacat yang Ada Pada Permukaan Kayu

Cat duco juga sering difungsikan untuk menutup permukaan kayu yang memiliki banyak cacat warna. Misalnya saja warna kayu yang belang karena bekas dan sudah pernah digunakan sebelumnya. Warna belang yang disebabkan oleh jamur atau warna bereda dari bagian kayu teras dan gubalnya. 

Cat bisa mempersingkat waktu finishing yang tadinya biasanya harus menggunakan bahan bleaching untuk menyamarkan noda-noda tersebut. Apalagi jika warna tersebut tidak dapat disamarkan dengan bleaching, maka untuk tetap mempertahankan keindahan kayu harus dicat dengan cat duco. 

Memiliki Lapisan Tebal dan Kuat

Cat duco akan menghasilkan lapisan yang cukup tebal berbeda dengan stain. Cat terbuat dari pigmen yang membuatnya hanya akan menempel pada permukaan kayu tidak meresap ke pori-pori. Justru ini kelebihannya, cat akan membentuk lapisan yang tebal cukup baik untuk memberikan perlindungan pada permukaan kayu. 

Ketebalan ini juga diikuti dengan fleksibilitas cat yang mengikuti perubahan bentuk pada kayu apabila terkena panas dan hujan secara terus menerus. Dengan catatan Anda menggunakan produk cat yang berkualitas. 

Bisa Diaplikasikan Segala Jenis Kayu

Cat duco sudah diformulasikan bisa diaplikasikan pada segala jenis kayu. Cat akan menempel dengan baik apabila Anda mengaplikasikan dengan teknik yang cepat. Baik itu kayu dengan pori besar atau kecil cat akan mudah diaplikasikan. Syaratanya adalah Anda harus mempersiapkan kayu dengan baik. 

Tingkat kelembaban kayu harus standar yaitu sekitar 12-15% sesuai dengan jenis kayunya. Jika tidak cat akan mudah mengelupas karena adanya kelembaban yang terjebak di bawah lapisan coating. Sebaiknya jemur kayu dan amplas sebelum finishing. 

Baca Juga:  Softwood Membutuhkan Pemutih Kayu Aman WA 250

Tampilan Akhir Bisa Disesuaikan

Maksud dari tampilan akhir disini adalah tingkat glossy yang diberikan. Anda bisa memilih top coat dengan tingkat glossy berbeda-beda sesuai kebutuhan. Misalnya saja untuk furniture indoor dalam ruang kamar, Anda bisa memilih top coat matte. Sedangkan untuk furniture luar ruangan Anda bisa menggunakan top coat gloss.

Perlu diingat, untuk hasil maksimal Anda harus menggunakan produk top coat yang tepat. Hindari menggunakan top coat yang salah supaya tidak menimbulkan efek menguning. Apalagi Anda hendak mengecat warna putih atau yang terang. 

Kekurangan Cat Duco Kayu untuk Finishing Furniture

Selain kelebihan selalu ada kekurangan. Selama Anda mengenali kekurangan ini maka akan lebih mudah untuk menghindari kesalahan saat mengecat. Ada beberapa kekurangan dari cat duco yaitu sebagai berikut ini:

Proses Aplikasi yang Cukup Lama

Mengingat lapisan coating yang dibentuk cukup tebal maka Anda harus mengaplikasikannya dalam waktu yang lebih lama. Lapisan demi lapisan harus diaplikasikan satu per satu dengan memenuhi ketentuan yaitu aplikasi, pengeringan dan pengamplasan. Jadi Anda harus mempersiapkan aplikasi selama satu hari penuh. 

Lebih baik Anda meluangkan waktu dari pagi dan saat cuaca sedang bagus sehingga setiap lapisan cepat kering. Selain itu pilih produk yang proses keringnya juga lebih cepat bahkan tanpa harus dijemur. 

Produk yang Digunakan Jumlahnya Banyak

Jika aplikasi warna natural Anda hanya membutuhkan stain dan pernis atau tambahan sanding sealer jika diperlukan. Namun untuk cat duco Anda tidak bisa menggunakan satu atau dua bahan saja. Ada setidaknya tiga hingga empat produk. Mulai dari dempul, primer, cat duco hingga top coat. 

Keempatnya adalah produk wajib jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing yang mewah dan maksimal. Jika tidak tampilan serat kayu dan warnanya masih akan nampak dan warna tidak sempurna. 

Baca Juga:  Aplikasi Ideal Sanding Sealer Water Based BioColours

Tidak Bisa Menampilkan Keindahan dari Kayu

Jika Anda menggunakan kayu yang mahal harganya dan dilapisi dengan cat duco maka warna aslinya tidak akan terlihat. Oleh karena itu jika Anda menggunakan kayu yang mahal seperti jati atau sonokeling sebaiknya tidak memilih cat duco. Supaya tampilan alaminya tetap terjaga.

Anda bisa mengaplikasikan cat duco pada kayu-kayu yang sering ditemui seperti jati belanda, mahoni, sungkai atau ramin. Selain itu kayu tersebut murah, jika salah mengaplikasikan Anda tak perlu kecewa dengan hasilnya yang belum sempurna. 

Merk Cat Duco yang Aman dan Terbaik di Indonesia

Apakah produk cat yang aman untuk digunakan? Nah untuk itu, Anda bisa menggunakan Bioduco. Cat ini berbasis air sehingga aman digunakan untuk furniture jenis apapun dan gaya apa saja. Karena berpelarut air maka proses aplikasinya lebih mudah dan lebih cepat kering dibandingkan produk yang lainnya. 

Bioduco memberikan 24 pilihan warna untuk Anda, dimana Anda bisa memilih untuk segala desain atau gaya. Proses aplikasi secara keseluruhan menggunakan alat semprot yang juga mempercepat proses finishing. Jika Anda ingin mendapatkan hasil terbaik jangan lupa selalu ikuti proses aplikasinya sesuai dengan kemasan dalam kaleng. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X