desain furniture anak minimalis

Desain Furniture Anak Minimalis Saja Tidak Cukup

Sebagaimana baby furniture, desain furniture anak pun selalu mengikuti perkembangan zaman. Di era rumah minimalis seperti sekarang ini pun, sudah tersedia beragam desain furniture anak minimalis yang menawan. Tapi tentu saja memilih furniture anak dari desain minimalisnya yang sedang trending saja tidak cukup.

desain furniture anak minimalis
Furniture anak minimalis saja tidak cukup!

Sebab bagi seorang anak, keberadaan furniture dalam kamarnya bukan hanya dipahami dari aspek fungsional maupun estetika. Furniture anak seperti temat tidur, meja belajar, hingga kursi adalah medianya untuk belajar dan mengenal benda-benda. Sedangkan bagi anak yang sudah lebih besar, tampilan furniture bisa ia jadikan sebagai refleksi atas jati dirinya. Hal ini begitu penting karena anak pada fase tersebut sangat mengandalkan apa yang ada di sekelilingnya untuk mengekspresikan diri.

Dengan kata lain membeli furniture anak sesuai desain yang sedang naik daun 2016 ini sah-sah saja. Tapi seyogyanya hal itu tidak digunakan sebagai kriteria tunggal.  Perhatikan hal-hal berikut ini saat Anda membeli furniture bagi buah hati:

  1. Pilih yang sesuai kebutuhan anak. Misalnya, untuk tempat tidur, pilihlah ranjang yang warnanya menenangkan. Sedangkan untuk meja belajar, pilihlah meja yang memiliki kesan ceria untuk memacu anak belajar.
  2. Mendengarkan keinginan anak adalah hal yang wajib. Tapi memberinya saran yang masuk akal juga kewajiban orangtua.
  3. Pastikan dari segi fisik maupun kimia, furniture tersebut tidak membahayakan buah hati.

Bagaimana Cara Memilih Furniture Anak yang Aman?

Sebagaimana disebut di atas, factor keamanan sudah sewajarnya diperhatikan saat membeli kid furniture. Tapi bagaimana caranya agar produk yang kita beli benar-benar aman secara fisik maupun kimia?

  • Perhatikan Labelnya

Cara termudah untuk mengetahui aman-tidaknya furniture adalah mengecek labelnya. Furniture yang sudah bersertifikat aman umumnya akan mencantumkan keterangan tersebut karena merupakan nilai tambah tersendiri.

  • Jangan Membeli Furniture Anak yang Bau Cat-nya Menyengat

Bahaya furniture seringkali berasal dari cat yang digunakan. Untuk mengecek kandungan beracun cat, jelas tak bisa dilakukan orang awam seperti kita. Tapi ada cara mudah yang bisa Anda lakukan. Ciumlah aroma cat yang menguar dari furniture. Bila tercium bau menyengat, sudah tentu furniture tersebut menggunakan cat solvent based. Cat solvent based adalah jenis cat kebanyakan yang menggunakan pelarut solvent seperti thinner dan spiritus. Sifat pelarutnya inilah yang membahayakan. Karena baik thinner maupun spiritus dapat menghambat pertumbuhan fisik maupun kecerdasan anak untuk paparan jangka panjang. Beberapa kandungan solvent pun diketahui dapat meningkatkan resiko kanker.

  • Perhatikan Bentuk Fisik Furniture Anak

Jangan membeli furniture yang memiliki bagian-bagian membahayakan. Misalnya bagian sudut yang terlalu tajam sehingga dapat menggores si kecil.

Baca Juga:  Membuat Tampilan Meja Makan Minimalis Lebih Mewah

Cat Water Based untuk Wujudkan Desain Furniture Anak Minimalis yang Aman  

Salah satu cara menghindari furniture yang aman adalah dengan tidak membeli produk yang dicat dengan cat solvent based yang menggunakan pelarut thinner atau spiritus. Lantas cat apa yang aman digunakan?

Bagi orang awam, alternatif ini mungkin jarang didengar. Tapi penggunaan cat water based atau cat yang meggunakan pelarut air sudah lama dikenal di luar negeri seperti Amerika Serikat dan Eropa. Penggunaan water based paint atau cat water based tak akan membuat mebel Anda indah hanya karena menggunakan trend “desain furniture anak minimalis”, tapi juga aman bagi buah hati kesayangan.

Yuk, belanja furniture minimalis dan aman bagi anak kita!

cat aman dan ramah lingkungan

Informasi

Untuk informasi lebih lanjut megnenai produk-produk water based paint, silahkan kontak CS Bio Industries di no 0274-388301, sms/WA +62878-3934-6433, atau melalui email di info[at]bioindustries.co.id. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X