furniture-lemar-dan-kabinet

Finishing Matte Pemula Tanpa Cacat untuk Kayu Warna Solid

Sering melakukan finishing dengan tampilan gloss? Sudah saatnya Anda para pemula untuk mencoba finishing dengan hasil matte. Jika sebelumnya Anda sudah menguasai finishing gloss untuk kabinet dapur, daun pintu, kusen dan semua furniture yang sering digunakan maka cobalah untuk finishing kabinet ruang keluarga atau tempat tidur. 

Beberapa furniture yang jarang terkena goresan membutuhan tampilan berbeda. Finishing matte sangat cocok dipilih untuk furniture tersebut. Jika Anda adalah salah satu yang menyukai efek natural pada kayu bisa memilih finishing ini. 

Tidak hanya mendapatkan kesan natural, hasil finishing matte juga bisa diaplikasikan pada cat opaque color. Warna ini akan memberikan kesan yang berbeda dalam ruangan dan lebih terkesan berani. 

Hasil finishing matte yang sempurna membutuhkan permukaan rata. Hasil tersebut hanya bisa didapatkan secara sempurna dengan spray gun. Apabila sebelumnya Anda belum pernah menggunakan spray gun maka mulailah berlatih dari sekarang. 

Tidak sulit menggunakannya apalagi jika Anda juga menggunakan cat kayu yang tepat. Jangan takut untuk hasil cacat karena Anda bisa melakukan percobaan terlebih dahulu pada jenis kayu berbeda sebelum mengaplikasikannya langsung. 

Pemilihan Jenis Spray Gun Mudah untuk Pemula

Tahapan awal untuk mendapatkan hasil sempurna adalah dengan memilih jenis alat. Spray gun terdiri dari berbagai macam dan disinilah Anda harus memilih manakah yang tepat untuk pemula. 

Ada jenis spray gun yang memiliki tabung diatas dan adapun jenis tabung yang di bawah. Manakah jenis spray gun yang cocok untuk pemula? Ikuti tips pemilihannya berikut ini. 

  1. Pilih nozzle dengan ukuran 1 mm karena ini adalah ukuran standar
  2. Pilih high volume low pressure (HVLP) untuk tekanan yang lebih mudah diatur
  3. Pilih tabung yang ada di atas karena memiliki keseimbangan yang lebih baik
  4. Spray gun juga harus ringan karena bisa digunakan untuk proyek berukuran kecil
  5. Belilah spray gun yang sesuai dengan kantong Anda
Baca Juga:  Butuh Tempat Jual Silica Gel Natural Di Jakarta? Di Sini Tempatnya

Memilih spray gun tidak semudah dengan membeli kuas. Spray gun membutuhkan lebih banyak komponen seperti spray gun dan juga kompresor. Jika Anda belum yakin membeli sesuai kebutuhan, cobalah untuk menggunakan milik teman. 

Anda juga bisa mendapatkan banyak tips langsung menggunakan spray gun. Pentung untuk memilih spray gun sesuai nozzle karena disinilah jumlah cat akan keluar. Jangan lupa untuk membeli kompresor sesuai dengan ukuran listrik yang dimiliki di rumah. 

Pemilihan Jenis Cat Kayu yang Tepat

Saatnya untuk memilih jenis cat yang tepat. Menggunakan cat dengan spray gun maka akan ada banyak partikel cat yang bercampur ke udara. Inilah yang harus Anda pahami sejak awal. Anda pasti sudah sering mencium bau cat, ada yang menyengat dan tidak.

Belum lagi soal ketahanan dari cat tersebut. Seperti apakah cat yang sebaiknya Anda pilih? Berikut ini ciri-ciri yang harus diperhatikan. 

  • Cat tidak boleh mudah sagging setelah disemprotkan
  • Pastikan cat memiliki rekomendasi aplikasi dengan spray gun
  • Cat juga memiliki daya tutup dan daya sebar yang baik
  • Cat harus mampu memberikan perlindungan dari sinar UV, panas dan perubahan iklim
  • Cat harus bebas dari toxic setidaknya low volatile organic compound (voc)

Produk yang disarankan untuk digunakan tidak lain adalah Bioduco. Sebagai cat solid, warna yang dihasilkan mampu bertahan lama dibandingkan cat lainnya. Warna akan terlindungi dari top coat matte dari Bioduco. Waktu ketahanannya bisa melebihi 3 hingga 5 tahun. 

cat-kayu-Bioduco-water-based

Cat kayu Bioduco merupakan cat water based sehingga untuk proses aplikasi Anda tidak perlu khawatir dengan polusi. Cat tidak mengandung banyak logam berat yang artinya termasuk dalam kategori low VOC. Kecepatan keringnya lebih baik bahkan hanya dalam waktu 60 menit Anda sudah bisa mengamplasnya. 

Baca Juga:  Bagaimana Cara Mengatasi Ruangan Lembab?

Cat akan memberikan hasil tanpa cacat jika Anda mengaplikasikannya dengan spray gun melalui teknik yang tepat. 

Trik Mengecat dengan Spray Gun untuk Hasil Halus

Belajar untuk mengaplikasikan cat dengan spray gun tidak bisa dilakukan dalam semalam. Anda mungkin akan mendapatkan hasil tidak sempurna di keesokan harinya. Banyak sekali aturan yang harus diperhatikan pada saat mengecat. 

Bahkan saat ini para profesional akan memanfaatkan percobaan agar mereka tahu bagaimana hasil cat yang diberikan. Sebagai pemula dan DIY Anda bisa mengikuti beberapa trik mudah berikut ini. 

  • Jarak mengecat

Apakah Anda pernah memperhatikan seseorang mengecat dengan spray gun? Cobalah untuk memperhatikan berapa jarak yang mereka berikan dengan permukaan kayu. Rata-rata mereka menggunakan jarak 15 hingga 20 cm agar lapisan coating tidak terlalu tebal. Jarak ini sangat aman dan bisa Anda tiru. 

  • Posisi spray gun

Perhatikan juga bagaimana posisi spray gun saat menghadap permukaan kayu. Psosi sangat menentukan bagaimana efek cat yang dikeluarkan. Untuk posisi yang tepat adalah menghadap langsung ke depan permukaan. Pastikan Anda tidak miring karena cat di tabung bisa keluar. 

  • Mengecat dari sudut

Mulailah untuk mengecat bagian sudut terlebih dahulu baru masuk ke bagian dalam  atau permukaan yang lebih luas. Sudut sangat penting untuk tercover terlebih dahulu selain itu juga mengurangi resiko sagging. Anda juga akan menghindari penebalan pada bagian sudut. 

  • Tempat dan cuaca

Penting untuk memperhatikan di mana Anda mengecat. Menggunakan Bioduco artinya Anda akan terhindar dari bau menyengat seperti cat solvent. Anda bisa mengecat di dalam ruangan yang memiliki ventilasi udara baik. Pastika juga cuaca saat mengecat tidak hujan karena kelembaban dalam ruangan memperlama proses pengeringan cat. 

Baca Juga:  Perawatan Mangkok Kayu Agar Tidak Mudah Berjamur

Proses Finishing Bioduco untuk Kayu

Langkah mengecat dengan Bioduco bisa menjadi sangat mudah. Anda bisa melakukannya kapan saja dengan empat produk secara berurutan. Pertama adalah Bioduco wood putty, primer coat, solid color dan top coat matte. 

Tidak lupa juga dengan persiapan agar hasil finishing tetap rapi dan juga halus. Persiapan bisa dilakukan hanya dengan pengamplasan. 

  • Persiapan mengecat dengan Bioduco

Amplas permukaan kayu dengan grit 180 kemudian 220. pastikan permukaannya telah kering dan bersih setelah pengamplasan. Cobalah untuk meraba permukaan untuk memastikan tingkat kehalusannya. 

  • Aplikasi Bioduco wood putty

Isi bagian cacat pada permukaan kayu dengan woo putty. Tunggu lapisan mengering selama 20 menit baru lanjutkan dengan pengamplasan. Amplas permukaannya hingga bersih dan kering. 

  • Aplikasi Bioduco primer coat

Campurkan primer coat dengan air dan aduk hingga rata. Semprotkan ke permukaan kayu hingga merata. Diamkan furniture hingga kering selama 60 menit, lanjutkan pengamplasan ambang dengan grit 400. Bersihkan debu amplas, ulangi aplikasi jika warna kayu dan seratnya belum tertutup. 

  • Aplikasi Bioduco solid color

Campurkan Bioduco solid color dengan air dan aduk hingga merata. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu kemudian diamkan selama 60 menit. Setelah kering lanjutkan pengamplasan hingga rapi. Anda bisa mengulangi aplikasi jika warna kurang tajam. 

  • Aplikasi Bioduco top coat matte

Langkah terakhir memberikan hasil matte, Anda bisa mencampurkan top coat dengan air. Aduk merata kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kayu. Tunggu lapisan mengering selama semalaman. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X