JANGAN!!! Finishing Kursi Garden Ini Tidak Aman Untuk Kesehatan Anda

finishing kursi gardenSetiap penghuni rumah pasti menginginkan furniture eksterior, seperti kursi garden tampak indah. Maka dari itu, Anda memerlukan perawatan pada kursi garden Anda. Apa jadinya jika kursi garden Anda tidak dirawat? Paparan sinar matahari, guyuran air hujan pada kursi garden akan mengakibatkan kualitas warna berkurang. Selain itu, kayu pada kursi garden akan lebih cepat lapuk. Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan adalah finishing kursi garden dengan cara yang tepat.

Sebelum melangkah jauh untuk mengaplikasikan finishing kursi garden, yang perlu Anda cermati adalah bahan cat yang digunakan. Salah satu cat yang tidak aman adalah cat solvent based. Bahan yang terkandung dalam cat solvent sangat tidak baik untuk kesehatan, seperti timbal dan merkuri. Bahan-bahan tersebut merupakan faktor penyebab kanker jika masuk dalam tubuh manusia. Uap yang dihasilkan oleh cat solvent based saat dihirup, dapat mengakibatkan seperti pedas di mata, iritasi kulit atau pusing-pusing. Sedangkan dampak solvent based ketika dihirup dalam jangka waktu yang lama, akan mengakibatkan gangguan sistem syaraf atau bahkan terjangkit kanker.

Alternatif untuk finishing kursi garden yang dapat digunakan adalah cat water based. Cat tersebut merupakan cat berpelarut air yang aman dan ramah lingkungan. Dikatakan aman dan ramah lingkungan karena cat yang digunakan tidak menimbulkan pencemaran lingkungan disekitarnya. Bahkan cat tersebut cenderung tidak berbau sehingga memberikan kenyamanan terhadap Anda dan orang sekitar Anda.

Gunakan Finishing Kursi Garden Yang Aman

Seperti yang diulas di atas, untuk melakukan finishing  kursi garden sebaiknya menggunakan cat water based. Dewasa ini, cat water based mudah untuk ditemukan dan bahkan hampir sama dengan solvent based ketika diaplikasikan. Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan:

  • Bersihkanlah kursi garden Anda dengan lap. Kemudian amplaslah secara kasar agar cepat bersih. Tujuan pengamplasan adalah membersihkan debu, kotoran atau minyak yang masih menempel pada permukaan kursi.
  • Jika di bagian-bagian kursi mengalami kerusakan seperti lubang-lubang, lebih baik aplikasikan dempul di bagian yang berlubang tersebut.
  • Amplas lah bagian yang sudah didempul. Pastikan permukaannya kembali rata agar mudah diaplikasikan cat.
  • Aplikasikan finishing kursi garden dengan menggunakan kuas yang sudah dilapisi kain. Kenapa harus memakai kain? Jika diaplikasikan hanya dengan menggunakan kuas, kemungkinan yang terjadi adalah akan meninggalkan bekas pada permukaan kursi Anda.
  • Tunggu sampai cat tersebut mengering, kemudian aplikasikan kembali cat tersebut sampai mendapatkan warna kilap yang sempurna.
Baca Juga:  Manufaktur Cat Kayu Jati Biovarnish

PolythureUntuk mendapatkan cat water based tidak sesulit yang Anda perkirakan, saat ini cat tersebut mulai membanjiri pasaran karena kesadaran masyarakat akan pentinganya keamanan bahan cat bagi kesehatan. Salah satu tempat atau perusahaan yang menyediakan cat water based adalah Bio Industries. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang khusus mengembangkan cat water based di Indonesia. Produk cat water based yang cocok untuk finishing kursi garden adalah BioColours Biopolyture. Cat tersebut merupakan cat yang sangat cocok untuk menggantikan plitur konvensional atau pernis berbahan dasar shellac gum. Selain itu cat tersebut telah sesuai dengan standarisasi internasional seperti US-Environmental Protection Agency (EPA) dan  standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA)REACH. Cat tersebut sangat cocok digunakan untuk furniture eksterior karena tahan cuaca dan tahan air selain itu lebih cepat kering serta tidak lengket.

Anda dapat menghubungi Customer Care Bio Industries via telp ke no 0822-2026-5056 atau WA ke no. 0878-3934-6433. Jika Anda berada didaerah sekitar Yogyakarta atau Jawa tengah, silahkan kunjungi kantor Bio Industries di Jl Sidikan No.94, Yogyakarta untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai cat water based. Semoga dengan langkah-langkah diatas memberikan kemudahan Anda dalam aplikasi finishing kursi garden.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X