Pilih cat untuk sangkar burung yang aman dari golongan water based.

Cara Membuat Sangkar Burung yang Aman dengan Cat Water Based

Bagaimana cara membuat sangkar burung yang aman? Salah satunya, pastikan cat untuk sangkar burung yang digunakan tepat dan tidak toksik!

Pilih cat untuk sangkar burung yang aman dari golongan water based sebagai aplikasi cara membuat sangkar burung yang tepat.
Pilih cat untuk sangkar burung yang aman dari golongan water based sebagai aplikasi cara membuat sangkar burung yang tepat.

Sebagai tempat hidup burung, fungsi sangkar burung sangat vital dalam menentukan kualitas hidup burung. Benda ini bukan sekedar memiliki fungsi untuk mengurung burung saja. Kualitas sangkar burung berkorelasi erat dengan kesehatan burung kesayangan. Apalagi, selain berpengaruh pada kualitas hidup burung, kondisi sangkar juga berpengaruh pada estetika dalam sudut pandang manusia. Karena itulah membeli sangkar yang bagus sangat penting diusahakan.

Sayangnya, persepsi para pecinta burung terhadap sangkar yang bagus sering tidak mencakup semua aspek keamanan benda itu. Sangkar yang bagus sering hanya dinilai dari luas dan keindahannya saja. Padahal, penggunaan material sangkar harus diperhatikan betul-betul. Salah satunya adalah material cat yang diduga menjadi penyebab paparan logam berat pada burung peliharaan.

Sebuah penelitian yang dilakukan Peter Sakas menemukan bahwa banyak burung yang dikurung dalam sangkar memiliki zink dan timbale dalam jumlah melebihi batas aman dalam tubuhnya. Fenomena ini diduga terkait dengan penggunaan sangkar yang tidak baik yang menggunakan cat dengan kandungan kedua logam berat tersebut. Kebiasaan burung yang gemar mematuk sangkar adalah penjelasan bagaimana zink dan timbale dalam cat bisa masuk ke dalam tubuh burung.

Cara Membuat Sangkar Burung yang Aman dengan Memilih Cat untuk Sangkar Burung yang Tidak Toksik

Salah satu usaha efektif untuk mengatasi permasalahan di atas bisa dilakukan dengan memilih cat yang tidak toksik dari golongan water based. Cat water based adalah cat yang menggunakan pelarut air. Tidak seperti cat solvent based yang menggunakan pelarut solvent seperti thinner dan spiritus, cat water based jauh lebih aman digunakan. Namun tentu saja tidak semua cat water based memiliki tingkat keamanan yang sama. Pilihlah cat water based yang diformulasikan sesuai standar keamanan kredibel seperti US Environmental Agency dan European Chemical Agency. Sebab, selain memiliki kandungan logam berat sangat rendah bahkan nol, cat water based juga tidak akan meracuni burung dengan kandungan toksik lainnya seperti VOC atau Volatile Organic Compound.

Baca Juga:  Cara Membuat Dempul Kayu Water Based

VOC yang bisa diartikan sebagi senyawa organik mudah menguap adalah sekelompok senyawa toksik yang biasa ditemukan dalam solvent. VOC bisa menyebabkan gangguan keseahatan bagi berbagai organisme termasuk manusia dan burung. Oleh karena itulah, bagi yang ingin mengaplikasikan cara membuat sangkar burung yang aman, pemanfaatan cat solvent based sebagai cat untuk sangkar burung harus dihentikan. Berbagai produk cat solvent mungkin sesuai dengan standar keamanan, namun tetap saja memilih cat untuk sangkar burung yang aman lebih baik dilakukan dengan menggunakan cat solvent based. Dengan demikian, kita bisa benar-benar mengaplikasikan cara membuat sangkar burung yang tidak membahayakan.

Orchid® Cat Kayu Besi merupakan produk cat enamel yang bisa digunakan untuk keperluan interior maupun eksterior.
Orchid® Cat Kayu Besi sebagai bahan aplikasi cara membuat cat untuk sangkar burung yang aman.

Namun, bagi Anda yang tidak memiliki niat untuk mengaplikasikan cara membuat sangkar burung, Anda bisa langsung bertanya pada penjual sangkar mengenai keamanan produk yang Anda beli. Bila perlu mintalah penjual untuk segera menyediakannya sangkar aman dengan cat untuk sangkar burung dari golongan water based seperti Orchid enamel paint dan plitur Biocolours Biopolyture. Cat-cat Biocolours merupakan cat water based yang dalam formulasinya sudah mengikuti US Environmental Agency dan European Chemical Agency dan European Chemical Agency. Konfirmasi atas kesesuaian standar ini bisa dibuktikan dengan sertifikat pengakuan dari TUV reinland german dan boureu veritas Finlandia .

Informasi dan Pemesanan

Bagi Anda yang tertarik dengan cat yang kami rekomendasikan, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected]

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X