Menciptakan Efek Kayu Terbakar Pada Kayu Pinus

Menciptakan Efek Kayu Terbakar Pada Kayu Pinus

Jika Anda telah mengenal kayu pinus, sudahkan Anda mendapatkan hasil finishing yang maksimal dengan kayu ini. Penggunaan kayu pinus sendiri di Indonesia bukanlah hal yang jarang. Bahkan Anda bisa mendapatkan kayu pinus dengan harga murah dalam bentuk palet.

Melihat kemudahan kayu pinus didapatkan, membentuknya juga bukanlah sesuatu yang sulit. Kayu pinus merupakan jenis kayu yang sangat mudah untuk dibentuk karena sifatnya yang lunak. Ada beberapa hal yang banyak diminati baik untuk kaum penghobi dan pengrajin dari kayu pinus.

Kayu pinus murah, mudah didapatkan dan juga mudah dibentuk adalah hal lain. Ketertarikan mereka terhadap kayu pinus juga karena serat kayu nya yang sangat unik. Serat kayu pinus sama seperti kayu jati memunculkan keindahan sebatang kayu.

Kayu pinus juga memiliki warna putih yang memudahkan kayu ini untuk diberi warna apa saja baik itu warna transparan atau warna solid. Serat kayu yang indah dari kayu pinus membuat banyak orang tertarik untuk lebih memunculkan seratnya.

Menciptakan Efek Kayu Terbakar Pada Kayu Pinus
Macam-macam efek kayu pinus terbakar.

Namun tidak banyak yang berhasil karena serat kayu pinus yang sangat halus. Salah satu alternatif finishing kayu pinus dengan serat yang terlihat jelas adalah finishing kayu terbakar. Finishing kayu terbakar ini akan membuat serat kayu pinus terlihat sangat jelas.

Tentu saja efek terbakar yang diberikan adalah bertujuan untuk memberikan warna pada kayu pinus tampak lebih tua karena efek bakaran.

Namun Anda tidak perlu benar-benar membakar kayu pinus.

Di luar negeri Anda harus membeli bahan yang tidak ada di Indonesia yaitu kindisioner cat untuk memunculkan efek terbakar ini. Namun karena bahan yang susah didapat dan harganya sangat mahal Anda harus mencari alternatif lainnya untuk mewujudkan efek ini.

Kini dengan cat kayu water based Anda sudah bisa mendapatkan efek kayu pinus terbakar tanpa memerlukan kondisioner yang akan menajamkan serat kayu pinus. Anda cukup mengaplikasikan cat kemudian menunggu kering, amplas dan beberapa lapisan film.

Artikel ini akan mewujudkan Anda dalam finishing kayu pinus dengan efek terbakar menggunakan cat kayu water based.

Mengenal Teknik Finishing Kayu Terbakar

Sebenarnya jika Anda akan belajar finishing efek kayu terbakar ada banyak sekali bahan finishing yang digunakan dan ada banyak sekali teknik yang bisa Anda aplikasikan langsung pada kayu pinus. Namun untuk mempelajari dan mempraktekan itu semua membutuhkan waktu.

Jika Anda terburu-buru untuk langsung bisa mengaplikasikan maka artikel ini perlu Anda baca hingga akhir karena pada akhir artikel akan diungkap bagaimana langkah-langkah mudah yang bisa Anda lakukan.

Sebelum masuk ke dalam teknik yang mudah menggunakan cat water based ada beberapa teknik untuk mewujudkan efek kayu terbakar yang bisa Anda pelajari. Jika Anda sudah paham dengan cara-cara dan teknik lainnya maka akan mempermudah untuk Anda mendapatkan efek maksimal.

Fungsi utama untuk finishing kayu terbakar adalah untuk memunculkan serat atau pori kayu. Di dunia finishing ada beberapa cara untuk dilakukan untuk mendapatkan finishing ini.

Cara utama yang paling banyak digunakan adalah dengan benar-benar membakar kayu sehingga serat kayu pinus menjadi naik. Caranya adalah kayu pinus telah diamplas dengan halus dan mendapatkan permukaan kayu yang rata.

Menciptakan Efek Kayu Terbakar Pada Kayu Pinus
Cara Aplikasi efek kayu terbakar.

Debu dan kotoran dibersihkan dari permukaan kamudian langsung bakar permukaan kayu dengan api (bisa menggunakan torch). Lalu gerakan torch searah serat kayu secara merata seperti ketika Anda sedang menguaskan cat.

Jika permukaan kayu sudah selesai diberikan api maka serat kayu akan langsung muncul dan terlihat menghitam benar-benar terbakar. Warna kayu yang lain juga akan menghitam. Selanjutnya langkah terakhir yang dilakukan adalah dengan memberikan lapisan top coat untuk mengunci pori kayu dan menciptakan lapisan film pelindung.

Cara lain yang bisa Anda dapatkan dan lebih mudah adalah dengan menggunakan cat. Anda akan lebih mudah membentuk serat kayu tampak terbakar dengan menggunakan cat karena ketika Anda sudah bosan dengan tampilan furnitur yang sama maka Anda bisa mengubahnya dengan mudah.

Berbeda dengan serat kayu yang benar-benar terbakar membutuhkan waktu lama untuk mengamplas karena bekas bakaran akan selalu tampak dengan jelas.

Langkah-Langkah Finishing Kayu Terbakar dengan Cat Water Based

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal cat water based adalah pilihan yang sangat baik. Anda tidak akan mendapatkan masalah ketika  akan melepas lapisan cat lama dan mengganti baru atau bermasalah dengan lingkungan.

Anda cukup mempersiapkan produk cat kayu water based BioColours Wood Stain sebagai dasaran untuk memperoleh warna kayu yang sesuai. Karena warna kayu pinus adalah putih Anda bisa memilih wood stain sesuai dengan warna yang Anda inginkan karena tersedia 20 pilihan warna natural.

Siapkan BioColours Glaze Black, BioColours Sanding Sealer dan BioColours Top Coat. Anda bisa memilih top coat death matte untuk mendapatkan hasil yang benar-benar natural.

Menciptakan Efek Kayu Terbakar Pada Kayu Pinus
Macam-macam efek kayu terbakar dengan BioColours.

Langkah selanjutnya Anda hanya mmerlukan alat spray gun dengan nozzle 1 kemudian, amplas alumunium oxide nomor 240 dan juga lap kering dan lap basah dari kain katun yang bersih lalu Anda sudah bisa melakukan finishing.

Langkah-langkah:

  1. Pertama pastikan permukaan kayu pinus bersih, bebas kotoran ataupun minyak kayu. Raba dengan jari Anda dan rasakan permukaannya.
  2. Campurkan BioColours Wood Stain sesuai dengan warna yang Anda pilih dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kayu. Tunggu wood stain hingga benar-benar mengering kemudian amplas permukaan secara ambang dengan kertas amplas. Hilangkan debu amplas dengan lap bersih dan kering.
  3. Langkah selanjutnya aplikasikan BioColours Glaze Black yang sudah dicampur dengan air perbandingan 1 bahan : 1 air dengan menggunakan kuas. Pastikan seluruh permukaan kayu tertutup. Anda bisa langsung mengaplikasikan hingga rata dan tunggu lima menit.
  4. Diamkan Glaze agar benar-benar masuk ke dalam pori kayu kemudian Anda bisa langsung mengaplikasikan lap basah dan hapus cat glaze sehingga yang tersisa tinggal pada bagian serat kayu. Pastikan Anda mengelap dengan bersih dan serat mulai tampak seperti terbakar.
  5. Untuk menutup Glaze, aplikasikan BioColours Sanding Sealer yang telah dicampur dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air kemudian Anda bisa langsung menyemprotkan ke seluruh permukaan kayu. Tunggu mengering sekitar 60 menit kemudian Anda bisa mengamplas kembali secara ambang.
  6. Terakhir aplikasikan BioColours Top Coat Death Matte yang telah dicampur dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air kemudian Anda bisa langsung menyemprotkan secara merata ke seluruh permukaan kayu pinus. Untuk menunggu benar-benar kering diamkan material yang telah dicat dalam ruangan yang bersih dan kering, memiliki sirkulasi udara baik namun bebas debu. Keeseokan harinya Anda akan mendapatkan material kayu pinus yang tampak seperti terbakar namun Anda tidak perlu benar-benar membakarnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X