Tips Memilih Pernis untuk Kayu yang Bagus

Wujudkan keindahan kayu dengan pernis untuk kayu yang bagus. Pilih pernis kayu dengan kriteria yang akan dijabarkan pada artikel ini.

Gunakan pernis untuk kayu yang bagus agar kayu Anda tampak menawan.
Gunakan pernis untuk kayu yang bagus agar kayu Anda tampak menawan.

Pernis adalah bahan yang terdiri atas top coat dan colorant. Bahan ini biasa diaplikasikan untuk finishing berbagai produk kayu. Sebagaimana bahan finishing lainnya, pernis memiliki dua fungsi, yakni:

  1. Memberikan Perlindungan. Pernis diaplikasikan dengan maksud untuk melindungi kayu dari berbagai paparan yang merugikan. Harapannya, kayu akan lebih tahan terhadap gangguan merusak yang datang dari berbagai organisme, cuaca, air, dan berbagai macam gangguan lainnya.
  2. Meningkatkan Estetika Kayu. Selain dimaksudkan untuk melindungi berbagai produk kayu, aplikasi pernis juga diperuntukkan agar tampilan kayu semakin terlihat baik. Berbagai jenis pernis kayu telah beredar di pasaran dengan warna dan tingkat kilau yang berbeda-beda.

Agar kayu Anda lebih terproteksi dan lebih indah, pastikan Anda memilih cat pernis kayu yang bagus. Gunakan indikator pernis untuk kayu yang bagus di bawah ini.

Kriteria Pernis untuk Kayu yang Bagus

  1. Kualitas Estetika yang sesuai Selera Anda. Estetika adalah sesuatu yang sifatnya subjektif. Karenanya, dalam hal estetika, bagus-tidaknya produk pernis terbaik ditentukan oleh selera Anda sendiri.
  2. Proteksi yang Baik dan Tahan Lama. Pilih produk pernis yang bisa memberikan proteksi maksimal. Gunakan pernis water based atau yang berpelarut air. Pernis water based umumnya lebih tahan lama dibanding pernis solvent based. Hal itu dikarenakan pernis water based lebih tahan air dan cuaca. Pernis water based juga lebih fleksibel dibanding pernis solvent based. Pernis water based yang diaplikasikan tidak akan mudah pecah dengan perubahan suhu karena bisa memuai dan menyusut bersaa kayu tempat ia diaplikasikan.
  3. Aplikasi Mudah. Ada berbagai macam produk clear coat yang bagus beredar di pasaran dengan beragam metode aplikasinya. Ketahui cara aplikasi produk pernis yang Anda beli lewat keterangan di label kemasannya. Selanjutnya, pilih pernis yang paling cepat kering serta bisa diaplikasikan dengan cara yang Anda inginkan.
  4. Aman bagi Kesehatan dan Lingkungan. Gunakan produk pernis untuk kayu yang bagus dari golongan water based atau berpelarut air dan jauhi produk pernis solvent based. Produk pernis solvent based memiliki kandungan membahayakan seperti senyawa organik mudah menguap dalam jumlah lebih banyak. Berdasarpan US Environmental Protection Agency, keberadaan senyawa organik mudah menguap seperti benzen dan formalin diketahui bisa menyebabkan iritasi hingga kanker.
Baca Juga:  Wood Filler Tahan Air Yang Cocok Untuk Kayu Jati

Gunakan Biocolour Biovarnis untuk hasil finishing dengan pernis yang lebih baik. Produk cat plitur kayu yang bagus menggunakan pelarut air sehingga jauh lebih aman, tahan lama, dan mudah diaplikasikan.

Kontak dan Pemesanan

Kami menyediakan produk Biocolour Biovarnis. Untuk informasi dan pemesanan, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected]

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X