patio furniture yang ditempatkan di luar ruangan

Tips Mengawetkan Patio Furniture Agar Awet Saat di Luar Ruangan

Kebanyakan orang cukup kesulitan merawat furniture seperti patio furniture ketika digunakan untuk di ruangan. Agar tahan lama, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

Anda memiliki lahan luar ruangan yang luas? Lahan di luar ruangan ini bisa difungsikan sebagai taman. Orang sering mengalihfungsikan lahan di luar ruangan ini, selain sebagai taman juga untuk tempat bersantai dan berkumpul bersama keluarga.

Jika difungsikan untuk tempat bersantai, dibutuhkan furniture yang sederhana seperti patio. Patio furniture sendiri menggunakan material dari besi atau kayu. Kedua material tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Jika ingin patio furniture Anda tahan lama, simak penjelasannya di bawah ini!

Tips Mengawetkan Patio Furniture Agar Awet

Patio furniture cenderung menggunakan besi atau kayu yang dapat dilipat. Meskipun demikian, patio furniture tergolong sederhana dan sangat cocok jika diterapkan untuk luar ruangan seperti teras atau pun taman.

patio furniture dari bahan kayu yang ditempatkan di luar ruangan

Agar tahan lama, perhatikan beberapa tips berikut agar patio tidak mudah lapuk akibat media yang teroksidasi atau pun faktor lainnya:

  • Bersihkan Patio Furniture

Meskipun diletakkan di luar ruangan, Anda perlu membersihkan patio furniture tersebut secara rutin, apalgi ketika musim penghujan. Segera bersihkan agar tampilannya tetap tajam dan tidak kotor.

Dengan membersihkan patio furniture secara rutin dari debu atau kotoran akan membuatnya tersebut tahan lama dibandingkan furniture yang didiamkan saja tanpa dirawat dengan baik. Cukup bersihkan debu menggunakan kemoceng atau lap kering.

  • Gunakan Antiserangga dan Antijamur

Jika patio furniture di rumah Anda menggunakan material kayu, disarankan untuk mengaplikasikan antijamur dan antiserangga. Hal ini bertujuan agar kayu tidak mudah diserang jamur atau rayap sehingga ketika udara di luar ruangan menjadi lembab, kayu dapat bertahan lebih lama.

Anda bisa mengaplikasikan antiserangga dan antijamur dengan cara mengoleskannya atau menyemprotkannya ke permukaan kayu. Selain itu, dapat juga menggunakan cara injeksi ke dalam serat kayu sehingga bahan kimia ini menyebar ke dalam serat kayu dengan cepat.

  • Gunakan Wax Kayu

Khusus untuk patio yang terbuat dari kayu, selain dengan mengaplikasikan antiserangga dan antijamur, aplikasikan juga wax kayu. Wax tersebut bertujuan untuk meremajakan tampilan kayu sehingga dapat terlihat lebih tajam dan warna kayu tidak kusam.

Penggunaan wax kayu ini memang tidak tahan untuk outdoor sehingga sebaik mungkin untuk mengaplikasikannya secara rutin. Akan lebih baik rutin dioleskan dibandingkan tanpa diaplikasikan wax kayu.

  • Aplikasikan Cat Khusus

Patio furniture yang terbuat dari kayu atau besi membutuhkan cat khusus. Tentu saja cat yang digunakan berbeda sesuai dengan material yang digunakan. Jika furniture terbuat dari kayu, dibutuhkan cat kayu yang khusus untuk outdoor yang mana cat tersebut harus weather resistance.

Sedangkan untuk furniture yang terbuat dari besi, harus menggunakan cat besi yang antikarat sehingga besi tidak mudah berkarat. Apabila furniture terdapat bagian yang mulai berkarat, Anda tetap bisa mengaplikasikan cat besi tersebut dengan cara diampelas terlebih dahulu agar bagian berkarat rata dan cat dapat teraplikasikan secara merata.

Cat Kayu Besi Terbaik Untuk Mencegah Karat Pada Furniture Besi

Besi untuk furniture memang material yang rentan mengalami korosi karena proses oksidasi. Hal ini dikarenakan oleh perubahan cuaca serta kelembaban udara. Terlebih jika digunakan untuk luar ruangan sehingga proses oksidasi akan lebih rentan terjadi pada besi.

Untuk mencegah besi mengalami korosi maka dibutuhkan cat kayu besi yang dapat mencegah karat. Salah satu cat kayu besi berkualitas adalah Orchid Enamel Paint. Selain kualitasnya yang bagus, cat ini juga aman serta ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang tidak berdampak buruk pada kesehatan dan lingkungan.

Ada pun cara aplikasikan Orchid Enamel Paint sebagai berikut:

  • Ampelas terlebih dahulu permukaan besi terlebih jika terdapat bagian besi yang sudah berkarat. Setelah diampelas hingga permukaan besi halus dan bersih maka bersihkan sisa debu pengampelasan tersebut menggunakan lap kering.
  • Gunakan Orchid Enamel Paint dan kemudian larutkan dengan air secukupnya. Sebaiknya gunakan air bersih sehingga tidak memengaruhi warna pada cat tersebut.
  • Aplikasikan ke permukaan besi menggunakan kuas secara merata. Apabila warna cat pada layer pertama masih terlalu transparan maka Anda bisa mengulanginya hingga mendapatkan tampilan tajam yang tertutup dengan sempurna.
  • Jika sudah diaplikasikan, ampelas halus permukaan cat tersebut untuk hasil optimal

Proses pengeringan cat ini tergolong cepat dan cat tersebut tidak mengeluarkan bau yang menyengat, berbeda dengan cat besi yang umumnya sangat menyengat yang bahkan bisa menyebabkan sakit kepala. Berbeda dengan Orchid Enamel Paint yang tidak berbau dan dapat diaplikasikan di dalam atau di luar ruangan.

Orchid Enamel Paint merupakan cat kayu dengan warna solid yang cocok untuk berbagai media finishing bahkan kerajinan yang terbuat dari rotan sekalipun. Selain itu, tidak cepat mengalami korosi ketika udara lembab atau karena perubahan cuaca.

Anda bisa mendapatkan Orchid Enamel Paint dengan cara memesan langsung melalui kontak hotline yang tercantum pada website ini, atau order lebih cepat dan praktis melalui marketplace di bawah ini.

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Shopee: https://shopee.co.id/bio.official

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X