Ingin Tampilan Meja Rias Baru Saat Lebaran? Gunakan Cara Ini

Ingin Tampilan Meja Rias Baru Saat Lebaran? Gunakan Cara Ini

Sebagai wanita memiliki tempat untuk menyimpan alat meka up yang bagus adalah hal yang sangat penting. Setiap wanita pasti memiliki meja rias yang akan membuat setiap para wanita mejadi lebih cantik setiap harinya. Namun menjelang lebaran ini Anda memiliki meja rias lama yang sudah digunakan selama bertahun-tahun.

Tentunya banyak cacat yang Anda temukan dari meja rias tersebut. Jika Anda ingin memperbaharuinya sangat mudah. Walaupun Anda adalah seorang wanita tidak ada salahnya untuk memperbaiki meja rias di rumah. Daripada Anda membeli yang meja rias baru dengan harga yang sangat mahal.

Ingin Tampilan Meja Rias Baru Saat Lebaran? Gunakan Cara Ini
Seorang wanita yang sedang memegang kuas cat.

Tentu Anda tidak ingin mengeluarkan terlalu banyak uang hanya untuk membeli meja rias padahal keperluan lebaran lainnya cukup banyak. Bahkan Anda tidak perlu untuk mengundang tukang untuk memperbaiki karena Anda dapat membongkar di garasi dan merakitnya kembali.

Anda hanya membutuhkan tenaga untuk memindahkannya. Namun jika tidak ada Anda dapat mengerjakannya di dalam kamar Anda.

Persiapan yang Dibutuhkan Untuk Tampilan Meja Rias Baru

Persiapan yang perlu dilakukan hanyalah persiapan barang dan juga persiapan bahan untuk finishing. Anda akan menggunakannya di dalam ruangan jadi sebaiknya pilihlah bahan finishing water based yang tidak menimbulkan bau menyengat mengandung toxic.

Anda bisa memilih bahan finishing cat kayu besi Orchid yang aplikasinya mudah cukup dengan kuas. Bahkan ada 24 pilihan warna cantik yang akan menghiasi meja rias baru Anda. Warna solid menjadi pilihan terbaik apabila warna lama dari meja rias Anda adalah warna natural.

Selain  bahan finishing jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan ruangan. Anda memerlukan celemek yang akan melindungi pakaian dan tubuh Anda dari cipratan cat. Menggunakan cat water based memudahkan Anda tidak perlu menggunakan masker. Namun Anda tetap membutuhkannya untuk melindungi dari serbuk kayu ketika pengamplasan berlangsung.

Menjaga kebersihan ruangan lainnya maka Anda perlu memindahkan meja rias ke dalam ruangan. Pastikan meja rias tidak berdekatan dengan furnitur atau barang lainnya. Jika perlu tutupi furnitur lain dengan koran atau dengan plastik.

Tutupi semua bagian meja rias yang tidak ingin Anda cat seperti knop laci, kaca, bahkan bagian lain yang butuh untuk ditutup. Pada bagian kaca gunakan kertas koran kemudian pada bagian pinggir rekatkan menggunakan lakban kertas. Pastikan kerekatan lakban tidak terdapat bagian yang menggelembung.

Ingin Tampilan Meja Rias Baru Saat Lebaran? Gunakan Cara Ini
Seorang wanita sedang mengamplas kabinet.

Setelah itu Anda wajib menghilangkan lapisan cat yang lama paling tidak lapisan coating yang lama paling atas. Lapisan coating tersebut akan mempersulit cat baru untuk merekat. Jika Anda memiliki banyak waktu gunakan pain remover dan pastikan Anda mengkuti petunjuk pemakaiannya.

Sebagain besar jenis paint remover adalah bahan atau cairan yang keras maka pastikan Anda menggunakan peralatan keselamatan seperti masker dan sarung tangan. Ketika paint remover bekerja Anda bisa menggosok cat yang mengelupas dengan pisa pallet.

Pastikan semua lapisan cat mengelupas dan Anda membersihkannya dengan benar. Buang semua kotoran cat dan pastikan ruang kerja Anda bersih sekali lagi. Anda bisa mulai mempersiapkan media dengan mengamplas.

Permukaan meja rias yang telah dihilangkan lapisan cat lama pasti memiliki banyak cacat maka Anda perlu mengamplas bagian tersebut hingga halus. Tujuannya adalah untuk membuka pori kayu dan mempermudah lapisan cat yang baru untuk menempel.

Amplas semua bagian dengan amplas nomor 180 atau 150. Amplas kasar akan mempercepat proses penghalusan pada semua bagian. Gunakan balok kayu yang dililit dengan amplas untuk hasil lebih rata.

Hilangkan debu amplas jika Anda sudah selesai menggunakan kain basah yang sudah diperas. Debu amplas akan bersih jika perlu gunakan vakum untuk menyedot semua debu tersebut agar Anda tidak mengotori seluruh ruangan.

Pengecatan Meja Rias Dimulai

Anda bisa memulai pengecatan jika proses pengamplasan selesai dan Anda mendapatkan seluruh permukaan kayu menjadi lebih halus. Jenis cat pertama yang akan Anda gunakan adalah BioColours Primer Coat.

Warna primer putih akan menutup semua permukaan dan menutup warna serat kayu. Anda membutuhkannya jika ingin mendapatkan hasil finishing warna solid yang sempurna.

Aplikasikan BioColours Primer Coat white yang telah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Lalu gunakan kuas untuk mengaplikasikan. Pastikan Anda menggunakan kuas 3 atau 5 inci terbuat dari nylon yang cocok untuk aplikasi cat water based.

Penguasan dialukan satui arah jangan arah yang berlawanan sekali kuas untuk mendapatkan hasil yang rata. Setelah itu tunggu permukaan cat benar-benar mengering sekitar 60 menit saja. Anda tidak perlu melakukan penjemuran karena cat water based sangat cepat kering.

Setelah kering gunakan amplas kembali, kali ini Anda akan menggunakan amplas alumunium oxide no, 400. Lakukan pengamplasan secara mengambang. Anda akan mendapatkan permukaan kayu yang lebih halus. Ingat pengamplasan harus satu arah agar permukaan rata dan bersih.

Ulangi aplikasi pengecatan menggunakan primer coat hingga Anda mendapatkan permukaan kayu yang tidak terlihat lagi lapisan serat kayunya. Maka Anda akan siap menggunakan cat warna.

Ingin Tampilan Meja Rias Baru Saat Lebaran? Gunakan Cara Ini
Tampilan meja rias baru setelah selesai difinishing ulang.

Siapkan cat Orchid yang sudah dicampur dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air. Aduk hingga benar-benar rata. Anda bisa menguaskan sama seperti Anda menguaskan cat primer. Pegang kuas secara horisontal untuk bagian yang luas dan pegang secara vertikal untuk bagian sudut.

Cara memegang kuas yang benar akan mendapatkan hasil finishing yang sama rata. Tunggu cat Orchid mengering dan Anda bisa melakukan makan siang sambil menunggu benar-benar kering.

Jika sudah kering benar Anda bisa melakukan pengamplasan kembali. Amplas ulang seluruh permukaan dengan amplas nomor 400. Jika sudah halus Anda bisa mengulangi penggunaan cat Orchid hingga Anda mendapatkan warna kayu yang diinginkan.

Setelah selesai mengecat dan Anda mendapatkan meja rias yang benar-benar kering Anda bisa mengembalikan seluruh peralatan cat. Buang kaleng cat namun jika masih terdapat sisa Anda bisa menyimpannya dengan memindahkan ke kaleng berukuran lebih kecil.

Cuci kuas dengan benar karena Anda bisa menggunakannya kembali sewaktu-waktu.  Jika terdapat tetesan cat pada lantai atau terkena furnitur lain Anda bisa menghilangkannya menggunakan air hangat.

Cat water based sangat mudah untuk dihilangkan jika terjadi tetesan atau tumpahan. Namun cat yang telah menempel ada meja rias Anda telah diaplikasikan dengan benar sehingga cat akan bertahan lebih dari 3 tahun.

Lepaskan lakban kertas dan juga koran yang menempel pada kaca atau pada bagian lain yang Anda lindungi. Maka Anda akan mendapatkan meja rias Anda telah selesai di cat ulang. Anda bisa menikmati lebaran dan merias diri dengan tampilan meja rias yang baru.

Menggunakan cat yang dapat digunakan dengan kuas adalah sala satu prioritas untuk hasil terbaik sebagai pemula seperti Anda. Jadi pemilihan cat yang tepat akan mempermuda sekaligus mempercepat proses Anda bekerja.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X