Tips Memilih Warna untuk Desain Minimalis

Desain rumah minimalis akan terlihat lebih indah dengan paduan warna yang tepat. Warna untuk desain minimalis bisa Anda pilih berdasarkan beberapa pertimbangan dari kesan yang ingin Anda tampilkan hingga kecocokannya dengan bentuk ruangan.

Dominasi warna hijau yang memberikan kesan natural.
Dominasi warna hijau yang memberikan kesan natural.

Desain rumah minimalis merupakan representasi atas gaya hidup yang lebih efisien. Hal ini tercermin pada bentuk dan warna-warna rumah desain minimalis yang sederhana namun terlihat tajam. Rumah dengan desain ini tidak mengandalkan ukiran-ukiran atau tiang-tiang yang memberikan kesan indah.

Keindahan rumah desain minimalis terletak pada permainanan bentuk yang kaku seperti kotak dan persegi panjang. Selain itu, warna memainkan peran penting dalam memperindah rumah desain minimalis.

Karena warna memegang peran yang sangat penting dalam memperindah rumah desain minimalis, maka pemilihan faktor ini harus benar-benar diperhatikan. Aplikasikan padu padan warna yang menarik untuk menciptakan keindahan rumah dengan desain minimalis.

Gunakan beberapa tips sebagai berikut untuk menentukan warna untuk desain minimalis yang tepat.

  1. Desain rumah minimalis memiliki karakter dengan permainan bentuk-bentuk kaku seperti kotak hingga bentuk asimetris. Pilih warna yang mampu menonjolkan bentuk-bentuk tersebut namun tetap harmonis. Misalnya, Anda bisa memilih kombinasi warna oranye, abu-abu, dan putih sehingga bentuk-bentuk yang disajikan terlihat indah sebagai berikut:

    kombinasi warna oranye, abu-abu, dan putih yang terlihat indah.
    kombinasi warna oranye, abu-abu, dan putih yang terlihat indah.
  2. Anda bisa menggunakan warna-warna ceria, gelap, pastel, atau kombinasi antara ketiganya. Pilihlah kesan yang Anda inginkan terlebih dahulu. Pilih dominasi warna cerah untuk kesan ceria, warna pastel untuk kesan yang lebih lembut, dan warna gelap untuk kesan yang misterius. Anda juga bisa mengandalkan warna-warna seperti emas untuk menciptakan kesan yang mewah.
  3. Anda bisa mengaplikasikan paduan warna yang berbeda untuk ruang yang berbeda. Misalnya, untuk ruang makan, Anda bisa memilih warna cerah sedangkan untuk kamar tidur Anda bisa memilih warna-warna pastel yang lebih lembut.
  4. Sesuaikan warna yang Anda pilih dengan bentuk dan ukuran ruangan. Hindari warna gelap yang bisa menyebabkan kesan sempit pada ruangan yang sudah sempit dan sebaliknya.
  5. Anda bisa menggunakan pola-pola garis selama proses pengecatan. Gali ide-ide kreatif Anda untuk menciptakan kombinasi pola warna untuk desain minimalis yang lebih unik.
    Anda juga bisa mengaplikasikan warna merah dan abu-abu yang terlihat tegas dan khas desain minimalis.
    Anda juga bisa mengaplikasikan warna merah dan abu-abu yang terlihat tegas dan khas desain minimalis.

    Jangan Lupakan Pemilihan Cat Minimalis untuk Furniture

    Anda mungkin sudah menentukan warna untuk desain minimalis, tetapi perhatikan juga jenis cat apa yang digunakan. Karena ada begitu banyak produk cat yang hendak digunakan untuk furniture. 

    Mebel adalah bagian terpenting dari ruangan selain dekorasi, pemilihan warnanya juga harus tepat. Jika ingin aman, furniture bisa dipilih warna-warna natural kayu. Dengan begitu bahan finishing yang digunakan cukup plitur atau pernis saja. 

    Sayangnya tidak semua kayu memiliki warna dan serat kayu menarik. Contohnya saja kayu pinus yang memiliki warna putih terang dengan serat kayu indah seperti jati. Namun karena warnanya yang terang ditambah seringkali ada jamur blue stain, maka warna yang didapatkan sering kusam. 

    Oleh karena itu pemilihan warna lain dibutuhkan. Cat kayu minimalis yang bagus untuk digunakan untuk memberikan warna-warna solid adalah Bioduco. Cat Bioduco akan memberikan warna kayu yang tertutup. 

    Cat kayu Bioduco adalah cat water based warna solid yang memberikan tampilan kayu tertutup. Ada beberapa kelebihan yang akan didapatkan jika furniture di rumah menggunakan Bioduco yaitu sebagai berikut ini:

    • Memberikan warna cerah dan tajam

    Untuk desain minimalis, furniture dengan warna-warna terang dibutuhkan. Demi mendapatkan hasil tersebut, dibutuhkan warna cat yang bisa menghasilkan tampilan cerah. Jika tidak furniture bisa tampak kusam. 

    Anda pastinya tak ingin memiliki warna furniture yang kusam bukan? Bioduco adalah produk yang mampu memberikan warna-warna terang dan juga cerah. Ada 20 pilihan warna cerah dan menarik yang bisa Anda gunakan. 

    • Menutup warna kayu maksimal

    Bukan hanya warna cerah saja, Bioduco juga mampu memberikan warna yang menutup warna asli kayu. Dengan adanya Bioduco primer coat, warna dari kayu asli bahkan seratnya akan tertutup sempurna. 

    Daya tutup yang tinggi ini dibutuhkan supaya furniture memiliki kesan yang lebih rapi. Baik itu warna solid yang terang atau gelap hasilnya tetap maksimal. Bahkan bisa menutup warna kayu furniture bekas tampak menjadi baru. 

    • Warna yang bertahan lebih lama

    Soal ketahanan warna, Bioduco mampu memberikan warna-warna yang lebih tahan lama. Ketahanan inilah sebuah keuntungan yang dibutuhkan oleh furniture supaya bisa diletakkan di dalam ruangan atau luar ruangan.

    Walaupun nantinya furniture diletakkan di luar ruangan dan sering terkena sinar uv, bukanlah sebuah masalah. Anda bisa mendapatkan furniture yang bertahan lama warna indahnya. 

    • Warna yang tahan dari jamur

    Bioduco mampu memberikan warna yang tahan dari pertumbuhan jamur. Jadi walaupun furniture diletakkan di tempat lembab bahkan sering terkena air hujan bukan sebuah masalah. Bioduco memiliki kandungan bahan anti jamur, jadi jamur permukaan tak mudah tumbuh. 

    Dengan tidak mudah timbul jamur maka tampilan dari furniture bisa bertahan lama. Jamur bukan hanya merusak penampilan, tetapi juga mempercepat proses pengeroposan kayu. Jamur tidak mudah tumbuh berkat adanya Bioduco clear coat. 

    • Cat tidak mudah retak bahkan mengelupas 

    Masalah lain yang sering muncul dari cat warna solid adalah mudah mengelupas atau muncul retakan. Biasanya masalah ini sering terjadi pada furniture yang diletakkan di luar ruangan. 

    Tapi karena Anda menggunakan Bioduco, masalah tersebut tidak akan mudah muncul. Lapisan coating dari Bioduco tak hanya keras tetapi juga lentur. Sehingga Bioduco akan mengikuti perubahan bentuk dari kayu ketika terjadi penyusutan atau pemuaian. 

Baca Juga:  Biocolours® FA714G

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X